Benarkah Minum Air Gula Baik untuk Olahraga?

minum air gula untuk olahraga

Planetolahraga.com – Berbagai macam merk minuman olahraga dengan berbagai varian rasa banyak beredar di pasaran. Minuman olahraga atau juga dikenal dengan sebutan minuman energi ini tidak jarang jadi semacam minuman wajib untuk diminum ketika olahraga dengan tujuan dapat mengembalikan energi yang terbuang ketika berolahraga. Tetapi, beberapa kalangan justru menyarankan untuk meminum air gula ketika olahraga. Air gula dianggap lebih baik ketimbang minuman energi untuk diminum ketika olahraga. Apakah benar demikian?

Minum Air Gula Apakah Baik untuk Olahraga?

Peneliti dari Universitas Bath mencoba melakukan penelitian mengenai manfaat air gula untuk olahraga. Penelitian ini menemukan bahwa mengaduk gula ke sebotol air bisa menentukan kesuksesan dan kegagalan pelari maraton, pesepeda dan atlet jarak jauh. Para peneliti menilai dampak latihan ketahanan pada tingkat glikogen hati.

Penelitian yang diterbitkan dalam American Journal of Physiology Endrokrinology and Metabolism ini menguji efek minuman yang mengandung glukosa dan sukrosa. Seberapa ampuh kedua jenis minuman dalam menghindari penuruan kadar karbohidrat dalam level glikogen dalam lever. Perlu diketahui bahwa karbohidrat yang tersimpan dalam lever tersebut penting untuk daya tahan dalam olahraga karena membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil.

Baca juga: Air Es Tidak Dianjurkan Diminum Setelah Olahraga, Apa Alasannya

Baik sukrosa maupun glukosa merupakan zat yang selama ini dikenal dengan nama gula, gula yang digunakan untuk membuat kue atau untuk menyeduh teh maupun kopi. Sukrosa ataupun glukosa merupakan zat yang cepat diserap dalam tubuh untuk menghasilkan energi. Dilansir dari Indipendent.co.uk, glukosa maupun fruktosa masuk ke dalam klasifikasi monosaccharide. Ketika keduanya digabungkan dengan sukrosa maka diklasifikasikan sebagai disaccharide

Minuman energi yang sering kita temui mengandung sukrosa, beberapa menggunakan campuran glukosa dan fruktosa, beberapa lainnya hanya menggunakan glukosa saja. Kita mungkin sulit membedakan mana minuman yang mengandung sukrosa, campuran glukosa dan fruktosa, atau yang hanya mengandung glukosa saja. Hal ini dikarenakan pada lidah manusia keduanya memiliki rasa yang sama. Tetapi ketika dicerna oleh tubuh ternyata terdapat perbedaan. Sukrosa lebih cepat diserap dibandingkan glukosa. Sehingga, minuman energi yang hanya mengandung glukosa justru bisa mengakibatkan gangguan pada perut.

Maka dari itu, ketimbang minuman energi yang dapat berakibat pada ketidaknyamanan perut, disarankan untuk mencoba alternatif berbasis sukrosa atau hanya mencampur gula dalam air. Minuman energi selain belum terbukti secara ilmiah khasiatnya, minuman energi juga memiliki dampak kurang baik seperti tekanan datah yang meningkat dan risiko diabetes.

Baca juga: Ingat! Sebelum dan Sesudah Olahraga Wajib Perhatikan 5 Hal Ini

Penelitian menemukan bahwa olahraga terasa lebih mudah dan kenyamanan usus pesepeda lebih naik ketika mereka menelan sukrosa daripada sukrosa. Minum air gula merupakan metode yang direkomendasikan untuk mempermudah latihan olahraga. Semua gula akan mengembaikan tingkat energi dengan cepat, terutama untuk olahraga yang membutuhkan banyak energi.

Ingin tetap update dengan info terbaru dari dunia olahraga?

Caranya mudah! Isi formulir di bawah ini & dapatkan pulsa 50.000 setiap minggunya ! *S&K berlaku

*
*
*

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password