Bukan Aktivitas Sembarangan! Berjalan Kaki di Dalam Air Ternyata Ada Manfaatnya!

Manfaat Berjalan di Dalam Air atau Di Kolam Renang - PlanetOlahraga.com

PlanetOlahraga.com – Bagi Anda yang kurang menyukai olahraga renang, atau bahkan Anda tidak bisa berenang, jangan khawatir! Anda perlu mencoba berjalan di dalam kolam renang, yang ternyata tak kalah memberikan manfaat bagi kesehatan Anda. Apa saja manfaat berjalan kaki di dalam air atau di kolam renang? Yuk cari tahu!

Manfaat Berjalan Kaki di Dalam Air atau Di Kolam Renang

Manfaat Berjalan Kaki di Dalam Air atau Di Kolam Renang - PlanetOlahraga.com 1

  1. Bermanfaat untuk permasalahan sendi, otot, tulang, dan cidera

Lori Sherlock, seorang asisten dosen dari West Virginia University di Amerika Serikat mengatakan bahwa berjalan di air adalah terapi dan latihan yang baik untuk orang yang mengalami nyeri sendi atau mengalami kerusakan sendi. Orang yang memiliki keterbatasan pergerakan, baru pulih dari cidera, atau yang sedang terapi menggerakan otot-otot bagian kaki olahraga berjalan di dalam air perlu dicoba lho! Bagi Anda yang memiliki masalah tulang dan membutuhkan olahraga low impact juga biss mencoba olahraga sederhana ini.

  1. Bermanfaat untuk jantung

Manfaat berjalan kaki di air juga dapat meningkatkan kebugaran jantung dan pembuluh darah seperti manfaat berjalan kaki biasa di darat. Bedanya, saat Anda berjalan di air Anda akan membutuhkan lebih banyak energi untuk melawan tekanan air. Sehingga jantung Anda pun akan dilatih lebih keras untuk menyalurkan oksigen ke seluruh tubuh.

  1. Melatih keseimbangan tubuh

Berjalan di air juga melatih keseimbangan tubuh Anda lho. Saat Anda berusaha berjalan di dalam air, air kolam pasti tidak akan diam. Akan ada ombak yang membuat badan Anda bisa terbawa ke samping kanan maupun kiri. Di posisi inilah dibutuhkan kekuatan menahan dan juga mengatur keseimbangan tubuh agar terus bergerak menuju tujuan Anda.

  1. Bermanfaat untuk membakar kalori

Manfaat berjalan kaki di dalam air yang tidak kalah penting adalah membakar kalori lebih banyak dibandingkan jalan kaki di darat. Berjalan di dalam air membutuhkan usaha yang lebih besar daripada berjalan di darat. Kondisi ini tentunya membuat kalori Anda terbakar lebih banyak pula. Bagi Anda yang ingin membakar kalori dengan olahraga air, tapi belum bisa berenang, Anda bisa memulai latihan dengan jalan kaki di dalam air ini.

Anda tertarik mencobanya? Sebelum pergi berenang, pastikan Anda memilih area kolam renang yang nyaman dan bersih. Kenyamanan dan kebersihan lingkungan akan mempengaruhi kualitas olahraha Anda lho. Anda dapat mencari referensi kolam renang dari berbagai sumber. Setelah Anda menentukan kolam renang yang akan Anda kunjungi, jangan lupa menyiapkan berbagai perlengkapan renang dan bekal tentunya. Jangan sampai ada yang tertinggal, Anda bisa memasukkan berbagai perlengkapan dan bekal berenang Anda ke dalam bagasi mobil. Bagi Anda yang selama ini mengeluh karena ruang dan bagasi mobil Anda terasa sempit, mungkin Anda perlu mengecek varian All New Toyota Fortuner. Banyak keunggulan dan kelebihan yang bisa Anda dapatkan lho!

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password