Kencangkan Paha dan Perut dengan Olahraga Dinding

olahraga dinding

Planetolahraga.com – Kamu mungkin ingat dengan salah satu adegan ikonik dalam video klip lagu New Rules dari Dua Lipa. Para perempuan berada di lorong kamar dan melakukan gerakan cukup ekstrem, berdiri terbalik dengan kaki di atas sambil bersandar ke dinding. Sesungguhnya, gerakan menempel ke dinding ini bisa kita tiru untuk melakukan olahraga, lho!

Disebut dengan istilah wall exercise alias olahraga dinding, jenis olahraga yang satu ini hanya membutuhkan dinding sebagai alatnya. Berbagai kombinasi gerakan bisa dilakukan dengan bantuan dinding. Dan terkhusus untuk kamu yang ingin mengencangkan bagian paha dan perut, kamu bisa mencoba beberapa gerakan olahraga dinding seperti yang dikutip dari situs shape.com. Apa saja?

Simak  gerakan olahraga dinding untuk mengencangkan paha dan perutmu!

1. Push-up Tap

dinding-push-up.jpg?fit=1200%2C678&ssl=1

Pilihan gerakan yang pertama adalah push-up tap. Untuk mengawalinya, siapkan tubuhmu dalam posisi push-up ke arah dinding. Beri jarak antara dinding dan kepala sekita 10 cm. Lakukan push-up. Ketika badan diangkat naik, tempelkan telapak tangan kananmu ke dinding; ketika badan turun, tempelkan telapak tangan kirimu ke dinding. Intinya, ini adalah gerakan push-up yang dikombinasikan dengan sentuhan telapak tangan secara bergantian. Lakukan pelan-pelan saja sampai kamu bisa menyesuaikan. Durasi waktunya cukup 30 sampai 60 detik.

Baca juga: Manfaat Yin Yoga untuk Kesehatan Tubuh, Yuk Lakukan!

 

2. Wall Squat Snow Angel

dinding-squat-snow.jpg?fit=1200%2C678&ssl=1

Untuk gerakan berikutnya, posisikan tubuhmu berdiri menempel membelakangi dinding dengan kedua kaki menempel rapat. Perlahan-lahan, turunkan posisi badan sampai tungkai kaki menjauhi dinding dan membentuk sudut 90 derajat.

Dalam posisi ini, tubuhmu membentuk seperti kursi. Sambil menahan, tempelkan seluruh bagian tangan ke dinding, sejajar kepala. Gerakkan tangan ke atas sampai melewati kepala, setinggi yang kamu bisa capai. Gerakkan lagi tangan ke posisi semula. Lakukan gerakan ini dengan repetisi 20 kali.

 

3. Wall Circle

dinding-circle.jpg?fit=1200%2C678&ssl=1

Gerakan selanjutnya cukup menyenangkan meskipun tetap memerlukan usaha. Posisikan tubuhmu tertidur miring ke kanan dengan kaki mendekati dinding sedangkan kepala menjauh dari dinding. Sangga kepalamu dengan telapak tangan hingga posisinya naik ke atas.

Tekuk kaki kanan dan tempelkan bagian tungkainya ke dinding. Angkat kaki kiri secara lurus sampai ujung kaki menyentuh dinding. Ini adalah posisi siap. Gerakkan kaki kiri tadi seperti gerakan jarum jam, kalau sudah sampai lantai, kembali ke posisi semula dan ulangi gerakannya sampai 30 hitungan.

 

4. Single-Leg Wall Side Squat

dinding-squat.jpg?fit=1200%2C678&ssl=1

Pilihan gerakan selanjutnya adalah berdiri lurus dengan bagian tubuh kiri mendekati dinding dan bagian tubuh kanan menjauhi dinding. Beri jarak sejauh jangkauan kaki ke dinding. Posisikan kedua tangan di depan dada. Angkat kaki kiri dengan telapak menempel dinding, usahakan selurus mungkin dan sampai membentuk sudut 90 derajat.

Kalau terlalu sulit, angkat sesuai kemampuanmu saja, ya! Dengan posisi kaki kanan berdiri menjejak lantai, lakukan gerakan squat, lalu kembali ke posisi semula. Ulangi sampai 20 kali. Lakukan hal serupa dengan sisi satunya.

Baca juga: Tips Senam Yoga untuk Pemula, Kamu Wajib Tahu!

Itulah 4 pilihan gerakan olahraga dinding untuk mengencangkan paha dan perutmu. Sebelum melakukannya, jangan lupa untuk menyiapkan diri dengan pakaian olahraga yang nyaman dan bisa menyerap keringat. Kamu juga bisa menggunakan alat lain seperti matras yoga.

Lakukan pemanasan sederhana, supaya otot-otot tubuhmu tidak kaget. Setelah selesai, juga lakuakn gerakan pendinginan. Usahakan untuk melakukan olahraga ini secara rutin supaaya kamu bisa memperoleh manfaat yang optimal. Selamat mencoba!

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password