Manfaat Olahraga Ketika Sedang Menjalani Ibadah Puasa

manfaat olahraga saat berpuasa

Planetolahraga.com – Sebagian orang berpikir bahwa berolahraga saat beribadah puasa adalah hal yang sangat menyiksa diri. Namun sejatinya berolahraga saat melakukan ibadah puasa sangatlah baik bagi kesehatan tubuh. Adapun manfaat-manfaat yang dapat Anda rasakan setelah melakukan olahraga di tengah ibadah puasa adalah sebagai berikut.

1. Sistem Pencernaan Lancar

Sumber: butterkicap .com

Manfaat pertama yang akan Anda dapatkan jika berolahraga saat menjalankan ibadah puasa adalah memperlancar saluran pencernaan. Saat berpuasa, sistem pencernaan akan beristirahat selama beberapa jam sehingga racun yang berada di dalam tubuh akan terdetoksifikasi secara maksimal.

Dengan melakukan olahraga yang tepat, proses pembuangan racun dari dalam tubuh akan berjalan lebih maksimal dan tentunya akan menjadikan tubuh lebih sehat serta bugar. Keluhan masalah-masalah pada sistem pencernaan pun perlahan akan menghilang karena sistem pencernaan menjadi lebih kuat dibandingkan dengan kondisi sebelum berpuasa dan berolahraga.

Baca juga: Ingin Tetap Olahraga Meski Puasa? Ini Tipsnya!

 

2. Menurunkan Berat Badan

Sumber: mavcure .com

Bagi Anda yang sedang menjalani program penurunan berat badan, melakukan olahraga saat Anda sedang berpuasa adalah hal yang tepat untuk dilakukan. Saat berpuasa, metabolisme tubuh akan meningkat begitu juga dengan proses pembakaran lemak. Namun, perlu diingat bahwa olahraga yang dilakukan haruslah olahraga yang berintensitas ringan sampai dengan sedang.

Jika Anda memaksakan diri untuk melakukan aktivitas olahraga dengan intensitas yang berat, dikhawatirkan tubuh Anda akan mengalami kekurangan cairan (dehidrasi). Lakukanlah olahraga secukupnya saja dan imbangi mengonsumsi makanan sehat yang kaya akan serat, vitamin, juga mineral. Jangan lupa pastikan Anda memiliki waktu istirahat yang cukup.

 

3. Meningkatkan Stamina dan Daya Tahan Tubuh

Sumber: dokterlia .com

Berolahraga saat melakukan ibadah puasa juga memiliki manfaat meningkatkan stamina dan daya tahan tubuh. Hal ini disebabkan adanya proses pembuangan racun yang selama ini mengendap di dalam tubuh. Setelah racun dikeluarkan dari dalam tubuh, tentunya kerja organ dalam tubuh akan lebih ringan. Tubuh Anda yang tadinya sering merasa kelelahan, berangsur-angsur akan membaik. Stamina dan daya tahan tubuh pun akan mengalami peningkatan yang signifikan.

 

4. Menghilangkan Stres

Sumber: wallpapers-web .com

Salah satu manfaat melakukan olahraga saat menjalankan ibadah puasa adalah mengurangi atau bahkan menghilangkan rasa stres yang selama ini membebani. Melakukan olahraga atau kegiatan fisik selama berpuasa akan menurunkan kadar hormon kortisol dan epineprin di dalam tubuh. Kedua hormon tersebut merupakan hormon depresan yang merupakan pencetus stres yang muncul pada tubuh seseorang.

Baca juga: Waktu Terbaik Untuk Lakukan Olahraga Selama Bulan Puasa

Stres yang muncul bukan hanya terkait dengan pikiran, melainkan juga dengan kondisi fisik. Untuk itu, sejatinya tubuh manusia membutuhkan latihan fisik seperti berolahraga agar dapat menurunkan kadar stres dan meningkatkan rasa percaya diri. Akibatnya tubuh Anda akan lebih kuat dalam menerima tekanan baik berupa tekanan fisik maupun psikis.

Sudah menjadi rahasia umum bahwa dengan berolahraga, tubuh Anda akan menerima manfaat berupa meningkatnya kesehatan dan kebugaran tubuh. Untuk mengimbangi kegiatan olahraga di bulan puasa, diperlukan asupan nutrisi yang baik bagi tubuh. Semisal nutrisi berupa omega 3, 6, dan 9 yang sangat baik untuk meningkatkan kandungan kolesterol baik dalam tubuh.

Ketiga nutrisi tersebut berguna untuk merawat aliran darah tetap sehat dan lancar ke seluruh bagian tubuh. Aliran darah yang lancar dan sehat, akan membuat tubuh lebih fit dan penuh stamina. Maka jangan sungkan untuk mengonsumsi kelima nutrisi asam lemak tersebut secara rutin dari bahan makanan alami. Semisal minyak biji blackcurrant, flaxseed, dan ikan salmon.

Bila sumber bahan makanan bernutrisi tersebut sulit diperoleh, cobalah menggantinya dengan suplemen makanan Omepros. Omepros merangkum semua nutrisi tersebut dalam kapsul produknya sehingga dapat mencukupi kebutuhan tubuh akan omega 3, 6, 9, DHA, EPA, dan vitamin E.
Omepros, balancing your life!

Sumber featured image: divabeauty .id

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password