Beberapa Jenis Olahraga Santai untuk Ibu Hamil

olahraga santai untuk ibu hamil

Planetolahraga.com – Menjadi seorang ibu hamil, tidak berarti bebas meninggalkan olahraga. Justru sebaliknya, olahraga punya segudang manfaat jika dilakukan oleh ibu hamil, baik manfaat untuk sang ibu sendiri maupun untuk jabang bayi dan proses melahirkannya nanti.

Sebagaimana kita tahu bahwa proses hamil yang memakan waktu sembilan bulan hingga proses melahirkan bukanlah hal yang mudah. Berbagai perubahan fisik dan psikis terjadi pada ibu hamil. Maka perlu strategi agar kondisi fisik tetap sehat dan bugar selama masa kehamilan. Salah satunya, tentu saja dengan olahraga!

Perlu dipastikan terlebih dahulu, olahraga yang dilakukan oleh ibu hamil telah sesuai dengan kondisi tubuhnya. Tentu kalau sang ibu mengalami sindrom kehamilan yang sulit, tidak baik juga jika dipaksakan berolahraga. Olahraga yang santai dan mudah dilakukan harus menjadi pertimbangan utama. Dikutip dari situs Coparents, olahraga yang bisa dilakukan ibu hamil di antaranya jalan santai, yoga, dan berenang. Bagaimana kesemua olahraga itu bermanfaat bagi ibu hamil?

Yuk, simak beberapa jenis olahraga santai untuk ibu hamil di bawah ini!

 

1. Jalan Santai

hamil-jalan.jpg

Banyak bergerak pada masa kehamilan penting untuk mengurangi berbagai keluhan fisik, juga mempersiapkan tubuh untuk proses kelahiran nantinya. Jalan santai termasuk aktivitas bergerak yang dianjurkan. Olahraga ini dikenal sebagai yang paling murah dan mudah. Ibu hamil sebaiknya melakukan jalan santai pada pagi hari, ketika udara masih segar dan bersih.

Manfaat yang bisa didapat sudah pasti sangat banyak, di antaranya adalah memperlancar aliran darah, membantu agar tidur lebih nyenyak, mengurangi risiko keguguran dan cacat lahir pada bayi, juga bisa membantu mengurangi stress. Perlu diingat bahwa durasi jalan santai untuk ibu hamil bisa disesuaikan dengan kondisi tubuh dan kemampuan. Agar tubuh tidak kaget, durasi jalan santai bisa ditambah secara bertahap. Sangat perlu dicoba!

Baca juga: Tips Olahraga Saat Hamil Muda yang Aman

 

2. Yoga

hamil-yoga.jpg

Yoga sebetulnya berakar pada aktivitas memusatkan pikiran. Bukan cuma sebagai olahraga, yoga juga merupakan sarana mencapai ketenangan pikiran dan jiwa. Terkhusus bagi ibu hamil, pre-natal yoga menjadi salah satu olahraga yang sangat dianjurkan. Manfaat akan dirasakan sang ibu pada tubuhnya sekaligus juga pada pikirannya. Keduanya adalah hal pokok untuk menjaga kondisi kehamilan yang sehat.

Kombinasi gerakan yoga ringan dan teknik pernapasan adalah jenis yoga yang paling aman dilakukan oleh ibu hamil. Hal ini bisa mengurangi sakit pinggang dan punggung juga membuat rileks agar tidak stress. Dikutip dari situs yogaleaf.com, untuk menghindari risiko yang tidak diinginkan, yoga sebaiknya dilakukan pada trimester kedua dan ketiga dari waktu kehamilan. Karena pada masa tersebut, janin dan fisik sang ibu sudah lebih kuat. Nah, siap mencoba?

 

3. Berenang

hamil-berenang.jpg

Bagi ibu hamil, berenang adalah salah satu olahraga yang paling dianjurkan. Aktivitas di air ini disebut-sebut memiliki risiko cedera yang relatif kecil. Manfaat yang bisa didapatkan sangat banyak, antara lain bisa memperkuat pernafasan sang ibu dan melatih pernafasan janinnya, meredakan tegang pada punggung, meredakan pembekakan di lengan dan kaki, serta membantu melancarkan proses persalinan.

Baca juga: Renang Lebih Nyaman dan Aman dengan Kacamata Speedo

Tentu saja, banyak hal yang perlu diperhatikan sebelum berenang saat hamil. Gunakanlah baju renang yang agak longgar supaya tidak menekan perut, atau gunakan saja baju kaos biasa. Jangan lupa lakukan pemanasan dan pendinginan sederhana sebelum dan sesudah berenang. Lakukan gerakan renang yang sederhana saja. Dan yang paling utama adalah ekstra berhati-hati ketika berjalan di area kolam renang, karena biasanya licin dan bisa membuat terpeleset.

Tiga olahraga di atas sangat santai, sederhana, dan mudah untuk dilakukan, bukan? Namun jangan lupa, untuk meminimalkan risiko yang tidak diharapkan, ibu hamil perlu berkonsultasi dengan dokter sebelum melakukan olahraga-olahraga ini.

Sumber gambar: pixfeeds, theyogadoor, waterbabies

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password