Tanda-Tanda Alami Tubuh Sebagai Indikasi Olahraga Harus Segera Dihentikan

Tanda – Tanda Alami Tubuh Sebagai Indikasi Olahraga Harus Segera Dihentikan

Planetolahraga.com – Olahraga teratur memang sangat dianjurkan karena olahraga secara teratur memberikan manfaat yang sangat besar bagi kesehatan. Mulai dari menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh, memperbaiki mood, menurunkan resiko tekanan darah tinggi, kanker, diabetes dan mengalami berbagai kondisi yang lainnya.

Akan tetapi terkadang, beberapa orang mengalami tanda – tanda tubuhnya kurang nyaman setelah atau sebelum olahraga. Hal tersebut menjadi suatu tanda alami tubuh yang mengindikasikan bahwa Anda yang mengalami tersebut harus segera menghentikan olahraga yang secara rutin Anda lakukan. Kurang lebih sekitar 3 – 1 minggu, kemudian rasakan perubahan tubuh Anda. Berikut apa saja tanda alami tubuh sebagai indikasi olahraga harus segera dihentikan!

Tanda-Tanda Alami Tubuh Sebagai Indikasi Olahraga Harus Segera Dihentikan

Badan cepat panas dan cepat berkeringat

Indikasi Olahraga Harus Segera Dihentikan

Setelah latihan biasanya tubuh akan terasa enak. Berdasarkan informasi dari Joseph Ciccone, Associate Director of Columbia Orthopaedics Sports Therapy di New York, disebutkan bahwa keadaan ini merupakan sebuah keadaan yang terjadi berkat pelepasan hormone senang didalam tubuh setelah olahraga dilakukan.

Akan tetapi jika setelah olahraga tubuh merasa kelelahan, bisa jadi tubuh Anda akan mengalami masalah overtraining. Kondisi yang semacam ini sebaiknya bisa Anda kurangi dan berikan waktu untuk tubuh agar bisa bangkit kembali. Terkadang butuh juga waktu istirahat untuk kembali mengobarkan semangat olahraga yang selanjutnya.

Siklus tidur yang mengalami gangguan

Ketika pola tidur mulai mengalami gangguan dalam tempo yang konsisten, maka ada baiknya segera Anda hentikan beberapa hari kegiatan olahraga rutin yang Anda lakukan. Selain diperlukan untuk mengistirahatkan pikiran dan tubuh, tidur juga dapat membantu otot tubuh Anda agar segera pulih setelah berkali – kali dirusak ketika sedang olahraga.

Baca juga: Ketahui Tips Ini untuk Atasi Nyeri Otot Setelah Olahraga

Tubuh mengalami kondisi radang atau cedera otot

Indikasi Olahraga Harus Segera Dihentikan

Jika otot hanya terasa sedikit sakit setelah olahraga, maka kondisi yang seperti ini bisa dianggap wajar dan olahraga secara rutin dapat menjadi penyembuhnya. Akan tetapi jika nyeri otot terjadi sangat parah ada baiknya olahraga dihentikan lebih dulu. Berdasarkan Larry Birnbaum, Ph D, ketua Fisiologi College of St Scholastica di Duluth Minnessota, ketika tubuh mengubah kinerja mekaniknya demi mengompensasi rasa sakit yang berlebihan maka resiko cedera yang lebih besar sangat memungkinkan untuk terjadi.

Baca juga: 4 Jenis Latihan untuk Menguatkan Otot Paha yang Mudah dan Sederhana

Perut yang terasa sakit

Indikasi Olahraga Harus Segera Dihentikan

Diare, kram dan mual merupakan salah satu alasan yang paling rasional untuk menghentikan olahraga. Jika kondisi tersebut terjadi akan tetapi olahraga masih tetap dilakukan maka tubuh bisa mengalami dehidrasi. Walau demikian, sakit perut bukan menjadi alasan berhenti olahraga selamanya.

Hal ini karena sakit perut sendiri biasanya bertahan tidak lebih dari 1 hari. Jadi ada baiknya Anda pastikan untuk mengonsumsi banyak air sebelum olahraga untuk membantu menjaga keseimbangan cairan tubuh.

Itulah apa saja tanda – tanda alami tubuh sebagai indikasi olahraga harus segera dihentikan. Untuk Anda yang suka belanja apapun tanpa ribet termasuk berbelanja berbagai barang kebutuhan olahraga dan fitness, sekarang cara belanjanya sangat mudah. Apalagi sudah ada sebuah aplikasi kredit terbaik yang menjadi jawaban dan memberikan kemudahan untuk belanja dari rumah dan tanpa pergi kemana pun juga.

Aplikasi kredit terbaik yang direkomendasikan untuk Anda tersebut adalah AKULAKU. Bersama AKULAKU belanja akan jauh lebih mudah. Tak hanya bisa belanja dengan cash, Anda juga bisa belanja secara kredit dengan bunga hanya 0% saja. Menyenangkan bukan?

Yang juga menyenangkan lagi, AKULAKU bekerjasama dengan Aidia Network dan memberikan diskon belanja up to 700.000 dengan kode promo AIDIA1. Yuk belanja di AKULAKU sekarang juga dan dapatkan promo menariknya!

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password