5 Manfaat Sit Up Secara Rutin Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat sit up rutin bagi kesehatan tubuh

Planetolahraga.com – Sit up merupakan gerakan olahraga yang bisa membantu kita membentuk tubuh. Terkenal di kalangan wanita untuk mengecilkan perut yang buncit tetapi juga bisa dilakukan oleh pria. Sit up memang lebih menekan ke bagian otot punggung yang mana banyak orang yang tidak mau melakukannya karena sering merasa sakit atau tidak nyaman di bagian perut bawah dan juga punggung. Padahal, ada banyak manfaat sit up yang bisa kita dapatkan jika melakukannya secara rutin.

Rasa sakit dan kurang nyaman saat melakukan sit up adalah karena adanya sistem otot perut di bagian bawah yang mengalami gerakan cepat. Apabila hal ini terjadi maka gerakan sit up yang dilakukan dirasa kurang tepat atau terdapat kesalahan posisi. Melakukan sit up secara rutin bisa bermanfaat untuk kesehatan tubuh kita.

Manfaat Sit Up Secara Rutin Bagi Kesehatan Tubuh

1. Menjaga Kestabilan Gerakan Tubuh

Manfaat Sit Up Secara Rutin Bagi Kesehatan Tubuh

Salah satu manfaat sit up secara rutin adalah menjaga kestabilan dan kesehatan tubuh kita. Efeknya adalah bisa membuat sistem otot di bagian perut menjadi lebih kuat seperti halnya saat melakukan skot jump. Tidak hanya itu, gerakan sit up juga bisa membantu terciptanya keseimbangan yang ada di bagian perut, lengan, bahu, pinggul dan juga punggung. Apabila sit up dilakukan tapa adanya bantuan peralatan maka sudah pasti otot perut kita bisa terlatih lebih kuat dalam mengangkat beban tubuh.

2. Menjaga Keseimbangan Tubuh

Manfaat Sit Up Secara Rutin Bagi Kesehatan Tubuh

Jika anda sering mengalami jatuh maka bisa jadi yang bermasalah adalah keseimbangan tubuh kita. Manfaat sit up dengan gerakan yang benar bisa membantu anda dalam menjaga keseimbangan tubuh. Manfaatnya akan membuat gerakan otot di bagian pinggul menjadi lebih kuat dan bisa menjadikan otot di bagian kaki, lengan dan perut lebih stabil. Pada akhirnya bisa membuat badan kita lebih bugar dan terasa lebih seimbang.

3. Menjaga Sistem Metabolisme

Seperti yang kita tahu bahwa sistem metabolisme dalam tubuh memanglah diperlukan untuk bisa mengolah berbagai jenis zat asing yang masuk dalam tubuh kita. Sistem metabolisme ini melibatkan berbagai jenis hormon termasuk juga hormon pertumbuhan. Apabila sistem metabolisme tidak bisa berjalan lancar maka nantinya ada sisa-sisa metabolisme yang berkumpul di beberapa organ. Sebagai solusi yang mudah dan tepat anda bisa melakukan gerakan sit up ini. Seperti yang diketahui bahwa gerakan sit up bisa membangun semua otot di bagian perut yang mana bisa bekerja secara aktif dan pembuluh darah akan terpenuhi.

Baca juga: Langkah Bentuk Otot Sixpack dengan Swissball

4. Menjaga Pencernaan

Manfaat Sit Up Secara Rutin Bagi Kesehatan Tubuh

Siapa sangka bahwa manfaat sit up secara rutin bisa menjaga pencernaan kita? Manusia memang membutuhkan makan sebagai sumber tenaga yang mana makanan ini akan diolah oleh organ pencernaan seperti pada kerongkonan dan juga usus. Semua sisa makanan yang berkumpul di usus diketahi bisa menyebabkan radang atau kanker yang mana hal ini bisa terjadi karena kekurangan serat. Dengan gerakan sit up, otot perut akan mendorong agar usus bisa melakukan pekerjaannya dengan baik dalam mengolah makanan yang ada.

Baca juga: Tips dan Trik Melakukan Latihan Sit Up yang Tepat

5. Menjaga Postur Tubuh

Manfaat Sit Up Secara Rutin Bagi Kesehatan Tubuh

Postur tubuh yang sempurna merupakan impian tiap orang. Kita bisa mendapatkannya dari manfaat sit up secara rutin ini. Anda bisa melakukan latihan sit up secara rutin selama 10 hingga 20 kali setelah bangun tidur yang mana sit bisa membangun semua otot tubuh untuk bekerja dengan baik dan tubuh menjadi lebih stabil. Anda bisa menjaga keseimbangan dan bisa mendapatkan postur tubuh yang bagus.

Dapatkan manfaat sit up secara rutin untuk kesehatan tubuh kita. Mulai dari menjaga postur tubuh, menjaga kestabilan gerakan tubuh hingga menjaga pencernaan kita. Siap melakukannya setiap hari?

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password