Hal yang Perlu Dihindari Ketika Melatih Otot Punggung

Hal yang Perlu Dihindari Ketika Melatih Otot Punggung

PlanetOlahraga.com – Salah satu hal yang sangat diinginkan kebanyakan pria adalah tubuh yang kekar. Selain pelatihan otot tangan baik otot tangan atas dan bawah yang kerapkali dilakukan oleh pria, latihan lain yang juga dijalankan adalah melatih otot punggung.

Untuk melatih otot punggung sendiri, banyak hal yang perlu diketahui karena pelatihan otot punggung tidak boleh asal – asalan agar Anda tidak mengalami cedera atau berbagai masalah lainnya. Berikut beberapa hal yang perlu dihindari ketika melatih otot punggung yang Anda perlu tahu. Check these out!

Hal yang Perlu Dihindari Ketika Melatih Otot Punggung

Jangan anggap punggung sebagai satu kelompok dengan otot

Hal yang Perlu Dihindari Ketika Melatih Otot Punggung

Punggung Anda adalah penggabungan dari sejumlah kelompok otot, walau otot lat mengambil porsi peran yang besar ketika latihan punggung. Dalam melatih otot punggung, Anda juga bisa menyasar ke bagian bawah dan tengah otot trapezius, rhomboid, deltoid belakang, teres mayor dan juga erector spinae.

Walau pada umumnya kelompok otot – otot ini bekerja secara bersamaan ketika melakukan suatu gerakan, maka Anda bisa tekankan pada area tertentu dengan Anda sesuaikan grip pada bar seperti halnya yang terdapat pada otot dada, Anda juga perlu melatih otot punggung dari berbagai sudut.

Baca juga: Cara Membentuk Otot Sayap Punggung Agar Ideal dan Gagah

Melatih punggung bawah di awal sesi, ini salah!

Dengan adanya sejumlah gerakan punggung dengan beban bebas utamanya gerakan row, hal ini menjadi sangat penting dalam menjaga lengkungan tulang belakang alami Anda. Hal ini yang nantinya juga akan mencegah punggung bawah Anda menjadi melingkar selama gerakan. Tulang belakang yang melingkar turut akan membuat Anda rentan mengalami cedera pada area piringan sendi. Sehingga Anda perlu pastikan tidak membuat daerah ini kelelahan sebelum Anda mencapai di akhir sesi latihan punggung. Jadi ada baiknya latihan punggung bawah dilakukan di akhir sesi latihan yang Anda jalani.

Baca juga: 5 Cara Membentuk Otot Dada Paling Mudah dan Cepat

Melatih otot biseps tepat sebelum punggung

Hal yang Perlu Dihindari Ketika Melatih Otot Punggung

Seperti melatih triseps sebelum melakukan latihan otot dada, hal yang sama juga berlaku untuk otot biseps dan punggung. Otot biseps merupakan penggerak utama sebelum gerakan punggung dilakukan. Jadi jika mereka sudah merasa kelelahan, Anda akan kesulitan mengandalkannya ketika gerakan punggung sehingga punggung Anda yang nantinya akan menanggung beban yang lebih berat lagi. Baiknya Anda melatih biseps setelah punggung sehingga Anda bisa mengurangi tingkat kelelahan otot biseps yang dapat membatasi perkembangan otot punggung Anda selama latihan. Latih dengan intens dan dengan ritme yang tepat untuk mendapatkan bentuk tubuh yang sempurna dan lakukan dalam beberapa kali repetisi.

Itulah berbagai hal yang perlu dihindari ketika melatih otot punggung yang Anda harus tahu. Lakukan latihan secara rutin dengan tata cara dan teknik yang tepat dan dapatkan hasil terbaiknya. Untuk Anda yang sedang mencari berbagai peralatan dan perlengkapan olahraga, Anda bisa membelinya sekarang juga di AKULAKU.

Dengan AKULAKU tentu belanja akan jauh lebih mudah. Belanja apapun akan jauh lebih mudah dan simple hanya di AKULAKU. Bahkan Anda juga bisa kredit HP di AKULAKU karena AKULAKU sudah menjadi salah satu aplikasi kredit HP terbaik yang terpercaya. Buktikan sendiri kenyamanan berbelanja baik secara cash atau kredit di AKULAKU!

Selain menjadi aplikasi kredit HP terbaik, kredit apapun di AKULAKU juga bisa. Seperti kredit kamera, furniture, gear gaming atau yang lainnya. AKULAKU juga bekerjasama dengan Aidia Network dan memberikan voucher belanja up to 700.000 dengan kode promo AIDIA1. Jangan lewatkan kesempatan emas berbelanja di AKULAKU dan dapatkan berbagai hadiah menariknya.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password