6 Manfaat Bersepeda Bagi Kesehatan yang Tidak Banyak Orang Tahu

6 Manfaat Bersepeda Bagi Kesehatan yang Tidak Banyak Orang Tahu

PlanetOlahraga – Bersepeda menjadi salah satu aktivitas olahraga yang banyak diremehkan oleh kebanyakan orang. Padahal jika diteliti lebih dalam lagi, ada banyak sekali manfaat bersepeda bagi kesehatan. Bahkan dengan bersepeda secara rutin akan mencegah seseorang terserang penyakit mengerikan seperti penyakit jantung dan kanker. Selain kedua manfaat tersebut, masih banyak lagi manfaat dari bersepeda.

Melihat manfaatnya yang sangat luar biasa ini, rasanya harus menjadi sebuah kewajiban bagi kita agar meluangkan waktu untuk bersepeda. Minimal kita melakukannya seminggu sekali, dan agar lebih menyenangkan bersepedalah pada saat car free day. Mengenai manfaat bersepeda bagi kesehatan, bisa disimak pada ulasan berikut ini.

6 Manfaat Bersepeda Bagi Kesehatan yang Tidak Banyak Orang Tahu

Baik untuk program penurunan berat badan

6 Manfaat Bersepeda Bagi Kesehatan yang Tidak Banyak Orang Tahu

Apakah kamu salah satu orang yang sangat susah mendapatkan berat badan ideal, meskipun sudah melakukan banyak cara? Jika memang iya, cobalah untuk rutin melakukan olahraga bersepeda. Bersepeda akan mampu membakar lemak dengan lebih cepat. Selain itu, dengan bersepeda juga akan membangun otot serta meningkatkan metabolisme tubuh.

Untuk lebih memaksimalkan program penurunan berat badan, aktivitas bersepeda juga bisa dikombinasikan dengan pola makan yang sehat. Bahkan dalam suatu studi sudah dibuktikan kalau aktivitas bersepeda selama kurang lebih setengah jam per hari, akan membakar lemak sebanyak 5 kilogram atau lebih dalam hitungan 1 tahun.

Baca juga: Hobi Bersepeda? Berikut Pilihan Sepeda yang Nyaman Buat Kamu!

Mencegah penyakit kanker

6 Manfaat Bersepeda Bagi Kesehatan yang Tidak Banyak Orang Tahu

Kanker masih menjadi salah satu penyakit paling mematikan di dunia. Sudah banyak orang yang maninggal dikarenakan mengidap penyakit satu ini. Tapi ternyata risiko mengidap penyakit kanker bisa diminimalkan dengan cara bersepeda lho. Selain bersepeda, kamu juga harus mengimbanginya dengan pola makan yang sehat agar lebih maksimal menangkal penyakit kanker.

Pada sebuah studi yang dilakukan, seseorang yang memiliki tubuh bugar akan lebih rendah mengidap penyakit kanker paru-paru dan kanker kolorektal. Sementara itu, tubuh bugar bahkan di usia tua salah satu bisa didapatkan dengan cara bersepeda secara rutin.

Mengurangi risiko penyakit jantung

6 Manfaat Bersepeda Bagi Kesehatan yang Tidak Banyak Orang Tahu

Selain penyakit kanker, bersepeda juga memiliki manfaat untuk mencegah risiko penyakit jantung. Pada saat bersepeda, kondisi jantung, sirkulasi darah, dan paru-paru akan dirangsang serta diperbaiki. Melakukan olahraga bersepeda secara rutin akan membuat otot jantung lebih kuat serta menghindarkannya dari masalah penyakit jantung.

Efek ini tidak hanya dirasakan saat muda saja, bahkan juga saat sudah usia tua. Karena itulah, penting sekali untuk rutin melakukan olahraga bersepeda agar tubuh sehat dan terhindari dari penyakit jantung.

Menghilangkan stres

6 Manfaat Bersepeda Bagi Kesehatan yang Tidak Banyak Orang Tahu

Manfaat bersepeda selanjutnya adalah mampu meredakan stres dan mengubah pikiran menjadi lebih tenang dan santai. Ini karena saat melakukan aktivitas bersepeda, hal tersebut akan merangsang tubuh untuk memproduksi hormon dopamin. Hormon dopamin ini sendiri adalah salah satu hormon yang mampu membangkitkan rasa bahagia bagi seseorang. Ketika kamu merasa pikiran buntu dan butuh hiburan, cobalah untuk bersepeda dan berkeliling kompleks atau persawahan agar pikiran kembali tenang.

Baca juga: Bersepeda Jadi Olahraga Pilihan Para Pembalap F1! Apa Penyebabnya?

Mencegah penyakit diabetes

6 Manfaat Bersepeda Bagi Kesehatan yang Tidak Banyak Orang Tahu

Diabetes menjadi salah satu kondisi yang paling banyak diderita oleh masyarakat kita. Penyebab dari terkena diabetes ini sendiri salah satunya adalah kurangnya aktivitas fisik. Cobalah untuk bersepeda setidaknya setengah jam per hari agar terhindar dari risiko terkena diabetes.

Hal ini sudah dibuktikan oleh sebuah studi yang dilakukan di Finlandia, dimana seseorang yang rutin bersepeda lebih dari 30 menit perhari akan lebih rendah mengidap diabetes. Masih mau menyepelekan aktivitas bersepeda?

Itu tadi beberapa manfaat bersepeda bagi kesehatan yang harus kamu tahu. Mulai sekarang, lakukan aktivitas bersepeda secara rutin agar bisa mendapatkan manfaat luar biasa darinya.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password