Jumlah Pemain Softball dan Aturan Permainannya

Jumlah Pemain Softball dan Aturan Permainannya

PlanetOlahraga.com– Dalam sebuah olahraga atau permainan, tentu ada sebuah aturan yang tak boleh dilanggar. Jika tidak mentaatinya maka permainan tidak bisa berjalan dengan lancar dan dinyatakan gugur. Seperti ketika anda memainkan sebuah jenis olahraga softball. Permainan ini sudah tak asing lagi di Indonesia mengingat banyaknya pemain softball yang cukup profesional. Ada aturan terkait jumlah pemain softball, aturan permainan bagaimana cara bermain hingga apa saja yang tak boleh dilanggar serta bagaimana peraturan soal kemenangan.

Softball memiliki alat, peraturan dan juga perlengkapan dalam bermain. Dimana Softball sendiri juga memiliki lapangan yang berbeda. Berikut beberapa ulasan mengenai permainan softball yang bisa anda simak. Ingin memainkannya dengan teman-teman atau rekan kerja sebagai penghilang stress? Yuk mainkan softball sekarang juga!

Peraturan dan Jumlah Pemain Softball yang Benar

Jumlah Pemain Softball dan Aturan Permainannya

Permainan softball membutuhkan adanya bentuk bujur sangkar dan setiap pemainnya harus menggunakan kostum dengan ketentuan yang mana di depan baju ditulis nama daerah serta di bagian belakang ada nomor punggung. Jumlah pemain softball adalah 9 orang. Permainan ini dipimpin oleh seorang kapten regu dan juga susunan pemain seperti 1 orang pitcher’s, 2 orang untuk catcher’s, 345 untuk base man dan 6 untuk shortstop. Sementara 789 untuk short fielder, left fielder, middle fielder dan right fielder.

Baca juga: 4 Teknik Dasar Olahraga Baseball yang Harus Anda Ketahui

Lamanya pertandingan ini ditentukan oleh inning yaitu 7 inning dimana 1 inning merupakan setiap regu yang bermain 1 kali giliran memukul. Sementara 1 kali menjadi regu penjaga juga. Dalam permainan softball, jika jumlah pemain softball sudah benar-benar terisi selanjutnya adalah hadirnya wait atau umpire. Sebagaimana wasit pada umumnya, wasit disini berperan sebagai penentu keberhasilan permainan. Apakah para pemain bermain curang atau sudah baik.

Jumlah Pemain Softball dan Cara Bermainnya

Jumlah Pemain Softball dan Aturan Permainannya

Bagi regu yang mendapatkan giliran untuk memukul, setiap pemain nantinya mendapat 3 kali kesempatan untuk memukul. Ketentuannya adalah jika pukulan pertama dan kedua merupakan strike maka pemain tersebut harus lari. Sementara urutan pemukul nantinya ditentukan oleh nomor urut yang sudah ditentukan sebelum permainan dimulai. Pemukul yang pertama tidaklah boleh dilalui pemukul kedua dan seterusnya.

Setiap base nantinya hanya boleh diisi dengan satu orang pemain saja. Pada waktu bola dalam permainan, anda bebas membuat sebuah gerakan kecuali jika pithcer sendiri siap untuk melemparkan bola pada pemukul. Sewaktu akan ditick, pelari tak boleh menghindari dengan berlari ke arah luar atau bahkan ke dalam melebihi batas yang sudah ditentukan.

Jumlah Pemain Softball dan Aturan Permainannya

Jumlah pemain softball yang sudah terpenuhi akan memudahkan anda untuk memainkan permainan ini. Strike sendiri dihitung jika ketika dipukul, bola kena atau tidak. Kemudian lemparan baik meski bola tidak dipukul, bola yang dipukul meleset keluar serta jika pukulan meleset itu melambung dan tertangkap maka pemukul langsung mati.

Dengan adanya jumlah pemain softball yang lengkap tentu akan mempermudah anda dalam mendapatkan nilai. Setiap pelari dengan pukulan baik serta bisa kembali akan mendapatkan nilai satu. Sementara pelari yang menuju base juga arus ada di base atau menginjak base. Tak boleh terlewatkan begitu saja. Apabila ada bola yang ditangkap dari hasil pukulan maka yang terjadi adalah pemukul dinyatakan mati.

Baca juga: Teknik Dasar Softball Bagi Pemula yang Harus Dikuasai

Masih banyak peraturan permainan softball yang harus anda ketahui. Alih-alih jumlah pemain softball sudah lengkap, cobalah memahami bagaimana cara main dan juga skill, cara mendapatkan nilai hingga peralatan yang dibutuhkan. Karena softball sendiri memang menjadi permainan sekaligus olahraga yang menyenangkan. Siap untuk bermain?

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password