Gemar Olahraga Snorkeling? Inilah Manfaat Yang Bisa Kamu Dapatkan

olahraga snorkeling

Planetolahraga.com – Indonesia memiliki pulau-pulau kecil yang dikelilingi lautan dengan pesonanya yang menawan seperti Raja Ampat, Bali, Lombok, Sumba dan masih banyak lagi. Keindahannya bukan hanya terletak pada pantainya saja, namun juga keindahan bawah laut yang cocok untuk tempat snorkeling.

Snorkeling merupakan aktivitas sekaligus olahraga renang yang dilakukan di bawah laut sembari menikmati keindahan ekosistem bawah laut yang ada. Tahukah kamu, ternyata snorkeling memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Berikut ini adalah manfaat yang bisa kamu rasakan jika gemar olahraga snorkeling.

 

1. Menyehatkan Tubuh

Tentu kita sudah banyak tahu tentang manfaat berenang bagi tubuh seperti untuk meningkatkan kerja jantung, menurunkan kadar diabetes, menurunkan berat badan, mengencangkan otot dan tulang serta sebagai sarana untuk olah nafas yang baik.

Tidak jauh berbeda dengan manfaat berenang, snorkeling pun juga memiliki manfaat demikian karena pada dasarnya snorkeling merupakan aktivitas berenang yang dilakukan di lautan. Area yang cukup luas akan membantu kita untuk membakar kalori hingga 600 kalori bila kita menghabiskan setidaknya 5 jam lebih di dalam air. Pembakaran kalori ini akan memberikan dampak pada berat badan yang akan ikut turun dikarenakan lemak yang ada di bawah kulit mulai terbakar.

Baca juga: Suka Olahraga Air? Yuk Eksplorasi Lebih Jauh Olahraga Flowboarding

Gerakan-gerakan saat snorkeling juga akan membantu melenturkan sendi sehingga kita dapat menjaga tubuh agar tetap ideal dan tidak bungkuk. Bukan hanya itu selama kita menyelam kita akan melatih pernafasan sehingga akan berdampak pada kerja jantung.

Selain itu, tumbuhan bawah laut juga banyak menghasilkan oksigen sehingga akan membantu kita agar peredaran oksigen dalam tubuh bisa lancar. Saat snorkeling kita juga akan terpapar sinar matahari yang banyak mengandung vitamin D yang berfungsi untuk menurunkan resiko kanker.

 

2. Sarana Rekreasi

 

Keindahan karang dan biota laut yang ada bisa menjadi pemandangan yang menakjubkan bagi para penyelam. Keindahan ini bisa memberikan efek tenang dan bahagia yang bisa membantu menenangkan pikiran kita. Kita dapat sekaligus belajar tentang hewan-hewan laut secara langsung.

Kita bisa berfoto di bawah air dengan ditemani ikan-ikan cantik dan indahnya karang yang tersusun rapi. Serunya snorkeling bisa menjadi pilihan saat liburan yang tepat. Kita bisa lakukan sendiri maupun bersama teman-teman. Dengan snorkeling maka hati kita akan menjadi lebih bahagia dan pikiran menjadi lebih tenang.

 

3. Menjaga Kelestarian Bahari

Tak dipungkiri bahwa di zaman modern ini alam bawah laut kita sudah banyak tercemar terutama karena eksploitasi lautan yang membabi buta, baik untuk diambil ikannya atau kekayaan bawah laut seperti migas nya. Hasilnya, banyak terumbu karang yang rusak sehingga banyak ikan yang ikut mati karena tidak ada tempat untuk berlindung.

Baca juga: Olahraga Air Ini Patut Kamu Coba!

Bukan hanya itu, banyak nelayan yang menggunakan pukat harimau untuk mengambil ikan sehingga ikan-ikan kecil yang ada ikut punah karena ikut terjaring. Belum lagi jika ikan tersebut diambil dengan cara diracun besar atau dengan sebuah ledakan, maka semua ekosistem yang ada juga ikut mati.

Dengan snorkeling, kita akan mengetahui beberapa lokasi yang mungkin rusak sehingga kita dapat mengatasinya dengan menambahkan batu karang buatan untuk menggantikan batu karang yang rusak. Namun perlu diingat agar lingkungan tidak rusak maka kita perlu mengerti teknik berenang yang baik agar tidak ikut merusak karena menginjaknya saat berada di dalam air.

Keindahan bawah laut ini bisa digunakan sebagai ide untuk membuat sebuah wahana air. Kolam renang bisa didesain dengan kedalaman tertentu dengan hiasan bebatuan dan karang-karang buatan serta beberapa ikan yang dimasukkan.

Tambahkan beberapa tanaman air yang cocok ditanam di dasar kolam. Untuk menambah kesan alami, maka bisa menambahkan pasir untuk dasaran kolam renang, bisa pasir hitam atau putih sesuai keinginan dan tema yang digunakan.

Air yang digunakan harus selalu bersih dan dikuras serta diganti dengan yang baru, Anda bisa menggunakan pompa air Shimizu sumur dalam tipe PC-260 BIT yang memiliki panjang pipa hisap 30 meter dengan daya dorong maksimal hingga 60 meter. Tipe ini mampu menyediakan debit air bersih hingga 30 liter per menit pada head 24 meter. Shimizu, Bintangnya Pompa Air!

Source gambar: gocamera, tamgiangecotour, adventures, olympus-tours, shimizu

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password