Rekomendasi Olahraga Malam Sesudah Tarawih Saat Bulan Ramadhan

olahraga malam sesudah tarawih

Planetolahraga.com – Olahraga merupakan aktivitas yang sangat bermanfaat bukan hanya untuk kesehatan fisik Anda, melainkan juga untuk kesehatan psikis Anda. Saat menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadan, seringkali rasa enggan untuk berolahraga muncul.

Berbagai faktor melatarbelakangi rasa malas tersebut. Namun ada orang yang memang tidak mempu melakukan olahraga saat berpuasa karena kondisi daya tahan tubuh melemah. Jika Anda merasa tubuh Anda terlalu lemah untuk berolahraga di pagi dan siang hari saat bulan Ramadan, Anda dapat melakukan alternatif lain.

Alternatif olahraga di bulan Ramadan adalah berolahraga di malam hari. Olahraga di malam hari saat bulan Ramadan dapat membantu Anda melepas penat, menghilangkan stres, dan menjernihkan pikiran dari segala masalah yang dialami. Adapun jenis olahraga yang dapat dilakukan di malam hari sesudah melaksankan ibadah tarawih adalah sebagai berikut.

1. Yoga

Sumber: pexels .com

Yoga merupakan olahraga meditasi yang dapat memberikan segudang manfaat bagi tubuh dan pikiran Anda. Yoga tidak hanya mampu menjadikan tubuh dan pikiran Anda sehat, melainkan juga mampu membantu Anda mengontrol emosi di dalam diri Anda. Melakukan olahraga yoga secara teratur terbukti dapat mengurangi masalah asma, mengatasi masalah yang terjadi pada tulang punggung, serta menguatkan sistem pernafasan.

Yoga memiliki banyak aliran. Untuk Anda yang memiliki masalah dengan stamina, pilihlah tipe yoga yang memiliki intensitas ringan sampai dengan sedang. Sesuaikan dengan kemampuan tubuh Anda, jangan sampai melakukan yoga hanya berdasarkan trend yang berkembang di masyarakat. Melakukan rutinitas olahraga yoga dalam jangka waktu yang panjang, akan membantu Anda mengurangi rasa stres karena mampu menekan hormon depresan sehingga Anda akan merasa lebih bahagia.

Baca juga: Gaya Yoga Sederhana yang Bisa Bikin Perut Kamu Merata

 

2. Kardio

Sumber: kuka.co .id

Dewasa ini, banyak orang yang beranggapan bahwa olahraga kardio adalah olahraga lari. Sebenarnya olahraga kardio adalah olahraga yang ditujukan untuk meningkatkan denyut jantung agar jantung lebih kuat dan sehat. Selain itu, olahraga kardio juga dapat membantu menguatkan sistem pembuluh darah pada tubuh Anda.

Melakukan olahraga kardio secara teratur juga mampu membantu Anda mencapai berat badan ideal. Jika Anda kurang menyukai olahraga kardio lari, Anda dapat melakukan olahraga kardio lainnya. Misalnya seperti naik turun tangga, plank, lompat tali (skipping), dan kegiatan lainnya yang dapat meningkatkan denyut jantung.

 

3. Latihan Kekuatan

mensjournal .com

Mungkin salah satu dari Anda belum mengetahui apa itu olahraga “latihan kekuatan”. Olahraga latihan kekuatan adalah suatu jenis latihan tubuh yang memiliki tujuan untuk meningkatkan kekuatan tubuh. Latihan kekuatan ini pada umumnya bertujuan untuk menjaga kesehatan, menghancurkan lemak, dan menguatkan otot tubuh.

Latihan kekuatan dapat dilakukan dengan melakukan sit-up, push-up, crunch, dan squat. Selain itu, angkat beban juga dapat dilakukan untuk melatih kekuatan tubuh Anda. Jika Anda melakukan olahraga latihan kekuatan secara konsisten, olahraga ini juga mampu memperbaiki postur tubuh Anda dan mengontrol berat badan. Beberapa macam penyakit pun juga bisa diminimalisir kemunculannya. Contohnya seperti penyakit jantung, diabetes, depresi, dan obesitas.

Baca juga: Tips Olahraga Angkat Beban untuk Pemula

Tujuan melakukan olahraga selama bulan Puasa adalah menjaga tubuh tetap sehat dan bugar. Selain melakukan olahraga, daya tahan, dan stamina tubuh juga dapat terjaga dengan mengonsumsi nutrisi yang tepat. Misalnya nutrisi berupa asam lemak omega 3, 6, 9, DHA, dan EPA.

Kelima nutrisi tersebut berguna untuk merawat aliran darah tetap sehat dan lancar ke seluruh bagian tubuh. Aliran darah yang lancar dan sehat, akan membuat tubuh lebih fit dan penuh stamina. Maka jangan sungkan untuk mengonsumsi kelima nutrisi asam lemak tersebut secara rutin dari bahan makanan alami. Semisal minyak biji blackcurrant, flaxseed, dan ikan salmon.

Bila sumber bahan makanan bernutrisi tersebut sulit diperoleh, cobalah menggantinya dengan suplemen makanan Omepros. Omepros merangkum semua nutrisi tersebut dalam kapsul produknya sehingga dapat mencukupi kebutuhan tubuh akan omega 3, 6, 9, DHA, EPA, dan vitamin E.
Omepros, balancing your life!

Sumber featured image: epizone .id

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password