Pegal-Pegal Setelah Olahraga Hilang dengan Melakukan Pijat, Benarkah?

cara mengatasi pegal setelah olahraga

Planetolahraga.com – Anda sering merasakan pegal-pegal setelah berolahraga? Jika iya, itu memang merupakan hal yang normal. Pegal-pegal atau nyeri otot ini kerap kali terjadi apabila Anda melakukan olahraga berat ataupun karena tidak pernah melakukan olahraga. Dua alasan tersebut menjadi hal utama kenapa orang jadi malas berolahraga setelahnya, karena seringkali membuat badan terasa remuk.

Setelah berolahraga, sebenarnya Anda harus memulihkan tubuh dan mulai untuk melakukan olahraga kembali. Salah satu cara yang tepat untuk mengatasinya adalah dengan melakukan pijat. Lantas apakah pegal-pegal bisa hilang dengan melakukan pijat setelah berolahraga? Yuk simak penjelasannya di bawah ini.

Pegal-Pegal Setelah Olahraga Hilang dengan Melakukan Pijat, Benarkah?

Melakukan pijat setelah berolahraga ternyata sangat bermanfaat untuk mempercepat pemulihan otot, dimana nyeri otot kerap kali melanda sesaat setelah berolahraga. Pijatan dapat menurunkan peradangan otot akibat dari kelelahan atau bahkan rusak karena olahraga yang terlalu berat atau berlebihan. Pijatan memiliki fungsi yang sama dengan obat pereda nyeri, dimana bisa merangsang sel-sel otot untuk mulai memproduksi energi jauh lebih banyak dan membuat Anda bisa cepat pulih kembali.

Baca juga: 5 Cedera Saat Jogging yang Kerap Dialami

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa melakukan pijat setelah berolahraga sekitar 15 – 20 menit bisa meningkatkan kekuatan otot loh. Hal tersebut karena pijatan bisa merangsang serat-serat otot untuk segera melakukan perbaikan diri agar bisa digunakan kembali. Alhasil, pijatan setelah berolahraga bisa memulihkan kekuatan otot untuk bisa berolahraga kembali tanpa menimbulkan rasa nyeri atau sakit pada otot.

Selain itu, melakukan pijat setelah berolahraga dapat membantu menghilangkan asam laktat penyebab rasa pegal-pegal, serta meningkatkan aliran darah ke otot dengan baik. sehingga membuat sel-sel yang ada di dalamnya mendapatkan makanan yang cukup dan baik untuk kesehatan.

Lantas seperti apa pijatan yang dibutuhkan setelah berolahraga? Menurut salah satu seorang fisioterapis, melakukan pijat setelah berolahraga biasanya cukup dilakukan setidaknya satu jam agar mendapatkan efek yang optimal. Entah dilakukan sebelum atau sesudah olahraga, pijatan sangat ampuh untuk mengurangi peradangan otot, mengatasi kelelahan dan juga mengembalikan kelenturan tubuh.

Sebaiknya lakukan pijat setelah berolahraga dengan meminta bantuan seorang ahli yang sudah berpengalaman, bukan dari sembarang orang. Pemijatan yang dilakukan biasanya untuk melepaskan ketegangan otot, dimana hal ini sering terjadi ketika selesai berolahraga dan otot menjadi nyeri atau tegang. Beberapa jenis pijat yang disarankan yaitu seperti pijat shiatsu, Thai, Chinese, ataupun myofacial release. Anda bisa memilih salah satu pijat favorit yang diinginkan.

Tidak hanya itu, pijatan sebelum berolahraga juga ternyata sangat baik dan saling melengkapi pijatan setelah berolahraga. Pijatan sebelum olahraga biasanya dilakukan secara lembut dan dengan waktu tidak lebih dari 30 menit. Fokus dari pijatan tersebut lebih ke arah memproduksi endorfin agar tubuh lebih termotivasi saat latihan sekaligus menenangkan pikiran.

Baca juga: Gerakan Pemanasan Sebelum Renang Ini Penting Dilakukan

Usahakan pula untuk menambahkan gerakan pemanasan ringan agar tubuh bisa lebih bisa beradaptasi dengan olahraga yang akan dilakukan. Selain itu, lakukan pemijatan dengan lembut agar tidak menyebabkan rasa kaku pada otot.

Ternyata melakukan pijat setelah berolahraga memang sangat ampuh untuk menghilangkan pegal-pegal loh. Selain itu, Anda juga bisa pula mengombinasikannya dengan melakukan pijatan sebelum olahraga, dimana sangat cocok untuk menghindarkan diri dari pegal-pegal sekaligus merilekskan tubuh.

Pastikan pula untuk memperbanyak konsumsi air putih agar sirkulasi darah tetap lancar. Lakukan olahraga secara rutin agar pegel-pegel tidak akan lagi anda rasakan. Semoga informasi di atas bermanfaat.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password