Ingin Menguji Ketahanan Fisik Anda? Mungkin Olahraga Ekstrim Ini Yang Anda Butuhkan

Menguji Ketahanan Fisik dengan Olahraga Ekstrim Ini - PlanetOlahraga.com 1

PlanetOlahraga.com – Rock climbing atau dalam istilah bahasa Indonesia dikenal dengan nama panjat tebing, merupakan satu bentuk aktifitas mendaki gunung. Namun berbeda dengan pendakian gunung yang dilakukan dengan berjalan kaki, panjat tebing biasanya dilakukan dengan merangkat atau memanjat menyusuri medan berbatu dengan kemiringan lebih dari 45 derajat. Disamping itu, panjat tebing juga biasanya dilakukan dengan membawa berbagai perlengkapan penunjang, mengingat medan yang dilalui ekstrim dan sangat berbahaya. Olahraga ekstrim ini menuntut kekuatan seluruh bagian tubuh, kelenturan serta kecerdikan melihat peluang agar bisa melalui rintangan dengan efektif dan tidak membuang banyak tenaga.

Menguji Ketahanan Fisik dengan Olahraga Ekstrim Ini

Panjat tebing sendiri dibagi kedalam beberapa jenis, yang tentu memiliki sensasi berbeda dan tingkat kesulitan yang berbeda. Setiap jenisnya membutuhkan teknik tertentu serta peralatan yang memadai agar dapat dilakukan dengan aman dan meminimalisir resiko yang terjadi. Adapun beberapa jenis panjat tebing yang dikenal adalah sebagai berikut.

Indoor Climbing

Indoor Climbing - Menguji Ketahanan Fisik dengan Olahraga Ekstrim Ini - PlanetOlahraga.com

Aktifitas panjat tebing ini dilakukan didalam ruangan, atau bisa juga dilakukan di ruang terbuka. Namun yang dipanjat bukanlah medan alami batuan, melainkan satu set tembok yang didesain sedemikian rupa agar menyerupai medan alami. Jenis ini biasanya digunakan sebagai sarana latihan atau sekedar mengasah fisik peminatnya.

Bouldering

Bouldering - Menguji Ketahanan Fisik dengan Olahraga Ekstrim Ini - PlanetOlahraga.com

Jenis ini merupakan aktifitas panjat tebing yang dilakukan dengan medan utama sebongkah batu besar. Memang ketinggiannya jauh berbeda dengan panjat tebing lain, namun bouldering tetap memiliki resiko keselamatan dan kesenangan yang sebanding.

Sport Climbing

Sport Climbing - Menguji Ketahanan Fisik dengan Olahraga Ekstrim Ini - PlanetOlahraga.com

Jenis ini merupakan jenis paling umum dilakukan oleh pecandu panjat tebing. Dengan menggunakan tali baja dan beberapa perlengkapan lain untuk menunjang keselamatan, penggiat jenis ini akan berupaya menaklukkan tebing yang cukup tinggi dan terjal dengan rute tertentu yang sudah disepakati. Tentu kekuatan fisik sangat diuji disini, disamping juga kecermatan dalam memilih pijakan untuk bisa naik lebih tinggi.

Baca Juga

Ice Climbing

Ice Climbing - Menguji Ketahanan Fisik dengan Olahraga Ekstrim Ini - PlanetOlahraga.com

Jenis ini merupakan panjat tebing di medan bersuhu sangat rendah. Tebing yang dipanjat tidak lagi tebing batu namun tebing es. Perlengkapan yang dibutuhkan lebih banyak dibanding panjat tebing pada umumnya, dan tentunya lebih berbahaya. Selain sensasi panjat tebing, suhu ekstrim juga menjadi tantangan tersendiri yang siap menguji nyali penggiatnya.

Free Soloing

Free Soloing - Menguji Ketahanan Fisik dengan Olahraga Ekstrim Ini - PlanetOlahraga.com

Ini adalah jenis yang paling ekstrim diantara jenis lain. Seperti namanya, free soloing merupakan panjat tebing yang dilakukan tanpa tali pengaman. Rute yang ditempuh juga bebas, tergantung keinginan si pemanjat. Resiko keselamatan yang sangat tinggi dari jenis ini menuntut persiapan fisik dan teknik yang matang, sebelum bisa menaklukan tebing yang diinginkan.

Menguji Ketahanan Fisik dengan Olahraga Ekstrim Ini - PlanetOlahraga.com

Jenis panjat tebing tadi, kebanyakan dilakukan didaerah yang berbukit atau pegunungan. Medan terjal yang akan ditempuh menjadi tantangan pertama yang harus Anda taklukkan sebelum menghadapi tebing ditempat tujuan. Untuk itu, tentu Anda memerlukan kendaraan yang tangguh serta dapat diandalkan. Toyota All New Fortuner, hadir dengan ketangguhan yang Anda butuhkan. Dengan mesin kuat serta ground clearance yang tinggi, All New Fortuner akan menjadi tunggangan yang pas untuk menemani Anda menuju tebing yang akan ditaklukkan. Selain itu, ruang kabin yang luas juga dapat Anda gunakan untuk membawa berbagai perlengkapan yang Anda butuhkan untuk memuaskan hasrat bertualang Anda.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password