Jenis-Jenis Olahraga Roller yang Wajib Dicoba!

jenis olahraga roller

Planetolahraga.com – Banyak sekali jenis olahraga yang selain menyehatkan juga menyenangkan, salah satunya olahraga roller. Sebagaimana namanya, olahraga ini menggunakan bantuan peralatan olahraga yang berupa roda. Namun jangan membayangkan roda-roda berukuran besar, ya! Karena roda yang dimaksud biasanya kecil dan menempel pada alat yang dimainkan kaki.

Olahraga roller juga termasuk ke dalam cabang olahraga di ajang Asian Games 2018 Jakarta-Palembang, lho, setelah pertama dan terakhir dilombakan dalam Asian Games 2010 di Guangzhou Cina. Tentu saja, selain untuk para professional, olahraga roller juga bisa untuk kamu coba sebagai pilihan olahraga menyenangkan. Nah, sebelum mencobanya, ketahui dulu apa saja jenis olahraga roller.

Yuk, simak jenis-jenis olahraga roller yang wajib kamu coba di bawah ini!

 

1. Inline Skating

roller-inline-1.jpg?fit=1200%2C800&ssl=1

Kalau inline skating masih asing, sepatu roda pasti sudah sangat akrab di telinga. Ya, inline skating adalah jenis olahraga menggunakan sepatu roda. Namun jangan sampai tertukar dengan jenis lainnya, karena sesuai dengan namanya yang menggunakan inline, roda pada sepatu berjajar dalam satu barisan saja dengan jumlah roda 2 sampai 5 buah pada tiap sepatunya.

Hal ini membuat kamu harus ekstra menyeimbangkan badan ketika menggunakan sepatu roda jenis ini. Bagi kamu yang baru pertama kali mencoba, untuk berseluncur dengan inline skate pasti butuh usaha keras. Kamu bisa mengakalinya dengan berjalan perlahan sambil berpegangan terlebih dahulu.

Perlu diingat bahwa untuk menghindari diri dari cedera atau luka kalau-kalau kamu terjatuh, gunakanlah pelindung lengkap yaitu angkle strap, pelindung lutut, siku, dan helm. Berolahraga inline skating bisa kamu lakukan di jogging track taman, jalanan kompleks perumahan, atau bahkan di halaman rumahmu.

Baca juga: Untuk Pemula, Ini Latihan Dasar Skateboard

 

2. Roller Skating

roller-roller-1.jpg?fit=1280%2C720&ssl=1

Selain inline skating, jenis olahraga dengan sepatu roda juga ada roller skating. Perbedaannya adalah dari bentuk sepatu roda yang digunakan. Kalau untuk inline skating, sepatunya mempunyai roda berjajar dalam satu barisan, untuk roller skating ini sepatunya mempunyai dua pasang roda, sepasang di depan dan sepasang di belakang.

Dengan begini, kamu bisa lebih leluasa meluncur. Tidak dibutuhkan usaha yang terlalu keras untuk menjaga keseimbangan. Walaupun begitu, tetap saja diperlukan alat pelindung lengkap, ya! Karena keselamatan harus jadi nomor satu. Kamu bisa melakukan olahraga ini di mana saja, asal pastikan rutenya berupa jalanan aspal datar agar mengurangi hambatan.

 

3. Skateboarding

roller-board-1.jpg?fit=1200%2C750&ssl=1

Bukan cuma berbentuk sepatu, alat olahraga roller juga ada yang berbentuk papan beroda. Tentu kamu tidak asing lagi dengan skateboard alias papan luncur: papan dengan bentuk sedemikian rupa yang ergonomis untuk dinaiki dua kaki yang memiliki dua pasang roda di bagian bawah depan dan bawah belakang.

Untuk bisa melakukan olahraga ini, perlu latihan yang rajin karena tingkat kesulitannya cukup tinggi dan dibutuhkan kelincahan khusus dalam mengendalikan papan luncurnya. Skateboarding bisa saja dilakukan di jalanan aspal datar di taman atau sekeliling kompleks.

Baca juga: Cabang Olahraga Unik di Asian Games 2018

Tetapi kalau sudah cukup jago, bisa dilakukan di venue khusus skateboarding yang biasanya berbentuk cekungan dan juga terdapat berbagai macam hambatan untuk beratraksi. Dan tentu saja, pelindung lutut, siku, dan helm selalu harus dikenakan.

Itulah dia tiga jenis olahraga roller yang wajib kamu coba. Jangan lupa terlebih dahulu lakukan pemanasan sederhana. Ajak serta teman-temanmu supaya bisa melakukan inline skating, roller skating, atau skateboarding dengan lebih menyenangkan!

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password