Macam-macam Gaya Renang yang Diperlombakan

Macam-macam Gaya Renang yang Diperlombakan

PlanetOlahraga.com – Renang merupakan gerakan yang dilakukan di dalam air. Kegiatan ini juga bisa digunakan untuk rekreasi maupun olahraga. Berenang juga bisa dilakukan di kolam renang, danau, laut, sungai dan tempat lainnya. Dengan berenang akan membuat tubuh Anda menjadi sehat, karena hampir semua jenis otot yang terdapat di dalam tubuh semua digunakan saat berenang.

Berenang tidak hanya dilakukan untuk rekreasi maupun olahraga, namun juga seringkali diperlombakan, baik pada tingkat nasional maupun internasional. Untuk mengetahui lebih jelasnya, yuk simak ulasan mengenai macam-macam gaya renang yang diperlombakan.

Macam-macam Gaya Renang yang Diperlombakan

Gaya renang merupakan cara melakukan gerakan lengan dan gerakan kaki sehingga memungkinkan orang yang melakukan gerakan akan bergerak maju saat berada di dalam air. Kita juga dapat berenang hanya dengan menggerakkan kaki, tanpa perlu untuk menggerakkan tangan atau hanya menggerakkan tangan tanpa harus menggerakkan kaki. Namun, cara tersebut sangatlah tidak diperkenankan.

Macam-macam gaya renang yang diperlombakan adalah gaya bebas, gaya dada, gaya punggung dan gaya kupu-kupu. Di dalam perlombaan terdapat istilah yang mengacu pada urutan gaya renang yang harus digunakan. Dalam urutan perenang untuk gaya ganti perorangan dimulai dari gaya kupu-kupu, dilanjutkan oleh gaya punggung, dan dikuti oleh gaya dada dan diakhiri dengan renang gaya bebas. Berikut adalah ulasan lengkapnya, antara lain:

1. Gaya dada

Macam-macam Gaya Renang yang Diperlombakan

Macam-macam gaya renang yang diperlombakan diantaranya adalah gaya dada. Gaya dada merupakan gaya yang paling popoler, yaitu posisi tubuh stabil dan kepala bisa keluar dari air dalam waktu yang cukup lama. Biasanya gaya ini juga disebut dengan gaya katak. Berenang dengan gaya dada merupakan berenang yang paling lambat. Untuk pemula, seorang perenang biasanya belajar gaya dada dan gaya bebas terlebih dahulu.

Untuk posisinya sendiri, dada diusahakan untuk menghadap pada permukaan air. Kedua kaki tendangkan ke luar dan kedua tangan diluruskan ke depan serta dibuka ke samping, yaitu seperti gerakan untuk melalui air dengan memajukan posisi tubuh ke depan. Pernapasan dilakukan saat posisi kepala berada dipermukaan air, dimana setelah gerakan satu kali dari tangan dan kaki.

Baca juga: Teknik Renang Gaya Dada untuk Pemula yang Benar

2. Gaya bebas

Macam-macam Gaya Renang yang Diperlombakan

Salah satu macam-macam gaya renang yang diperlombakan yaitu gaya bebas. Gaya bebas merupakan berenang dengan posisi dada menghadap ke air dan posisi kedua tangan bergerak secara bergantian dengan gerakan mengayuh, sedangkan untuk posisi dua kaki secara bergantian dicambukkan terhadap air dan berfluktuasi naik turun.

Untuk posisi kepala, perenang gaya bebas menghadapkan wajahnya ke permukaan air. Dengan berenang gaya bebas, pernapasan bisa dilakukan saat salah satu lengan di keluarkan dari air, pada saat tubuh menjadi miring, dan posisi kepala menghadap kesamping.

3. Gaya Punggung

Macam-macam Gaya Renang yang Diperlombakan

Macam-macam gaya renang yang diperlombakan selanjutnya adalah gaya punggung. Gaya punggung merupakan berenang dengan posisi tubuh telentang di dalam air. Untuk posisinya sendiri, kedua tangan secara bergantian bergerak menuju pinggang dengan gerakan menggayuh. Pernapasan dilakukan saat mulut dan hidung keluar dari air.

Baca juga: Perlengkapan Olahraga Renang yang Perlu Anda Punya

4. Gaya kupu-kupu

Macam-macam Gaya Renang yang Diperlombakan

Gaya kupu-kupu merupakan salah satu macam-macam gaya renang yang diperlombakan. Perenang dengan gaya ini biasa disebut juga dengan gaya lumba-lumba, yaitu gaya renang dengan posisi dada menghadap pada permukaan air.

Pada gaya ini posisi lengan secara bersama-sama ditekan ke bawah dan beralih ke luar sebelum berayun ke depan. Sedangkan untuk posisi kedua kaki secara bersama-sama menendang kearah bawah seperti halnya gerakan yang dikaukan oleh sirip ekor ikan. Untuk gaya renang ini pernapasan dilakukan melalui mulut saat kepala berada di permukaan air.

Demikian ulasan mengenai macam-macam gaya renang yang diperlombakan. Semoga bermanfaat untuk Anda yang sedang mencari referensi mengenai topik tersebut.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password