Beberapa Olahraga Asyik untuk Menurunkan Berat Badanmu

olahraga untuk menurunkan berat badan

Planetolahraga.com – Setiap orang pastinya punya berat badan ideal masing-masing. Biasanya, berat badan idaman itu disesuaikan dengan tinggi badannya. Sebagian ada yang susah payah ingin menaikkan berat badannya, sebagian lagi ada yang usaha begitu keras untuk menurunkan berat badannya. Berbagai cara bisa ditempuh untuk mencapai hasil yang diinginkan. Salah dua yang paling mendasar tentu saja olahraga dan pengaturan pola makan sehat.

Terkhusus bagi kamu yang ingin menurunkan berat badanmu, beberapa jenis olahraga yang asik bisa jadi pilihan. Yang masuk kategori olahraga asik tentunya yang energik, tidak membosankan, dan sebisa mungkin kekinian. Kenali dulu beberapa olahraga untuk menurunkan berat badan sebelum kamu memutuskan mana yang akan dilakukan.

Simak pilihan olahraga asyik untuk menurunkan berat badan di bawah ini

 

1. Zumba

15-zumba.jpg?fit=1698%2C1131&ssl=1

Zumba adalah bentuk olahraga yang mengkombinasikan gerakan aerobik dan goyangan diiringi dengan lagu beat yang menghentak-hentak. Tidak aneh, karena penemu zumba itu sendiri adalah seorang dancer dari Kolombia. Gerakan dasar zumba biasanya digabungkan dengan gerakan hip-hop, Bollywood, kontemporer, samba, dan lain-lain.

Untuk menurunkan berat badan, zumba mesti dilakukan secara rutin, dengan durasi 5-6 jam dalam waktu seminggu, kurang lebih 1 jam per hari. Dikutip dari stylecraze.com, ada banyak sekali manfaat yang bisa kamu peroleh dari melakukan zumba. Selain manfaat utamanya, manfaat lain adalah melatih kelincahan badan, mengencangkan perut, dan mengurangi stress.

Baca juga: Zumba Dance, Solusi Sehat yang Menyenangkan!

 

2. Pole Dance

15-pole-dance.jpg?fit=1200%2C733&ssl=1

Awalnya, pole dance memang identik dengan tarian yang lekat dengan kesan negatif. Namun sekarang, pole dance justru jadi salah satu olahraga menyenangkan dan unik. Sesuai namanya, olahraga-tarian ini menggunakan tiang sebagai sebagai alat. Kamu akan memanjat tiang, lalu melakukan gerakan akrobatik. Pakaian yang digunakan tidak boleh sembarangan.

Pakaian minim bisa membantu agar kulit menempel pada tiang dan menjaga agar tubuh tidak terjatuh. Tentu saja dibutuhkan kelincahan ekstra dalam melakukan pole dance. Tetapi manfaat yang bisa didapatkan banyak sekali, antara lain sebagai latihan kardiovaskular, meningkatkan fleksibilitas, meningkatkan kekuatan otot.

 

3. Pound Fit

15-pound-fit.jpg?fit=1500%2C1000&ssl=1

Olahraga dengan tabuhan stik drum? Pound fit jawabannya. Pound fit adalah olahraga kebugaran yang mengkombinasikan gerakan yoga, pilates, dan kardio. Ditambah dengan gerakan tetabuhan menggunakan stik yang sangat mirip stik drum. Namun stik yang digunakan khusus bernama ripstix, beratnya seperempat pon, lebih ringan dari stik drum biasa.

Selain stik, juga digunakan matras yoga sebagai alas. Dikutip dari Wolipop, gerakan pound fit yang dilakukan adalah squats, lunges, jumps, twists, forward bends, dan stretches. Iringan musik up-beat jadi hal wajib, membuat olahraga yang satu ini sudah pasti seru dan menyenangkan.

 

4. Pop Pilates

15-pop-pilates.jpg?fit=1200%2C800&ssl=1

Olahraga kekinian pop pilates diperkenalkan oleh Cassey Ho, seorang fitness blogger dari Amerika, lewat kanal media sosial Blogilates. Sebagaimana namanya, pop pilates adalah pengembangan dari pilates yang dipadukan dengan iringan musik pop up-beat. Inilah yang membuatnya seru dan menyenangkan.

Khusus untuk menurunkan berat badan, gerakan pop pilates yang dilakukan ditargetkan pada kardio, otot perut, punggung bawah, trisep, bahu, bokong, dan paha. Dilakukan 3 sampai 4 kali berturut-turut per satu minggu. Menurut klaim Cassey, jika dilakukan dengan rutin dan dibarengi pola makan sehat,  hasilnya bisa terlihat dalam 1,5 sampai 2 minggu.

Baca juga: Rutin Melakukan Senam Pilates, Ini Manfaat yang Bisa Didapat

Itulah empat olahraga menyenangkan dan pastinya kekinian yang bisa kamu pilih untuk membantumu menurunkan berat badan. Sekarang ini sudah banyak sekali klub kebugaran yang menyediakan kelas olahraga-olahraga di atas. Dengan begitu, menurunkan berat badan tidak hanya menyenangkan, tetapi juga bisa sambil menambah teman.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password