Melakukan Olahraga Lari Bagi Orang Gemuk, Ini 3 Manfaat Luar Biasa yang Bisa Didapat

manfaat olahraga lari bagi orang gemuk

Planetolahraga.com – Lari merupakan salah satu olahraga yang digemari banyak orang, karena selain menyehatkan juga bisa menurunkan berat badan secara cepat. Namun hal tersebut berbeda dengan perspektif orang gemuk, dimana mereka ragu untuk melakukannya karena takut tidak seimbang saat lari dan berakhir dengan mudah jatuh. Padahal risiko tidak seimbang juga bisa terjadi pada orang yang mempunyai badan kurus loh.

Melakukan olahraga lari sangat bagus jika dilakukan oleh orang berbadan gemuk, apalagi jika dilakukan secara rutin bisa menurunkan berat badan yang berlebih. Selain itu terdapat pula banyak manfaat yang dihasilkan dari olahraga lari. Apa saja? Yuk simak 3 manfaat luar biasa melakukan olahraga lari bagi orang gemuk berikut.

Manfaat Luar Biasa Melakukan Olahraga Lari Bagi Orang Gemuk

Berikut adalah 3 manfaat luar biasa melakukan olahraga lari bagi orang gemuk yang wajib Anda ketahui, antara lain:

 

1. Sehat dan Mudah Dilakukan

Manfaat luar biasa melakukan olahraga lari bagi orang gemuk yang pertama adalah menyehatkan dan juga mudah dilakukan. Lari tidak membutuhkan alat khusus seperti olahraga lainnya, bisa dilakukan dimana saja bahkan di dalam atau halaman rumah loh. Hal yang perlu disiapkan hanya latihan pemanasan yang tepat, sebuah handuk untuk menyeka keringat dan juga air minum untuk mencegah tubuh agar tidak dehidrasi.

Baca juga: Kesalahan Olahraga Kardio yang Bikin Tetap Gemuk

Lari yang dilakukan secara rutin juga sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung dan menstabilkan tekanan darah, sehingga bisa mengurangi risiko obesitas yang sering terjadi pada orang berbadan gemuk. Apabila dibiarkan dan tidak dilakukan penanganan yang lebih lanjut, obesitas bahkan bisa menyebabkan kematian.

Maka dari itu, melakukan olahraga lari sangat bagus bagi orang berbadan gemuk untuk menjaga kesehatannya, terutama pula untuk menghindarkan diri dari berbagai masalah tulang seperti nyeri lutut maupun radang sendi.

 

2. Membangun Kepercayaan Diri

Sebagian besar orang gemuk merasa risih dan tidak percaya diri untuk berolahraga lari karena takut menarik perhatian orang di sekitarnya. Apalagi bagi seorang wanita penampilan merupakan segalanya, jadi tidak menutup kemungkinan bahwa olahraga lari bisa membuatnya semakin malu dengan tubuh yang dimiliki. Padahal lari sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Dengan berlari, maka akan banyak kalori yang terbakar dari tubuh, termasuk lemak tubuh yang berlebihan. Hal ini tentunya sangat bagus untuk menurunkan berat badan sekaligus memperlancar program diet yang sedang dilakukan. Semakin baik hasil yang diperoleh dari berolahraga lari, pastinya akan membuat Anda lebih percaya diri lagi bukan?

 

3. Meningkatkan Kekuatan Mental

Orang bertubuh gemuk biasanya cenderung lebih khawatir terhadap pikiran-pikiran buruk mengenai penyakit yang rentan terjadi pada dirinya. Apalagi dengan bertubuh gemuk membuatnya sering dikira sebagai pemalas ataupun tidak bisa merawat diri, tentunya hal tersebut membuat dirinya semakin bernyali ciut bukan?

Baca juga: Tips Olahraga Lari Supaya Tidak Mengalami Cedera

Maka dari itu, manfaat luar biasa melakukan olahraga lari bagi orang gemuk yang selanjutnya adalah dapat meningkatkan kekuatan mental. Saat berlari, maka pikiran jadi jauh lebih positif dan cocok sebagai cara membangun kekuatan mental bagi diri sendiri.

Itulah 3 manfaat luar biasa melakukan olahraga lari bagi orang gemuk yang wajib Anda ketahui. Jadi, masih ragu untuk melakukan olahraga lari? Selain menyehatkan, ternyata lari juga mampu menurunkan berat badan anda secara signifikan loh. Imbangi pula dengan pola hidup dan makan yang sehat untuk membantu proses metabolisme jauh lebih lancar. Semoga bermanfaat.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password