Malas Berolahraga? Bersepeda Saja, Asyik dan Banyak Manfaatnya!

manfaat bersepeda

Planetolahraga.com – Tidak dipungkiri, berolahraga merupakan kebutuhan penting bagi setiap orang. Tujuan utamanya untuk menjaga kebugaran tubuh dan mengurangi risiko terkena berbagai penyakit. Oleh karena pentingnya berolahraga, setiap orang wajib untuk melakukannya.

Malas menjadi salah satu penyebab orang menjadi tidak mau berolahraga. Jika demikian, perlu dicoba olahraga yang menyenangkan, sehingga kita pun dapat semangat dan senang hati ketika melakukannya. Adapun salah satu olahraga yang menyenangkan adalah bersepeda. Ada beberapa manfaat bersepeda yang perlu Anda tahu.
Berikut ulasannya.

 

1. Membentuk tubuh dan memberikan energi

chavezcycling .com

Bagi Anda yang punya masalah pada bentuk tubuh, bersepeda dapat menjadi olahraga pilihan. Gerakan bersepeda yang dilakukan turut membentuk, menguatkan, serta mengencangkan paha, otot betis dan daerah panggul. Bersepeda juga membakar lemak pada bagian tubuh yang telah disebutkan dan menggantinya dengan otot.

Baca juga: Destinasi Bersepeda Andalan yang Perlu Dicoba di Jogja!

 

2. Mengurangi selulit di daerah paha

cdn.metrotvnews .com

Bersepeda dapat membantu mengurangi selulit di bagian paha, mengurangi stres di daerah lutut, serta pergelangan kaki. Bersepeda bahkan lebih efektif dibanding dengan kegiatan lain seperti berjalan atau latihan aerobik.

 

3. Melancarkan sirkulasi darah

static.viva .co.id

Selama bersepeda, darah diperkaya akan oksigen dan nutrisi. Jantung memompa dengan lebih kencang agar darah tersalurkan secara sempurna ke seluruh pembuluh darah pada tubuh.

 

4. Mengurangi tingkat stres

Bersepeda di alam terbuka membuat kadar stres dapat diminimalisir. Darah juga menjadi lebih kaya akan oksigen karena karena suplai udara segar yang dihirup.

i2.wp.com/fakta.co.id

5. Meningkatkan kesehatan jantung

Olahraga sepeda bisa membantu meningkatkan kesehatan jantung sehingga mengurangi risiko terkena penyakit jantung koroner.

jarambah.files.wordpress .com

6. Menghindari Berbagai Penyakit

Bersepeda meningkatkan kekebalan tubuh terhadap penyakit diabetes karena bersepeda dapat menurunkan berat badan serta menghindari tekanan darah tinggi.

tipscaralangsing .com

Dengan enam manfaat tersebut, tidak ada salahnya Anda untuk mencoba jenis olahraga yang mengasyikkan ini. Agar lebih aman dan nyaman, gunakan perlengkapan seperti helm dan masker serta lakukan di daerah yang berudara segar, seperti di alam terbuka atau sekitar pantai. Adapun untuk mencapai tempat yang nyaman untuk bersepeda, Anda perlu kendaraan untuk membawa Anda dan sepeda Anda menuju ke sana.

Baca juga: Komunitas Sepeda Asyik untuk Keseimbangan Olahraga dan Kebutuhan Bersosial!

toyota.astra .co.id

Dalam hal ini, Anda bisa menggunakan Toyota All New Rush. Kendaraan bertipe Medium SUV ini dapat menjadi pilihan terbaik karena mempunyai daya tampung luas dan mesin yang tangguh sehingga dapat diandalkan menuju ke tempat-tempat bersepeda yang istimewa, seperti perbukitan atau sekitar pantai.

Sumber featured image: blog.strava .com

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password