Bersepeda Jadi Olahraga Pilihan Para Pembalap F1! Apa Penyebabnya?

olahraga bersepeda

Planetolahraga.com – Saat mengemudikan mobil F1, pembalap F1 akan menahan berat di lehernya hingga hitungan 25 kilogram. Bukan hanya itu saja, helm yang mereka gunakan pun menggunakan material yang berbeda dibandingkan helm biasa. Akibatnya ketika membalap, pengemudi F1 harus memiliki stamina dan kekuatan tubuh yang luar biasa. Bahkan bukan hanya kekuatan tubuh saja, tapi juga mental.

Kekuatan tubuh sangat dibutuhkan sehingga mampu menyelesaikan pertandingan dengan baik. Para pembalap F1 akan melakukan latihan intensif dengan olahraga lari dan bersepeda. Kenapa bersepeda dijadikan menu latihan intensif pembalap F1?

Berikut beberapa manfaat bersepeda sampai dipilih menjadi salah satu olahraga pilihan para pembalap F1.

 

1. Melemaskan Otot

Gerakan bersepeda dapat melemaskan otot pinggul dan sendi lutut. Setiap kayuhan akan membentuk, menguatkan, serta mengencangkan paha, otot betis serta daerah panggul. Selain itu, aktivitas bersepeda akan memacu sendi-sendi pada lengan dan tungkai hingga ikut aktif bergerak. Bersepeda juga akan membantu melancarkan sirkulasi darah yang membawa oksigen dan nutrisi ke semua otot di seluruh bagian tubuh.

Baca juga: Menantang, Atlet Gulat Indonesia Taklukkan Gunung Vitosha, Bulgaria

 

2. Mencegah Penyakit

Saat bersepeda, tubuh Anda akan aktif bergerak sehingga kinerja kardiovaskular dan otot menjadi kian optimal. Hal ini mengakibatkan terjadinya peningkatan metabolisme tubuh dan pembakaran kalori. Karena adanya pembakaran kalori saat beraktivitas, maka berat badan akan terjaga agar tetap ideal. Bersepeda juga menjadi cara untuk mengurangi kemungkinan terserang diabetes karena tubuh memproduksi insulin dengan stabil. Bersepeda juga bisa memperkecil risiko terkena kanker terutama kanker usus besar.

 

3. Penghilang Stres

Selain menyenangkan dan memberi efek baik untuk kebugaran tubuh, bersepeda dapat menjaga kesehatan mental. Saat bersepeda, tubuh Anda akan menghasilkan hormon endorfin yang memicu rasa nyaman, suasana hati yang positif, dan juga mengurangi rasa sakit.

Rasa bahagia akan semakin bertambah dengan pemandangan yang Anda temukan di sepanjang perjalanan. Bersepeda dapat menimbulkan perasaan tenang, menurunkan tingkat stres, depresi, dan masalah psikologis lainnya.

 

4. Memperkuat Kekuatan, Keseimbangan, dan Koordinasi Bagian-bagian Tubuh

Bersepeda merupakan kegiatan yang sangat disarankan untuk penderita osteoporosis karena dapat memperkuat tulang. Meskipun begitu, penguatan tulang tersebut akan sangat bermanfaat meskipun untuk orang biasa. Para pembalap F1 membutuhkan penguatan tulang karena tekanan tinggi yang diterima oleh tubuhnya ketika mengendarai mobil. Tekanan tersebut berasal dari kecepatan mobil yang membelah udara dengan cepat.

Baca juga: Eko Yuli, Atlet Angkat Besi Indonesia Siap Rebut Emas di Asian Games 2018

Bagian-bagian tubuh seperti kaki dan tangan pun akan terlatih koordinasinya dengan bersepeda untuk menjaga keseimbangan. Keseimbangan sangat diperlukan ketika bersepeda agar tetap dapat melaju dengan stabil di berbagai medan.

Itulah beberapa manfaat bersepeda yang rupanya menjadi salah satu olahraga pilihan para pembalap F1. Anda akan mendapatkan segala manfaat dari bersepeda ketika membiasakannya secara rutin. Namun, tentu tidak cukup hanya melakukan kegiatan fisik saja. Anda sangat perlu untuk menjaga pola makan serta gizi seimbang untuk mencegah dan mengatasi kegemukan sehingga kebugaran dapat tercapai.

Jika dirasa masih kurang, suplemen makanan Omepros dapat menjadi andalan. Setiap kapsul Omepros mengandung omega 3, 6, 9, EPA, DHA, dan vitamin E dari minyak biji blackcurrant, flaxseed, zaitun, juga ikan salmon.

Keseimbangan asupan nutrisi sangat penting diperhatikan demi tubuh yang lebih sehat untuk kelancaran beraktivitas. Omepros akan membantu Anda memenuhi kebutuhan nutrisi harian dan juga mengurangi resiko penyakit stroke serta jantung. Kandungan alami Omepros berguna melawan kolesterol jahat (LDL) dan membuat aliran darah menjadi lebih lancar. Omepros, balancing your life!

Source gambar: f1bias, trekbikes, kompas, aryanto, ruparupa

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password