Olahraga di Akhir Pekan Saja, Efektifkah Untuk Jaga Kesehatan?

Olahraga di Akhir Pekan Saja, Efektifkah Untuk Jaga Kesehatan

PlanetOlahraga – Fenomena weekend warriors memang sedang banyak beredar. Apa itu weekend warriors? Seperti yang selama ini kita tahu weekend warriors yaitu kebiasaan orang yang menjalankan aktivitas olahraga di akhir pekan saja.

Seseorang yang memenuhi kriteria bisa dikatakan sebagai weekend warriors adalah mereka yang lebih banyak menghabiskan waktu dengan duduk ketika hari kerja dan hanya beraktivitas fisik kurang lebih sekitar 150 menit di akhir pekan. Akan tetapi jika belum memenuhi kriteria tersebut, seseorang masih dikatakan sebagai sedentari walau sudah olahraga di akhir pekan saja. Lantas apakah fenomena olahraga di akhir pekan ini efektif dalam menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh?

Efek Olahraga Hanya di Akhir Pekan

Menyebabkan plantar fasciitis

Olahraga Hanya di Akhir Pekan, Efektifkah Untuk Jaga Kesehatan

Plantar fascitis merupakan suatu cedera yang terjadi pada telapak kaki bagian belakang yang penyebabnya adalah karena tekanan berlebih dan sering ditandai dengan rasa nyeri. Efeknya cedera ini dapat berlangsung lama bahkan sampai durasi tahunan untuk benar – benar menghilang.

Lateral epicondylitis

Lateral epicondylitis merupakan suatu bentuk cedera yang terjadi di area sekitar sikut. Penekukan berulang pada bagian pergelangan tangan disertai dengan gerakan supinasi atau pronasi dapat menimbulkan terjadinya kerusakan kecil pada otot serta jaringan kolagen sikut secara akut. Ketika di akhir pekan olahraga dilakukan dengan gerakan yang optimal dalam penggunaan tangan maka cedera ini sangat mungkin terjadi.

 

Penyebab utama seseorang mengalami engkel terkilir

Olahraga Hanya di Akhir Pekan, Efektifkah Untuk Jaga Kesehatan

Cedera ini terjadi pada persendian kaki karena dilakukannya gerakan memutar kaki pada batas normal pergerakan. Kemudian tekanan berlebih akan terjadi dengan memutarkan kaki ketika olahraga. Jika hal ini terus menerus berlangsung biasanya wilayah persendian di punggung kaki dan tulang tibia akan mengalami resiko pembengkakan dan rasa nyeri yang pada akhirnya akan berlanjut pada rasa tidak nyaman berkepanjangan.

Itulah efek yang akan ditimbulkan jika Anda merupakan seorang weekend warriors. Baiknya Anda seimbangkan jadwal olahraga dan jangan hanya olahraga di akhir pekan. Alasannya, itu tidak akan efektif dalam menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh Anda.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password