Helm yang digunakan Riders MotoGP

merek helm Riders MotoGP

Planetolahraga.com – Siapa yang tidak tau MotoGP? MotoGP merupakan ajang balapan sepeda motor yang bergengsi dan paling populer di penjuru dunia. Banyak para pembalap motor yang berambisi untuk masuk kedalam berbagai kelas MotoGP.

Apa saja merek helm Riders MotoGP yang dikenakan di ajang balapan paling berkelas ini?

Di dalam kompetisi balapan seperti ini, pasti banyak hal hal yang harus diperhatikan seperti kondisi motor, persiapan pembalap dalam kesehatan, sirkuitnya dan yang pasti keselamatan. MotoGP selaku kompetisi paling bergengsi ini pasti telah menentukan beberapa keriteria standard keselamatan, dan salah satunya Helm. Penasaran dengan merek helm Riders MotoGP? Silakan simak ulasan di bawah ini.

 

1. AGV

Hasil gambar untuk agv helm

Tentu kita sudah tidak asing dengan merek helmet yang sering melekat di kepala sang legendaris MotoGP yaitu Valentino Rossi. Demi Rossi AGV seringkali menuruti keinginan sang Legendaris ini untuk mendesain sesuai keinginannya, dan dalam mendsain helm untuk Rossi AGV bekerjasama dengan Aldo Drudi dan Drudi Performance. AGV sendiri adalah singkatan dari Amisano Gino Valenza, yang didirikan oleh Gino Amisano sejak 1946 dan mulai membuat helm motor pada tahun 1947.

Helm asal Italia ini juga digunakan Andrea Ianone, Jack Miller, dan Pol Espargaro. Sepanjang karir pembalam legenda MotoGP Giacomo Agostini Juga dikenal dengan pengguna setia AGV. Tak hanya mewarnai keseruan balapan mototr, AGV juga sempat digunakan oleh juara dunia Formula 1 yaitu Niki Lauda, Emerson Fittipadli, dan Nelson Piquet.

 

2. Shoei

Hasil gambar untuk shoei helm

Di ajang MotoGP Shoei merupakan official helmet yang digunakan oleh Marc Marquez dan Bradley Smith. Tapi Shoei jarang sekali dalam mengeluarkan helm baru untuk pembelapa tersebut pada kesempatan akhir pekan layaknya AGV. Meski begitu, Shoei adalah Merk ternama di dunai dan menjadi Helm paling diminati para pengendara mototr di dunia.

Eitaro adalah pendiri pabrik helm Shoei, helm asal jepang yang telah diproduksi sejak tahun 1958, namum produksinya sudah sejak tahun 1954 dan produksinya digunakan oleh Industri Konstruksi. Dan, Shoei mulai serius berbisinis helm dalam sektor balap pada tahun 1960.

 

3. Arai

Hasil gambar untuk arai helm

Awal mulanya, Arai adalah pabrik yang memproduksi topi, tapi Hampir sama dengan Shoei, Arai merupakan produsen helm industri konstruksi. Bahkan sebel itu helm buatan Jepang ini sempat juga membuat helm untuk prajurit perang di Jepang pada perang Dunia ke II. Pencipta helm yang berkontribusi diajang MotoGP hingga sekarang ini adalah Hirotake Arai.

Hirotake adalah salah satu orang pertama di dunia yang memproduksi helm dengan lining stirofoam, yang faktanya di jaman itu helm menggunakan lining gabus konvensional. Saat ini Helm Arai digunakan oleh pembalap Repsol Honda Dani Pedrosa, dan dulu sempat digunakan oleh mendiang Nicky Hayden.

Baca Juga: Simak! Kronologi Sengitnya Pertandingan MotoGP Argentina 2018

 

4. Shark

Hasil gambar untuk shark helm

Shark termasuk helm yang juga telah berperan cukup lama dalam ajang bergengsi MotoGP. Namun kualitas keamanannya terjamin layaknya helm unggul lainnya. Dan helm ini juga memiliki keunggulan dari segi bentuk yang lebih dinamis dan sanggup merespon tekanan udara secara otomatis, hingga kecanggihan alat yang digunakan ketika produksi dan testnya.

Pengguna helm asal Prancis ini menggaet pembalap bernomor 99 yaitu Jorge Lorenzo, dan dulu juga pernah menjadi pendamping pembalap Yamaha Tech3 Johan Zarco ketika di Moto3.

 

5. KYT

Hasil gambar untuk kyt helm

Tidak hanya merek merek dari luarnegri saja yang mampu berkecimpung dalam ajang balapan MotoGP. KYT yang merupakan merek asal Indonesia ini juga telah mewarnai keseruan MotoGP sejak musim lalu. PT. Tara Kusuma Indah selaku produsen KYT bergabung di MotoGP dan digunakan oleh Aleix Espargaro dari Aparilia Racing Team Gresini.

Baca juga: 5 Pembalap Baru yang Meramaikan Kelas MotoGP 2018

Sedangkan di Moto2 ada Xavier Simeon dan Simone Corsi dan di Moto3 menggaet Andrea Locatelli. Sejak than 1980-an PT TKI mulai mempelopori helm sepeda mototr di Indonesia. Hingga kini mereka masih berusaha memproduksi helm dengan kualitas produk yang mengedepankan keamanan dengan menggunakan bahan dasar terbaik.

Itulah beberapa merek helm Riders MotoGP saat di ajang balapan sepeda motor populer tersebut. Sebagai pelindung kepala para riders, tentu dibutuhkan helm yang sangat berkualitas untuk mengantisipasi cedera fatal di kepala ketika kecelakaan selama race berlangsung.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password