Manfaat Olahraga Golf untuk Kesehatan yang Harus Anda Tahu

manfaat olahraga golf

Planetolahraga.com – Masih banyak orang yang tidak percaya apakah golf termasuk olahraga atau hanya permainan saja. Mengingat seperti yang kita ketahui, saat bermain golf kadang para pemainnya setelah melakukan pukulan mereka lebih memilih menaiki mobil golf untuk menuju bola yang telah mereka pukul. Di satu sisi golf memang bukan merupakan olahraga yang menghabiskan banyak tenaga, di karenakan gerakan yang di lakukan hanya berfokus pada teknik memukul bola.

Tetapi hal ini akan berbeda jika seorang pemain golf lebih memilih berjalan kaki untuk  menuju bola yang telah ia pukul. Meskipun tidak mengeluarkan banyak tenaga, tetapi manfaat olahraga golf untuk kesehatan sangat baik. Berikut ini adalah beberapa manfaat yang bisa di dapat bagi anda yang rutin melakukan olahraga golf.

Ketahui Manfaat Olahraga Golf untuk Kesehatan yang Harus Anda Tahu

 

1. Melatih fokus

Untuk memukul bola golf agar dapat masuk kedalam lubang atau hole, tentunya di butuhkan konsentrasi tinggi. Hal ini akan melatih anda fokus dan sabar untuk menyelesaikan satu putaran atau satu pukulan dengan tepat untuk dapat jatuh tepat atau mendekati lubang sasaran. Hal ini sangat bermanfaat bagi kesehatan jiwa dan ketenangan berpikir terutama saat berada dalam lingkungan kerja

Baca juga: Olahraga Golf Penuh Dengan Segudang Perlengkapan dan Peralatan

 

2. Menghindari resiko stres

Golf dapat dikategorikan olahraga bagi kalangan atas mengingat mahalnya peralatan dan harga tiket masuk untuk bermain. Namun tahukah anda bahwa golf ternyata dapat membantu anda menghilangkan pikiran yang tertekan karena rutinitas sehari-hari. Hal ini dikarenakan lokasi bermain golf yang selalu di dominasi dengan rerumputan hijau dan pemandangan alam yang masih alami. Pemandangan yang indah seperti ini dapat memperbaiki mood anda dari tekanan sehari-hari. Bermain golf berarti anda bisa menyeimbangkan jiwa dari keadaan yang anda alami.

 

3. Membakar Kalori

Manfaat olahraga golf yang selanjutnya adalah juga dapat membakar kalori. Tetapi untuk memaksimalkan hal ini, seorang pegolf harus berjalan kaki dan menghindari menggunakan mobil golf yang telah disediakan untuk menghampiri bola yang sudah dipukul sebelumnya. Karena jarak antara lubang satu dengan lubang yang lainnya cukup jauh, bisa anda bayangkan ketika seorang pe-golf berjalan kaki menyusuri lapangan tersebut. Hal tersebut pasti akan cukup untuk membakar lemak yang ada dalam tubuh. Bahkan pada beberapa penelitian mengatakan seorang pegolf yang mau berjalan kaki setidaknya mereka akan membakar 700 kalori dalam tubuh mereka. Jadi pikirkan lagi untuk menggunakan mobil golf ketika anda dapat membakar banyak kalori dalam tubuh anda.

 

4. Melatih fisik

Dan manfaat olahraga golf untuk kesehatan yang terakhir adalah dapat melatih fisik. Apakah anda menyukai olahraga golf? Mulai sekarang hindari menggunakan mobil golf. Golf dapat melatih fisik di karenakan olahraga golf banyak dilakukan di daerah yang berbukit. Pada saat anda mengambil bola yang telah anda pukul dengan berjalan melewati bukit-bukit tersebut anda akan melatih fisik anda. Hal ini karena saat berjalan melewati daerah yang menanjak akan membutuhkan tenaga yang lebih dari pada anda melewati daerah yang relatif datar.

Baca juga: 4 Peralatan Golf untuk Pemula yang Perlu Anda Persiapkan

Golf memang merupakan olah raga kalangan berkelas, meskipun tampaknya tidak memakan banyak tenaga saat melakukannya, tetapi masih banyak manfaat lain yang dapat anda nikmati. Tidak ada salahnya ketika anda lebih memilih bermain golf dari pada olahraga yang lainnya yang banyak memakan tenaga. Tetapi memaksimalkan kondisi saat bermain golf dengan memilih jalan kaki untuk kesehatan juga tidak ada salahnya. Masih ragu soal manfaat melakukan olahraga golf?

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password