Jenis Service Dalam Permainan Bulutangkis yang Perlu Dipelajari

Jenis Service Dalam Permainan Bulutangkis yang Perlu Dipelajari - PlanetOlahraga.com

PlanetOlahraga.com – Dalam permainan bulu tangkis dikenal sebuah istilah yang bernama service. Dalam permainan bulu tangkis service ini dilakukan dengan tiga jenis yaitu service pendek, service tinggi dan juga ada service setengah tinggi atau flick. Hanya saja pada umumnya diantara kita terbiasa  mengenal dengan nama service forehand dan juga backhand yang merupakan suatu gabungan dari beberapa jenis service tersebut.

Jenis service ini dalam permainan bulutangkis tentunya sangat penting untuk Anda pelajari agar permainan bulu tangkis Anda semakin sempurna dan bisa terorganisir dengan sebaik mungkin. Berikut apa saja jenis service dalam permainan bulutangkis yang Anda perlu pelajari. So, check these out!

Jenis Service Dalam Permainan Bulutangkis

Jenis Service Dalam Permainan Bulutangkis yang Perlu Dipelajari - PlanetOlahraga.com

Service forehand dalam permainan bulutangkis

Dalam permainan bulutangkis ada beberapa jenis service yang dapat dilakukan. Service forehand sendiri terbagi menjadi service forehand pendek dan service forehand tinggi. Mengenai seperti apa cara service forehand pendek tujuannya adalah dilakukan untuk memaksa lawan agar tidak melakukan serangan. Selain itu pihak lawan dipaksa berada didalam suatu posisi bertahan. Mengenai bagaimana variasi arah dan sasaran servisnya dapat dilatih secara serius dan sistematis. Sementara service forehand yang tinggi lebih sering digunakan dalam upaya permainan tunggal.

Service backhand dalam permainan bulu tangkis

Jenis service ini umumnya digunakan para pemain ganda. Mengenai cara melakukan service backhand, teknik melakukannya dapat dilakukan dengan beberapa cara sebagai berikut :

  • Letakkan kaki kanan Anda di depan kaki kiri dengan ujung kaki kanan mengarah ke sasaran yang memang sudah diinginkan.
  • Kemudian upayakan agar kedua kaki terbuka selebar pinggul, sementara itu lutut dibengkokkan sehingga dengan sikap seperti ini pada akhirnya titik berat badan Anda berada diantara kedua kaki.
  • Kemudian Anda perlu ayunkan raket dengan ketentuan pendek sehingga raket hanya didorong menggunakan bantuan peralihan berat badan dari arah belakang ke kaki bagian depan dengan menggunakan irama gerak secara harmonis dan berkelanjutan.

Itulah beberapa jenis service dalam permainan bulutangkis yang Anda perlu pelajari. Semoga menjadi informasi yang bermanfaat dan selamat mencoba menjalankan service dengan metode dan teknik diatas.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password