Jenis Olahraga Rawan Cedera yang Wajib Diwaspadai

Jenis Olahraga Rawan Cedera yang Wajib Diwaspadai

Planetolahraga.com – Sebenarnya setiap olahraga berpotensi memberikan cedera bagi setiap pelakunya. Akan tetapi diantara sekian banyak jenis olahraga yang seringkali dipilih untuk kebugaran dan kesehatan tubuh ada beberapa jenis olahraga rawan cedera yang memang perlu diwaspadai.

Jadi jika Anda adalah peminat beberapa jenis olahraga tersebut ada baiknya lakukan persiapan mental dan persiapan pemanasan dengan optimal demi menghindari resiko Anda mengalami cedera. Berikut beberapa jenis olahraga rawan cedera yang Anda wajib waspadai. Cek informasi selengkapnya berikut ini!

Jenis Olahraga Rawan Cedera yang Wajib Diwaspadai

 

1. Olahraga Muay Thai

 Jenis Olahraga Rawan Cedera yang Wajib Diwaspadai

Olahraga yang satu ini merupakan jenis olahraga bela diri yang tekniknya lebih banyak memanfaatkan pukulan dan tendangan. Karena itu tidak aneh jika seseorang rentan mengalami cedera jika melakukan olahraga yang satu ini. Karena itu penting sekali untuk belajar semua gerakan dasar dan menggunakan perlengkapan yang sesuai sebelum Anda melakukan latihan Muay Thai.

Baca juga: Bela Diri yang Bisa Jadi Andalan Kaum Hawa!

 

2. Olahraga Weight Lifting

Jenis Olahraga Rawan Cedera yang Wajib Diwaspadai

Jika Anda olahraga dengan tujuan membentuk otot dan juga memperbaiki postur tubuh, olahraga angkat beban adalah jawaban terbaiknya. Hanya saja jika kemudian teknik dan eksekusi yang dilakukan tidak benar, tentu olahraga yang satu ini akan sangat berbahaya. Tak hanya otot yang rentan mengalami memar, akan tetapi pergelangan tangan juga akan terkilir, kram dan bahkan kemungkinan mengalami patah tulang bisa saja terjadi. Karena itu ada baiknya jika Anda melakukan konsultasi dulu dengan personal trainer sebelum Anda melakukan weight lifting utamanya jika Anda pertama kalinya melakukan olahraga yang satu ini.

 

3. Soccer sport

Jenis Olahraga Rawan Cedera yang Wajib Diwaspadai

Pasti penggemar olahraga yang satu ini sudah tidak asing lagi dengan yang namanya cedera. Sepakbola memerlukan kontak fisik diantara para pemain sehingga kemungkinan untuk mengalami cedera tentu sangat besar. Untuk menghindarinya, ada baiknya pelaku soccer sport harus menggunakan berbagai perlengkapan perlindungan seperti ankle brace dan juga shin guard.

Baca juga: Terhindar dari Cedera Saat Olahraga, Bagaimana Caranya?

 

4. Olahraga tennis

Jenis Olahraga Rawan Cedera yang Wajib Diwaspadai

Tak hanya contact sports seperti sepakbola dan juga Muay Thai saja nyatanya non contact sports juga dapat menimbulkan resiko otot mengalami memar. Jika Anda bermain tenis terlalu lama tanpa istirahat hal ini dapat menjadi penyebab cedera atau memar di bagian siku atau lengan bawah.

Walau cedera terkadang tidak berbahaya, akan tetapi sakit yang dihasilkan oleh cedera yang satu ini terkadang tak bisa tertahankan. Jadi jika Anda mengalami cedera ketika olahraga jangan terlalu panik, berikut cara yang bisa Anda lakukan untuk menanganinya :

  • Berhentilah untuk olahraga dan hindari aktivitas yang memberatkan bagian yang mengalami cedera.
  • Istirahatlah secara cukup.
  • Redakan rasa sakit yang dialami dengan cara Anda kompres es di bagian yang mengalami memar selama 10 sampai dengan 20 menit.
  • Untuk mengurangi potensi mengalami pembengkakan, Anda bisa tekan bagian cedera dengan memanfaatkan perban atau kompres. Pastikan agar perban tidak terlalu ketat agar tidak berpotensi menambahkan rasa sakit atau mati rasa.
  • Angkat kemudian bagian yang mengalami cedera lebih tinggi daripada jantung. Hal ini dapat menjadi salah satu alternatif cara untuk meredakan pembengkakan. Kemudian jika bagian cedera tidak bisa diangkat Anda dapat posisikan sejajar dengan lantai atau tanah.

Untuk Anda yang sedang mencari berbagai jersey atau peralatan dan perlengkapan olahraga, Anda bisa membelinya di AKULAKU. AKULAKU kini bekerjasama dengan Aidia Network dan dapatkan voucher belanja sampai dengan 700.000 jika belanja di AKULAKU dengan menggunakan kode voucher AIDIA1. Happy shopping dear!

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password