Yuk Kenali Cabang Olahraga Loncat Indah pada Gelaran Asian Games 2018! 

loncat indah di Asian Games 2018

Planetolahraga.com – Asian Games 2018 merupakan salah satu event yang paling dinanti oleh bangsa Indonesia. Bagaimana tidak, perhelatan akbar tersebut akan mempertemukan berbagai negara di kawasan Asia. Indonesia sebagai tuan rumah, tentu disibukkan dengan berbagai persiapan guna memastikan kelancaran Asian Games 2018. Banyaknya cabang olahraga yang menarik ini pastinya akan menyedot perhatian masyarakat luas, baik dari dalam maupun luar negeri.

Dari sekian banyaknya cabang yang dipertandingkan, salah satunya adalah olahraga loncat indah. Loncat indah merupakan salah satu cabang olahraga akuatik yang paling menarik perhatian. Perpaduan antara kemampuan akrobatik, seni kelenturan gerak tubuh, dan kekuatan otot para atletnya menjadi pemandangan yang sangat sayang untuk Anda lewatkan.

Pada Asian Games 2018 kali ini, akan ada lima nomor kompetisi untuk masing-masing kategori pria dan wanita, diantaranya: papan 1 m, papan 3 m, menara 10 m, sinkronisasi 3 m, dan sinkronisasi 10 m. Loncat indah sendiri telah diikutsertakan sejak Asian Games pertama di New Delhi tahun 1951. Cina menjadi negara paling mendominasi loncat indah saat memenangkan 70 medali emas sejak Asian Games VII.

Selain sejarahnya yang cukup panjang, tak ada salahnya mengenal beberapa ketentuan khusus yang harus dipenuhi oleh para atlet untuk dapat berlaga di cabor loncat indah. Masing-masing negara pasti memiliki standar tersendiri. Nah, berikut ini kami telah menyiapkan ulasan mengenai ketentuan-ketentuan yang harus diperhatikan oleh para atlet loncat indah, sesuai buku pedoman yang dilansir dari laman resmi Asian Games 2018.

 

1. Lolos Uji Doping

Sumber: 3.bp.blogspot .com

Seperti pada cabang olahraga lainnya, pengawasan ketat juga diterapkan di loncat indah. INASGOC sebagai penyelenggara resmi, akan membentuk satuan investigasi khusus guna memastikan setiap atlet yang berkompetisi bebas dari konsumsi doping. Obat-obatan terlarang yang sesuai standar kesehatan dunia, harus steril dari tubuh atlet. Para peserta loncat indah juga akan melalui tahapan tes medis sebelum melangsungkan pertandingan di Asian Games 2018.

Baca juga: Ini Keterampilan Yang Harus Dimiliki Para Atlet Cabor Panahan di Asian Games 2018

 

2. Perlengkapan dan Pakaian Peserta

Sumber: static.viva .co.id

Sesuai peraturan yang disahkan oleh Asia Swimming Federation, peserta wajib mengenakan pakaian khusus yang telah ditentukan federasi. Para atlet, staf, dan pelatih dari tiap negara, juga diperkenankan menampilkan logo sponsor resmi milik mereka, tanpa harus menunggu persetujuan dari pihak INASGOC. Peserta bisa menampilkan logo sponsor pada pakaian maupun perlengkapan pendukung lainnya.

 

3. Pendaftaran Atlet

Sumber: cdn0-a.production.vidio.static6 .com

Pada Asian Games tahun ini, para partisipan dari tiap negara diperbolehkan untuk mengirimkan delegasi atlet loncat indah maksimal sebanyak 8 atlet putra, dan 8 atlet putri.

 

4. Format Pertandingan

Sumber: sp.beritasatu .com

Para atlet yang telah terdaftar pada Asian Games 2018 ini, akan melalui pertandingan eliminasi pada masing-masing kategori. Dua belas (12) atlet yang berhasil mengumpulkan poin tertinggi, berhak melaju ke partai final sesuai jadwal yang telah ditentukan oleh INASGOC.

Baca juga: Wah! Ini Dia 40 Cabang Olahraga yang Akan Dipertandingkan di Asian Games 2018 

Sejarah panjang cabang olahraga loncat indah di Asian Games 2018 tentu bisa semakin memperkaya wawasan Anda. Bagi Anda yang memfavoritkan cabang olahraga ini dan ingin menyaksikan secara langsung maupun melalui saluran televisi, tentunya harus memastikan bahwa kondisi fisik Anda cukup memadai untuk ikut serta di dalamnya, di samping budget untuk memborong tiket pertandingan.

Menjaga asupan nutrisi dari konsumsi harian Anda dapat menjadi salah satu jalan untuk menyehatkan tubuh Anda. Selain itu, mengikuti jejak para atlet idola Anda dengan rutin berolahraga dan beraktivitas fisik juga bisa menjadi penyeimbang pola hidup sehat. Bagi Anda yang tidak sempat menyuplai berbagai nutrisi yang diperlukan tubuh, tak ada salahnya menambahkan suplemen makanan seperti Omepros dalam daftar kebutuhan Anda.

Omepros tersusun dari bahan-bahan alami seperti minyak biji blackcurrant, flaxseed oil, olive oil, canola oil, dan ekstra salmon yang tentunya membuat Omepros aman dikonsumsi setiap saat. Nutrisi yang terkandung dalam Omepros juga beragam, di antaranya Omega 3, 6, 9, EPA, DHA, dan Vitamin E, yang tentunya bermanfaat bagi tubuh Anda.

Omepros membantu Anda menekan berbagai risiko yang ditimbulkan oleh penimbunan lemak dalam darah dan menangkal radikal bebas yang berkeliaran di sekitar Anda. Yuk, imbangi pola hidup sehat Anda bersama Omepros. Omepros, balancing your life!

Sumber featured image: static.viva. co.id

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password