Pilihan Olahraga Tepat Yang Dilakukan Saat Bulan Puasa

olahraga saat sedang puasa

Planetolahraga.com – Olahraga merupakan kegiatan fisik yang mampu memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Namun, melakukan olahraga saat berpuasa di bulan ramadhan menjadi tantangan tersendiri bagi anda. Tidak perlu menghindarinya, anda cukup mensiasati agar tubuh tidak terlalu banyak mengeluarkan cairan dan mengakibatkan dehidrasi, sebab jika tubuh mengalami dehidrasi, ibadah puasa anda pastinya akan terganggu. Oleh karena itu, anda harus menentukan olahraga apa yang tepat untuk dilakukan selama bulan puasa agar tidak mengganggu jalannya ibadah puasa anda. Berikut rekomendasi pilihan olahraga yang tepat di lakukan saat bulan puasa:

 

1. Jalan Santai

Sumber: bloodwise .org.uk

Jalan santai merupakan olahraga ringan yang sangat menyenangkan untuk dilakukan sendiri maupun bersama dengan teman dan keluarga. Berjalan santai pada umumnya dapat dilakukan saat pagi hari maupun sore hari, yakni saat matahari sudah tidak berada tepat di atas kepala anda sebab sengatan cahaya matahari di siang hari sangat berbahaya bagi kesehatan dan kecantikan kulit anda. Berjalan kaki selama 30 menit selain membuat tubuh anda lebih sehat juga setidaknya mampu membakar 74 kalori pada tubuh anda.

Baca juga: Tips Tetap Jalani Olahraga Selama Puasa Ramadhan

 

2. Angkat Beban

youtube .com

Mendengar olahraga angkat beban mungkin akan membuat anda mengernyitkan dahi sebab olahraga ini sangat identik dengan atlet dengan tubuh berotot yang “sedikit” menyeramkan. Namun, sebenarnya olahraga angkat beban ini sangatlah efektif untuk anda yang sedang melakukan diet dan sedang menjalankan ibadah puasa. Anda tidak perlu melakukan olahraga ini dengan durasi yang lama seperti olahraga umum lainnya. Anda cukup meluangkan waktu sekitar lima belas menit untuk melatih otot pada bagian tubuh yang anda inginkan. Kalori yang dibakar saat anda melakukan olahraga angkat beban selama 15 menit adalah sebesar 111 kalori. Sungguh fantastis bukan ?

 

3. Yoga

Sumber: businessinsider .com

Salah satu olahraga yang sangat digandrungi saat ini adalah olahraga yoga. Olahraga yoga dapat dilakukan oleh siapa saja baik wanita maupun laki-laki, usia muda dan bahkan sampai usia tua. Yoga memiliki banyak aliran dan aliran yoga yang sangat direkomendasikan untuk dilakukan saat bulan puasa adalah yin yoga. Yin yoga merupakan aliran yoga yang menekankan pada pengaturan pernafasan dengan gerakan yang lembut. Saat anda melakukan yoga selama 30 menit, jumlah kalori yang dibakar cukup banyak, yakni sekitar 92 kalori.

Baca juga: Inilah Tips Olahraga Saat Puasa yang Membuat Tubuh Sehat

 

4. Bowling

colourbox .com

Bowling merupakan salah satu jenis olahraga yang sangat mengasyikan dan patut anda coba sambil menunggu waktu berbuka puasa. Olahraga ini sangat cocok dilakukan bersama teman dan keluarga tercinta. Semakin banyak orang yang bergabung, maka semakin menyenangkan pula jalannya olahraga berbalut permainan ini. Bowling dapat dikategorikan sebagai jenis olahraga sedang yang mampu membakar kalori di tubuh anda sebanyak 24 kalori hanya dalam hitungan menit. Olahraga ini sejatinya merupakan kombinasi antara olahraga otot (mengangkat bola bowling) dan otak (fokus pada tujuan).

Apapun aktivitas olahraga yang anda lakukan selama bulan puasa, anda harus tetap menjaga nutrisi yang masuk ke dalam tubuh sehingga tubuh tetap terasa fit sepanjang hari. Selain itu, anda dapat mengonsumsi suplemen yang dapat menunjang daya tahan tubuh selama malaksanakan ibadah puasa, salah satunya adalah suplemen Omepros yang mengandung Omega 3, 6, dan 9. Suplemen makanan ini berperan meningkatkan daya tahan tubuh dan membantu penyerapan vitamin ke dalam tubuh anda secara maksimal. Omepros, balancing your life!

Sumber featured image: louvaincooperation .org

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password