Yuk Ketahui Tips Bermain Bulu Tangkis untuk Pemula

tips bermain bulu tangkis

Planetolahgraga.com – Bulu tangkis merupakan salah satu olahraga yang cukup populer. Selain karena bisa dilakukan oleh siapa saja, bulu tangkis juga menyehatkan dan membawa kebahagiaan bagi setiap pemainnya. Bulu tangkis pun dapat bermanfaat terutama dalam memperluas interaksi sosial dengan teman-teman. Karena bisa dimainkan berpasangan atau berkelompok.

Tips Bermain Bulu Tangkis untuk Pemula

Nah, untuk kamu yang baru saja ingin mencoba bermain bulu tangkis, sebelum mencoba olaharaga yang satu ini, sebaiknya kamu mengetahui beberapa hal penting bulu tangkis terlebih dahulu, terutama gerakan dan sikap yang perlu dikuasai oleh orang yang ingin memulai mempelajari atau bermain bulu tangkis. Tujuannya tentu agar olahraga yang satu ini dapat dilakukan secara optimal dan memberikan manfaat yang maksimal. Lalu, apa saja teknik dasar dalam bermain bulu tangkis? Simak tips bermain bulu tangkis buat pemula yang dilansir dari laman Master Badminton berikut ini yuk!

 

1. Perhatikan Sikap dalam Bermain Bulu Tangkis

Bagaimana sikap yang benar dalam bermain bulu tangkis? Ternyata caranya mudah, sikap posisi berdiri harus tegak dengan kedua kaki siap menjaga keseimbangan tubuh. Kedua lutut sebaiknya ditekuk dengan kaki dibuka selebar bahu dan diikuti posisi pinggang yang tetap rileks. Posisikan lengan yang akan memegang raket di samping badan senyaman mungkin dan pastikan lengan tetap bisa bergerak bebas.

Jangan lupa untuk memperhatikan aturan-aturan selama permainan berlangsung. Sikap dalam bermain bulu tangkis perlu diperhatikan agar memudahkan dalam melakukan pertahanan dan penyerangan sehingga dapat dilakukan dengan optimal.

Baca juga: Tips Untuk Memperkuat Pukulan Smash Badminton

 

2. Cara Memegang Raket

Ada dua cara memegang raket dalam permainan bulu tangkis yaitu forehand dan backhand. Dua teknik ini biasanya digunakan secara bergantian, tergantung pada situasi dan kondisi permainan. Caranya pegang kepala raket degan tangan lalu geser secara perlahan tangan ke arah bawah raket hingga sampai di area untuk memegang raket. Lalu, cobalah cari posisi ternyaman untuk memegang raket. Tempatkan jari jempol dan telunjuk hingga membentuk huruf V tajam pada pegangan raket. Sebaiknya pegang raket di jari-jari tangan dan bukan di telapak tangan. Ini akan memudahkan ketika memberikan servis hingga smash kepada lawan.

 

3. Teknik Dasar Servis

Ada beberapa teknik servis dasar yang bisa dengan mudah pelajari, di antaranya:

  1. Servis forehand rendah yang biasanya dipakai dalam olahraga bulu tangkis tunggal, dengan mengandalkan jarak pukul yang rendah antara shuttlecock dengan garis net.
  2. Servis forehand tinggi hampir sama dengan servis forehand rendah, hanya saja dibutuhkan tenaga yang lebih besar untuk memukul shuttlecock agar bisa melambung tinggi dan jatuh di belakang garis lawan.
  3. Servis backhand umumnya dipakai dalam olahraga bulu tangkis ganda. Fungsinya untuk menjatuhkan shuttlecock melewati jaring atau garis lawan.
  4. Servis smash pukulan yang dilakukan sebenarnya sama seperti servis biasanya, hanya saja menggunakan ayunan tangan yang sangat kencang karena bertujuan untuk mengecoh lawan.

 

4. Gerakan Kaki

Dalam bermain bulu tangkis, kaki sebaiknya dapat digerakan secara luwes agar memudahkan untuk berpindah posisi. Hal ini karena bulu tangkis merupakan olahraga yang penuh dengan gerakan baik ke depan, ke belakang, ke samping, bahkan lompat tinggi untuk mengembalikan servis shuttelcock pada lawan. Selain itu, kaki juga perlu diatur keseimbangannya karena apabila tidak seimbang maka akan sulit untuk mengendalikan pukulan-pukulan dari lawan yang bertubi-tubi.

Baca juga: Beberapa Fakta Unik Mengenai Bulutangkis

Itulah beberapa tips yang harus kamu lakukan dan pelajari sebelum memulai olahraga bulu tangkis. Tidak sulit, bukan? Selamat mencoba!

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password