Olahraga yang Tidak Akan Membuat Anda Lemas Saat Sedang Puasa

olahraga saat sedang puasa

Planetolahraga.com – Berolahraga saat puasa adalah suatu keharusan bagi Anda yang ingin menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Namun sebelum melakukan olahraga, ada baiknya Anda menentukan olahraga apa yang tepat dilakukan saat menjalankan ibadah puasa. Pertimbangkan kondisi perut Anda yang kosong. Oleh karena itu, berikut kami rekomendasikan beberapa olahraga yang dapat Anda lakukan tanpa membuat Anda lemas saat menjalankan ibadah puasa.

 

1. Jogging

Sumber: pinterest .com

Jogging merupakan olahraga dengan intensitas ringan yang dilakukan dengan cara berlari-lari kecil untuk menjaga kesehatan tubuh. Saat Anda melakukan jogging selama 15 menit, kalori yang terbakar hanya sejumlah 37 kalori. Hal ini menandakan bahwa jogging adalah olahraga yang cukup ringan untuk dilakukan saat Anda menjalankan ibadah puasa.

Jogging sejatinya tidak hanya berperan menjaga kesehatan tubuh, melainkan secara spesifik juga mampu menghindarkan diri dari rasa stres. Manfaat lainnya dari jogging ialah, meningkatkan konsentrasi, membakar kalori, memperkuat tulang kaki, dan menjaga kesehatan jantung.

Baca jugaL: Tips Jogging Agar Tidak Cepat Kehabisan Napas

 

2. Bersepeda

bikeradar .com

Bersepeda bisa dikatakan sebagai salah satu olahraga yang sangat menyenangkan. Meskipun terasa ringan, jumlah kalori yang dikeluarkan selama bersepeda dalam waktu 15 menit setara dua kali kalori yang digunakan saat Anda melakukan olahraga jogging. Ketika berpuasa, olahraga bersepeda dapat Anda lakukan di pagi hari atau sore hari menjelang waktu berbuka puasa.

 

3. Bowling

youtube .com

Bowling merupakan olahraga yang sangat cocok untuk dilakukan saat menjalankan ibadah puasa. Bowling tidak terfokus pada aktivitas fisik, melainkan lebih kepada aktivitas otak. Dimana dalam olahraga ini dibutuhkan strategi untuk memenangkan permainan. Bowling termasuk kategori olahraga dengan intensitas sedang karena mampu membakar kalori di tubuh Anda sebanyak 24 kalori hanya dalam hitungan menit.

 

4. Berenang

kanal247 .com

Renang merupakan olahraga yang sangat populer dan disukai berbagai kalangan di masyarakat mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Bahkan dengan mudah Anda dapat menemukan tempat rekreasi yang menawarkan wisata bermain air atau biasa disebut dengan water-park. Renang termasuk dalam kategori olahraga dengan tingkat intensitas sedang.

Rata-rata setiap orang akan menghabiskan waktu melakukan olahraga ini minimal 1 jam. Selain sehat, olahraga air ini sangatlah menyenangkan dan tidak cepat membuat tubuh merasa lelah. Jumlah kalori yang dibakar saat melakukan olahraga renang selama satu jam paling sedikit adalah sekitar 294 kalori atau setara dengan melakukan jogging selama dua jam.

Baca juga: 4 Hal Yang Harus Diperhatikan Ketika Berada di Kolam Renang

Banyak manfaat melakukan olahraga renang. Misalnya dapat melatih pernafasan, meningkatkan kekuatan otot dan tulang, meningkatkan kebugaran tubuh, menurunkan berat badan, serta menurunkan resiko terkena diabetes.

Tujuan melakukan olahraga saat sedang berpuasa adalah menjaga tubuh tetap sehat dan bugar. Selain melakukan olahraga, daya tahan, dan stamina tubuh juga dapat terjaga dengan mengonsumsi nutrisi yang tepat. Misalnya nutrisi berupa asam lemak Omega 3, 6, 9, DHA, dan EPA.

Kelima nutrisi tersebut berguna untuk merawat aliran darah tetap sehat dan lancar ke seluruh bagian tubuh. Aliran darah yang lancar dan sehat, akan membuat tubuh lebih fit dan penuh stamina. Maka jangan sungkan untuk mengonsumsi kelima nutrisi asam lemak tersebut secara rutin dari bahan makanan alami. Semisal minyak biji blackcurrant, flaxseed, dan ikan salmon.

Bila sumber bahan makanan bernutrisi tersebut sulit diperoleh, cobalah menggantinya dengan suplemen makanan Omepros. Omepros merangkum semua nutrisi tersebut dalam kapsul produknya sehingga dapat mencukupi kebutuhan tubuh akan omega 3, 6, 9, DHA, EPA, dan vitamin E.
Omepros, balancing your life!

Sumber featured image: samsung .com

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password