Macam-Macam Olahraga Atletik yang Diperlombakan

Macam-Macam Olahraga Atletik yang Diperlombakan

PlanetOlahraga – Ada banyak cabang olahraga yang biasanya diperlombakan dalam suatu ajang. Misalnya saja kalau di Asia adalah ajang Asian Games, yang mana baru-baru ini Indonesia menjadi tuan rumahnya. Dari satu cabang olahraga, terdapat pula beberapa sub cabang yang diperlombakan. Dan untuk yang akan dibahas kali ini adalah macam-macam olahraga ateltik.

Olahraga atletik umumnya terdiri dari kategori yakni lari, lompat, loncat, lempar, dan tolak. Dari masing-masing kategori tersebut nantinya masih dibagi lagi menjadi beberapa cabang. Untuk mengetahui informasi selengkapnya bisa kamu simak pada ulasan di bawah ini.

Macam-Macam Olahraga Atletik yang Diperlombakan

Berbicara mengenai macam-macam olahraga atletik, mungkin yang paling banyak dikenal adalah cabang lari. Olahraga lari cukup populer dan memiliki peminat yang cukup banyak di tanah air. Selain lari, masih ada banyak lagi cabang olahraga atletik yang biasanya diperlombakan, antara lain:

Cabang Lari

Macam-Macam Olahraga Atletik yang Diperlombakan

Seperti yang dijelaskan di atas, cabang olahraga lari ini menjadi yang paling banyak diminati. Cabang lari sendiri dibagi lagi menjadi 5 jenis, yakni lari jarak pendek, lari jarak menengah, lari jarak jauh, lari halang rintang dan lari estafet.

  • Lari jarak pendek: Cabang lari yang mengandalkan kecepatan tinggi dan kekuatan kaki. Terdiri dari 3 nomor yang diperlombakan, mulai dari jarak 100 meter, 200 meter dan 400 meter.
  • Lari jarak menengah: Cabang lari yang tidak hanya mengandalkan kecepatan tapi juga ketahanan tubuh. Startnya dengan cara berdiri dengan kaki menapak ball hell-ball. Jaraknya sekitar 800 meter hingga 1500 meter.
  • Lari jarak jauh: Cabang lari yang mengandalkan kekuatan tubuh dan juga kecepatan. Karena jaraknya yang jauh, siasatnya adalah gerakan ayunan kaki dan tangan dilakukan beriringan dan lutut diangkat rendah serta langkah kaki lebih kecil.
  • Lari halang rintang: Cabang lari satu ini mengharuskan atletnya untuk berlari sambil menghindari halang rintang yang disediakan seperti, gawang atau air dengan gawang di depannya.
  • Lari estafet: Cabang lari yang dilakukan oleh regu dengan jumlah sebanyak 4 orang. Keempat pelari berada di post masing-masing dan berlari secara bergantian dengan membawa tongkat.

Cabang Lompat

Macam-Macam Olahraga Atletik yang Diperlombakan

Selain lari, cabang olahraga yang masuk ke dalam macam-macam olahraga atletik adalah kategori lompat. Ada 4 jenis olahraga yang masuk dalam cabang lompat ini, yakni lompat tinggi, lompat galah, dan juga lompat jauh.

Baca juga: Lalu Muhammad Zohri, Pelari Muda Indonesia yang Jadi Juara Dunia Atletik U-20 di Finlandia

Cabang Loncat

Macam-Macam Olahraga Atletik yang Diperlombakan

Selanjutnya adalah kategori loncat yang juga biasanya diperlombakan dalam ajang olahraga. Cabang loncat dilakukan dengan berlari dan meloncat yang diakhiri dengan pendaratan dua kaki serta juga arahnya difokuskan ke depan. Beberapa teknik yang harus dikuasai adalah teknik kaki lompat tunggal, double-kaki berlari dan variasi dari keduanya. Salah satu jenis olahraga dari kategori ini adalah loncat jauh.

Cabang Lempar

Macam-Macam Olahraga Atletik yang Diperlombakan

Untuk cabang yang satu ini mungkin tidak terlalu populer dengan cabang yang sudah disebutkan sebelumnya. Sama seperti cabang sebelumnya, cabang ini juga diklarifikasikan menjadi 2 jenis yakni lempar cakram dan lempar lembing. Keduanya dibedakan dari alat yang dilemparkan untuk nantinya bisa mendapatkan nilai.

Untuk lempar cakram sendiri memanfaatkan cakram sebagai alat yang dilempar oleh atlet. Cakram ini sendiri memiliki ukuran garis tengah 220mm dan juga memiliki berat 1 kg untuk atlet wanita serta 2 kg untuk atlet pria.

Baca juga: Tips dan Cara Melempar Lembing yang Benar

Cabang Tolak

Macam-Macam Olahraga Atletik yang Diperlombakan

Dan yang terakhir adalah cabang tolak yang juga masuk dalam macam-macam olahraga atletik. Dalam hal ini jenis olahraga yang diperlombakan adalah tolak peluru, yang mana dalam permainannya memanfaatkan peluru besi dengan berat yang bervariasi. Sang atlet diharuskan untuk melemparkan dengan cara menolak sejauh mungkin untuk mendapatkan nilai tertinggi. Peluru besi yang digunakan memiliki berat 3 kg, 4 kg, 5 kg, dan juga 7 kg.

Itulah tadi macam-macam olahraga atletik yang diperlombakan harus kamu tahu. Semoga informasi di atas bermanfaat.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password