Ada yang Tidak Boleh Kamu Lupakan Saat Bermain Futsal!

menghindari cedera saat futsal

Planetolahraga.com – Seperti yang kita tahu, futsal merupakan olahraga yang sifatnya kompetitif. Kompetitif dalam permainan futsal memiliki arti dimana tim kita harus saling melawan untuk memperoleh kemenangan. Dengan begitu, terjadinya kontak fisik antar pemain yang sangat berisiko membuat cedera pemain, sulit dihindari. Itulah alasan kita perlu melengkapi tubuh kita dengan beberapa perlengkapan bermain futsal.

Apa saja perlengkapan untuk menghindari cedera dalam permainan futsal? Berikut ini penjelasannya.

 

1. Sepatu Futsal dan Kaos Kaki

Sumber: shoeadviser .com

Sepatu futsal yang pas akan membuatmu merasa nyaman saat bermain di lapangan. Terlebih lagi, kamu akan aman dengan menggunakan sepatu futsal yang cocok untuk kakimu. Risiko terkena cedera karena terkilir atau berbenturan dengan pemain lain bisa diminimalisir. Jangan lupa untuk memakai dan memilih sepatu futsal yang nyaman saat dikenakan di kakimu. Selain itu, kamu juga perlu menggunakan kaos kaki khusus yang biasanya panjangnya sampai lutut.

Baca juga: Tips Merawat Sepatu Futsal Agar Lebih Awet

 

2. Shin Guard

Sumber: news.nike .com

Beberapa orang menyebut shin guard dengan deker. Fungsinya adalah melindungi betis dari benturan. Biasanya untuk pertandingan resmi, setiap pemain akan dicek satu-satu apakah sudah memakai shin guard atau belum. Mengingat fungsinya yang sangat penting untuk menghindari cedera, maka jangan lupakan pemakaian shin guard.

 

3. Knee Pad

Sumber:  singletrackworld .com

Knee pad berfungsi untuk melindungi lutut dari benturan. Knee pad juga bermanfaat untuk mengurangi nyeri yang muncul di lutut. Dengan memakai alat knee pad, lutut kita akan lebih aman dari benturan.

Sebenarnya pemakaian knee pad adalah pilihan dan bukanlah sebuah keharusan karena sebagian orang ada yang merasa kurang nyaman menggunakannya. Knee pad tidak diwajibkan dalam pertandingan namun demi alasan keamanan, kamu tentunya perlu mempertimbangkannya.

Baca juga: Faktor yang Bisa Menunjang Permainan Futsal

 

4. Base-layer

Sumber gambar: aliexpress .com

Base-layer merupakan pakaian lapis pertama yang perlu kamu pertimbangkan untuk dipakai saat bermain futsal. Fungsi utamanya untuk menjaga suhu tubuh agar tetap netral. Selain itu, pakaian ini juga bermanfaat untuk membuat keringat agar tidak terlalu membasahi jersey. Bisa dibilang base-layer tidak memiliki fungsi perlindungan fisik dari cedera akibat benturan. Namun melihat fungsinya yang dapat mengontrol suhu tubuh, maka kamu perlu mempertimbangkan memakai base-layer. Tujuannya agar tubuhmu terhindar dari dampak buruk yang disebabkan oleh pemanasan atau pendinginan suhu tubuh.

Demikianlah empat perlengkapan yang harusnya kamu pakai saat bermain futsal. Agar permainan futsalmu lancar, penuhi kebutuhan tubuh akan asupan nutrisi demi menjaga kesehatan jantung dengan omega 3, 6, 9, DHA, EPA, dan vitamin E. Nutrisi-nutrisi tersebut dapat melawan plak akibat timbunan kolesterol jahat dalam darah sehingga aliran darah menjadi lebih lancar dan jantung pun jadi lebih sehat.

Kamu bisa memperoleh nutrisi tersebut dengan konsumsi bahan makanan alami atau memilih suplemen makanan Omepros. Suplemen ini bermanfaat untuk melengkapi kebutuhan nutrisi tubuh akan omega 3, 6, 9, DHA, dan EPA. Omepros terbuat dari minyak biji blackcurrant, flaxseed, dan ikan salmon. Dengan demikian, kamu akan memiliki kondisi tubuh yang lebih seimbang sehingga sanggup menjalani aktivitas harian tanpa kendala fisik. Omepros, balancing your life!

Sumber featured image: ashgabat2017 .com

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password