Kutukan dalam Piala Dunia yang Anehnya Betul-Betul Terjadi

kutukan dalam piala dunia

Planetolahraga.com – Tidak hanya diwarnai dengan drama, Piala Dunia juga dihadirkan kepada penonton dengan berbagai mitos dan kutukan yang bermunculan. Namun  anehnya, kutukan-kutukan itu seolah memang benar dengan dibuktikan oleh performa pemain dari suatu negara tertentu.

Wah, mengapa bisa begitu ya? Kita simak yuk, kutukan apa saja yang menyertai Piala Dunia di setiap tahunnya.

“Kutukan” dala Piala Dunia yang Terjadi Setiap Tahun

 

1. Negara dari Benua Eropa Tidak Akan Menang di Benua Amerika

694110956.0-2.jpg

Sumber: Barca

 

Negara dari benua Eropa dipercaya tidak akan menang jika Piala Dunia digelar di negara Amerika. Tetapi tampaknya kutukan yang satu ini sudah dipatahkan oleh Jerman yang berhasil menjadi juara Piala Dunia 2014. Kira-kira, apakah negara Amerika juga tidak bisa menang di negara Eropa ya? Mengingat tahun ini hanya negara-negara Eropa saja yang berhasil bertahan di Piala Dunia.

Baca juga: Berlaga di FIFA World Cup 2018, Inilah Menu Makanan Cristiano Ronaldo

 

2. Kiper Brazil Harus Berkulit Putih

barbosa-1-2.jpg

Sumber: Hargo

Dulu sebenarnya Brazil pernah memiliki kiper berkulit hitam, yaitu Moacir Barbosa Nascimento, yang sempat menjadi salah satu kiper terbaik di dunia pada tahun 1940an dan 1950an. Ia dulunya dianggap sebagai pahlawan Brazil, hingga pada Piala Dunia 1950, ia disalahkan oleh rakyat Brazil karena mengantarkan Brazil pada kekalahan saat melawan Uruguay di pertandingan final.

Sejak saat itu, belum pernah ada lagi kiper Brazil yang berkulit putih. Pertandingan Piala Dunia pada tahun 1950 itu juga melahirkan satu kutukan lagi untuk Brazil, yakni Brazil tidak akan pernah menang di tanahnya sendiri. Hal ini kembali dibuktikan pada tahun 2014, ketika Piala Dunia kembali digelar di Brazil dan sang tuan rumah gagal menjadi pemenangnya.

 

3. Juara Piala Konfederasi Tidak Akan Jadi Juara Piala Dunia

sp04jul-Germany-2.jpg

Sumber: The National

Entah mengapa sejak pertama kali digelar, juara Piala Konfederasi tidak pernah bisa menjadi juara di Piala Dunia. Misalnya saja Brazil yang menjadi juara di tahun 1997, 2005, 2009, dan 2013, yang harus gagal menjuarai Piala Dunia yang dihelat satu tahun berikutnya. Begitu juga dengan Prancis dan Jerman.

 

4. Inggris Tidak Akan Pernah Juara Lagi

ray-wilson1.jpg

Sumber: The Independent

Kutukan ini dimulai pada Piala Dunia 1966. Saat itu Jerman dikalahkan oleh Inggris di final Piala Dunia dan merasa dirugikan karena gol dari Inggris dinilai tidak melewati garis gawang. Anehnya, sejak saat itu, Inggris memang tidak pernah menjadi juara lagi.

Baca juga: Inilah Menu Spesial Makan Malam Para Atlet FIFA World Cup 2018

 

5. Pemenang Piala Dunia Sebelumnya Tak Akan Lolos Babak Penyisihan Grup di Piala Dunia Selanjutnya

germany_2014wc-1040x572-1.jpg

Image: Sportsnet

Aneh tapi nyata, ada kutukan yang menyebutkan bahwa pemenang piala dunia di tahun sebelumnya tidak akan menang dua kali, bahkan tidak akan lolos babak penyisihan grup. Kutukan ini dimulai pada tahun 1998, ketika Prancis menjadi juara piala dunia dan gagal lolos fase grup pada Piala Dunia 2002.

Kutukan ini sempat dipatahkan oleh Brazil, juara Piala Dunia 2002, yang ternyata berhasil masuk perempat final Piala Dunia 2006, tetapi kutukan itu dilanjutkan oleh Italia, yang setelah menjadi juara Piala Dunia 2006 tampil sangat buruk dan harus tersisih di fase grup.

Pada tahun 2014, Spanyol yang menjadi juara Piala Dunia 2010 seakan membuktikan kebenaran kutukan ini, dilanjutkan pada tahun 2018, ketika Jerman yang telah menjadi juara di tahun 2014 harus menelan kekalahan pahit dari Korea Selatan.

Nah, itulah 5 kutukan yang sebenarnya tidak masuk akal, tetapi ternyata benar juga. Ingin menonton Piala Dunia dengan gambar yang lebih tajam? Kunjungi saja AKULAKU dan pilih televisi kesukaan kamu. Dapatkan televisi dengan harga yang murah dan berkualitas, dengan DP dan cicilan yang ramah di kantong Anda.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password