Langkah Bentuk Otot Sixpack dengan Swissball

Langkah Bentuk Otot Sixpack dengan Swissball

Planetolahraga.com – Swisball atau bola besar biasanya seringkali disediakan di tempat – tempat fitness dan digunakan sebagai alat bantu latihan beberapa pola dalam fitness itu sendiri. Swissball nyatanya sangat berperan penting sebagai alat bantu bahkan swissball juga dapat membentuk perut sixpack pada wanita. Akan tetapi tentu dengan pola latihan yang sesuai.

Untuk Anda yang ingin mendapatkan perut sixpack, Anda bisa coba situp dan berbagai cara fitness lain dengan menggunakan swissball. Bagaimana langkah bentuk otot sixpack dengan swissball? Berikut ini kami berikan informasi pentingnya yang Anda harus tahu!

Langkah Bentuk Otot Sixpack dengan Swissball

 

1. Latihan membentuk otot dengan ball crunch

Langkah Bentuk Otot Sixpack dengan Swissball

Latihan Ball Crunch ini pada hakikatnya sama dengan ketika Anda melakukan crunch pada umumnya. Akan tetapi yang menjadi keuntungan dari melakukan latihan ini adalah tingkat kenyamanan dan keamanan yang Anda dapatkan lebih terjaga. Disini Anda akan lebih terfokus pada kontraksi di bagian otot perut yang akan dilatih.

Teknik melakukannya adalah dengan Anda berbaring di swiss ball kemudian lipat kedua tangan dan letakkan di depan dada. Atur keseimbangan tubuh Anda dengan pijakan kedua kaki yang dibuat secara seimbang. Jika posisinya sudah siap Anda bisa ambil nafas kemudian tekuk perut Anda ke arah depan dengan diikuti membuang nafas ketika saat tubuh menekuk. Setelah itu kembali ke posisi yang semula.

Anda dapat rasakan kontraksi di bagian perut tengah atau di bagian abdomen atas. Cara ini dapat Anda lakukan sebanyak 3 set dengan 15 sampai dengan 25 kali repetisi.

Baca juga: Gaya Yoga Sederhana yang Bisa Bikin Perut Kamu Merata

 

2. Latihan membentuk otot Ball Jacknife

Langkah Bentuk Otot Sixpack dengan Swissball

Ball Jacknife dapat dilakukan dengan mudah. Namun sebelum Anda memulainya perhatikan instruksinya yang diberikan karena sedikit rumit pola latihannya jadi tidak boleh dilakukan secara asal. Tekniknya dalam melakukan Ball Jacknife dengan Anda atur posisi gerakan menelungkupkan tubuh dan sikap kedua tangan Anda menopang tubuh dan kedua kaki kemudian letakkan tepat di atas swiss ballnya.

Dalam posisi ini kekuatan Anda harus terfokuskan pada kedua tangan dan juga pada keseimbangan kaki Anda pada bola. Selanjutnya Anda harus ambil nafas dan tarik bola dengan Anda tekuk lutut. Tahan kemudian sejenak dan buang nafas ketika kaki Anda kembali diluruskan. Gerakan ini selain melatih perut juga dapat melatih otot yang lain seperti kekuatan otot tangan yang terdiri atas bicep, triceps dan juga forearm.

 

3. Latihan membentuk otot Ball Leg Raise

Langkah Bentuk Otot Sixpack dengan Swissball

Latihan bentuk otot sixpack dengan swissball dilakukan dengan Anda membentuk tubuh secara tepat. Caranya untuk memulai Ball Leg Raise adalah dengan Anda rebahkan tubuh di lantai kemudian jepit swiss ball memanfaatkan kedua kaki Anda. Setelah itu  gunakan bola sebagai beban dan tarik sampai di atas.

Baca juga: Latihan Inti Dalam Gerakan Dasar Senam Aerobik

Setelah mencapai posisi atas Anda bisa sambut dengan kedua tangan bersiap mengarahkannya ke bawah atau di arah atas kepala Anda. Setelahnya Anda bisa akhiri 1 gerakan repetisi dengan Anda lakukan pengoperan kembali  bola ke arah kaki dan jepit kemudian taruh ke bawah seperti ketika Anda memulai sebuah gerakan. Anda bisa lakukan gerakan Ball Leg Raise sebanyak 3 set dalam 15 kali repetisi masing-masingnya.

Bagi Anda yang mempersiapkan berbagai alat dan perlengkapan olahraga atau Anda yang ingin membeli alat dan perlengkapan olahraga, Anda bisa temukan di AKULAKU. AKULAKU bekerjasama dengan Aidia Network untuk memberikan diskon up to 700.000 dengan kode promo AIDIA1. Yuk nikmati serunya belanja hanya di AKULAKU. Belanja online? Why not!

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password