5 Jenis Olahraga untuk Ibu Hamil Paling Aman

olahraga untuk ibu hamil yang aman

Planetolahraga.com – Olahraga merupakan bentuk aktivitas yang dibutuhkan dan disarankan untuk semua orang. Baik untuk laki-laki ataupun perempuan, tua ataupun muda dan siapa saja termasuk ibu hamil. Hanya saja olahraga yang disarankan tentu berbeda. Seperti misalnya jenis olahraga untuk ibu hamil yang jelas berbeda dengan olahraga untuk remaja yang masih sehat. Bagi ibu hamil memang sebaiknya berkoonsultasi terlebih dahulu agar bisa mengetahui aman tidaknya olahraga tersebut.

Ibu hamil membutuhkan olahraga untuk menambah kebugaran pada tubuh dan janinnya. Jangan kira ibu hamil harus bermalas-malasan. Justru, ibu hamil membutuhkan olahraga agar tetap bisa menjaga kesehatan si janin di dalam perut. Berikut merupakan beberapa jenis olahraga yang bisa dilakukan untuk ibu hamil dan dirasa paling aman.

Jenis Olahraga untuk Ibu Hamil

1. Jongkok Berdiri

olahraga untuk ibu hamil paling aman

Salah satu jenis olahraga untuk ibu hamil paling aman adalah jongkok berdiri atau yang biasa disebut dengan squat. Caranya mudah yaitu dengan berjongkok kemudian berdiri dan diulang beberapa kali. Olahraga ini memang dianggap sebagai yang paling aman dan bisa memberi kita kekuatan untuk tubuh termasuk saat akan memulai persalinan. Quat akan membantu dalam memnguatkan otot panggul sang Bunda untuk menjadi lebih baik dan mendorong bayi bisa turun lebih rendah yang mana akan berpengaruh pada persalinan normal.

2. Berjalan Kaki

olahraga untuk ibu hamil paling aman

Jalan kaki memang banyak manfaatnya untuk kesehatan kita. Tidak hanya untuk ibu hamil saja atetapi bagi mereka yang sudah terbiasa jalan kaki setiap harinya pasti tubuh akan terasa lebih sehat. Sementara untuk ibu hamil, jalan kaki ternyata bisa mendorong kontraksi secara alami. Terutama saat anda mengalai kontraksi maka berjalan kaki dengan tegak bisa membantu si bayi untuk berada di posisi ideal saat lahir. Berjalan kaki di pagi hari saat suasana begitu sejuk memanglah sangat disarankan.

3. Mengangkat dan Memiringkan Panggul

olahraga untuk ibu hamil paling aman

Berikutnya, mengangkat dan memiringkan panggul merupakan jenis olahraga untuk ibu hamil paling aman. Olahraga ini memanglah memiliki gerakan yang sederhana. Tetapi banyak pula yang tidak mengetahuinya bahwa memangkat dan juga memiringkan panggul bisa membantu si ibu untuk mengencangkan otot dan juga menjaga sendi panggul agar tetap longganr dan bayi bisaa berada di dalam posisi terbaik untuk lahir.

Baca juga: Beberapa Jenis Olahraga Santai untuk Ibu Hamil

4. Duduk di Bola

olahraga untuk ibu hamil paling aman

Tidak hanya tinggal duduk saja tetapi duduk di bola juga bisa menjadi salah satu olahrag untuk ibu hamil paling aman. Saaat pertu anda sudah terasa makin besar dan terkena kontraksi posisi duduk yang benar bisa membantu anda dalam mengurangi sakit, membuat tubuh lebih kuat dan juga mensabilkan posisi panggul kita. Namun, hindari duduk di temapt tidur atau sofa yang empuk yang justru membuat bokong si Ibu tenggelam.

Baca juga: Keuntungan Menjalankan Olahraga Prenatal Yoga Untuk Ibu Hamil

5. Mencongdongkn Badan

Jenis olahraga untuk ibu hamil berikutnya adalah dengan mencondongkan tubuh kit yang mana kita bisa berpegangan pada objek seperti meja, tembok atau juga pada pasangan. Keuntungan lainnya adalah si Ibu juga bisa melakukan olahraga kapan saja dan dimana saja. Anda bisa meminta tolong pada pasangan anda untuk menemani dalam melakukan olahraga. Dengan begitu jenis olahraga untuk ibu hamil ini memanglah bisa membantu ibu untuk menjadi lebih sehat dan kuat

Lakukan beberapa jenis olahraga untuk ibu hamil ini. Tak perlu merasa takut jika sudah mengetahui cara paling benar melakukan olahraga tersebut harus dengan bagaimana. Ajak pasangan anda jika ingin ditemani serta mengasah chemistry antara ibu, si bayi dalam kandungan dan juga Ibu.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password