Jenis Kuda-kuda dalam Olahraga Karate

Jenis Kuda-kuda dalam Olahraga Karate - PlanetOlahraga.com

PlanetOlahraga.com – Karate adalah salah satu olahraga bela diri yang sangat banyak digemari orang, Olahraga karate juga dinikmati oleh kaum laki-laki ataupun perempuan, di segala jenjang usia. Sebelum bernama Karate, olahraga bela diri dari Jepan ini dinamakan Tote. Tote dalam kanji Jepang diartikan sebagai “tangan Cina”. Akan tetapi, nama dari olahraga ini bertentangan dengan para pejuang nasionalisme Jepang. Mengapa olahraga bela diri dari Jepang, dinamakan tangan Cina sehingga diputuskanlah untuk menggantinya menjadi nama Karate.

Olahraga karate di Indonesia tidak dipopulerkan oleh tentara Jepang, melainkan oleh orang Indonesia sendiri. Seperti diketahui, setelah bebas dari masa penjajahan banyak bangsa Indonesia yang kembali dari Jepang. Beberapa dari mereka juga menempuh pendidikan di Jepang sebagai mahasiswa. Para mahasiswa ini pun kemudian kembali ke Jakarta sekitar tahun 1960-an.

Dalam karate, ada beberapa jenis kuda-kuda yang diperlukan untuk membentuk sebuah serangan atau pertahanan yang kokoh. Berikut ini beberapa jenis kuda-kuda dalam olahraga karate untuk Anda ketahui.

Jenis Kuda-kuda dalam Olahraga Karate

Jenis Kuda-kuda dalam Olahraga Karate - PlanetOlahraga.com 2

1. Kuda Kuda Hachiji (Hachiji-Dachi)

Kuda-kuda satu ini merupakan teknik kuda kuda yang menitik beratkan tumpuan pada kedua kaki yang dibuka selebar bahu. Gerakan kuda kuda paling mendasar adalah Hachiji ini.

2. Kuda Kuda Zen-Kutsu (Zen-Kutsu-Dachi)

Kalau yang satu ini merupakan teknik kuda kuda yang menitik beratkan tumpuan pada kaki yang diletakkan ke depan dengan satu kaki lain menahan di sisi tubuh yang berkaitan.

3. Kuda Kuda Ko-Kutsu (Ko-Kutsu-Dachi)

Ini merupakan teknik kuda kuda yang menitik beratkan tumpuan pada kaki yang diletakkan ke belakang dengan satu kaki lain menahan di sisi tubuh yang berkaitan.

4. Kuda Kuda Hangetsu (Hangetsu-Dachi)

Kuda-kuda ini merupakan teknik kuda kuda yang menitik beratkan tumpuan pada bagian tengah kedua kaki, baik dalam posisi ke depan ataupun ke belakang. Berat tumpuan selalu ada di posisi tengah (penggunaan kanji Hangetsu).

Baca Juga

Jenis Kuda-kuda dalam Olahraga Karate - PlanetOlahraga.com 1

5. Kuda Kuda Heisoku (Heisoku-Dachi)

Merupakan teknik kuda kuda yang menitik beratkan tumpuan pada bagian tengah kedua kaki, akan tetapi kedua kaki diposisikan rapat dan tidak berjarak (penggunaan kanji Unsu).

6. Kuda Kuda Neko-Ashi-Dachi (Neko-Ashi-Dachi)

Kalau yang satu ini merupakan teknik kuda kuda yang menitik beratkan tumpuan pada bagian belakang kedua kaki, akan tetapi kedua kaki diposisikan rapat dan tidak berjarak (penggunaan kanji Unsu).

7. Kuda Kuda Sanshin-Dachi (Sanshin-Dachi)

Ini merupakan teknik kuda kuda yang menitik beratkan tumpuan pada bagian tengah kedua kaki, akan tetapi kedua kaki dalam posisi Sanshin (penggunaan kanji Sanshin).

8. Kuda Kuda Sochin-Dachi (Sochin-Dachi)

Kalau yang satu ini merupakan teknik kuda kuda yang menitik beratkan tumpuan pada bagian tengah kedua kaki, akan tetapi kedua kaki dalam posisi Sochin (penggunaan kanji Sochin).

Bicara masalah kuda-kuda pada karate, tentunya diperlukan untuk gerakan yang lincah, kuat dan berakselerasi. Nah, kalau dianalogikan dengan mobil, tentunya terdapat kesamaan dengan mobil Toyota Fortuner, yaitu kelincahan dan juga kecepatan. Anda tentu tahu benar kalau mobil Toyota Fortuner ini merupakan mobil yang lincah dan juga cepat berakselarasi, mobil pabrikan Toyota ini sangat cocok untuk Anda yang menggemari olahraga Karate yang memiliki konsep kelincahan dan juga kecepatan sama halnya dengan mobil Toyota Fortuner ini.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password