Horseback Riding, Jenis Olahraga untuk Melatih Mental serta Fisik

olahraga Horseback Riding

Planetolahraga.com – Banyak yang tidak menyadari bahwa sebenarnya horseback riding merupakan jenis olahraga untuk melatih mental serta fisik. Meskipun banyak orang yang meragukan akan manfaatnya, karena jika dilihat sekilas memang olah raga ini bukan menggunakan fisik dan tenaga kita secara langsung. Melainkan kita hanya menunggang kuda dan mengendalikan arah gerak dan jalannya.

Tetapi pernahkah anda tahu bahwa mengendalikan kuda agar melakukan gerakan sesuai dengan apa yang kita inginkan itu tidak mudah. Penyatuan dan mengikat kuda tersebut agar terjalin komunikasi yang baik bergerak sejalan dengan kemauan kita harus dilakukan dengan hati-hati. jika tidak, risiko cedera akibat kuda berontak atau tidak mau kita kendalikan akan sangat membahayakan.

Banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan jika kita rutin melakukan olahraga Horse Riding ini. Berikut manfaat olahraga Horseback Riding yang perlu anda tahu.

Horseback Riding, Jenis Olahraga untuk Melatih Mental serta Fisik

 

1. Melatih Fisik

Selain membutuhkan konsentrasi mengendalikan kuda, juga di butuhkan tenaga agar kuda yang kita tunggangi dapat bergerak seusai dengan kemauan kita. Serta saat menunggangi kuda, tidak seperti saat kita menunggang motor. Dalam Horseback Riding, saat kuda bergerak tubuh kita di tuntut untuk menyesuaikan arah dan gerakan dari kuda tersebut agar tidak terjatuh. Saat posisi kuda berjalan kita di tuntut mengimbaginya dengan posisi tegak dan saat kuda berlari maka posisi tubuh kita harus menyesuaikan dengan melakukan posisi sedikit membungkuk ke depan. Hal ini juga bisa menjadi sarana untuk kita melatih fisik diri sendiri.

Baca juga: Penggila Olahraga Anti-mainstream Wajib Coba Serunya Berkuda!

 

2. Menjaga kesehatan mental

 

Sama halnya dengan manusia, kuda juga memiliki karakter dan sifat masing-masing. Setiap penunggang kuda di tuntut untuk dapat berkomunikasi dan mengerti sifat kuda yang mereka tunggangi. Yang di maksud berkomunikasi di sini bukan berbicara dengan kuda melainkan memahami setiap gerak gerik tubuh yang dia sampaikannya. Dengan cara itu kita akan selalu dituntut sensitif dengan keadaan kuda yang kita tunggangi dan memiliki pemikiran yang cepat saat menungganginya. Dikarenakan saat menunggangi kuda kita telah bersatu dengan kuda tersebut dengan kita sebagai pengatur dan pengarah gerak kuda tersebut. Dengan demikian, mental penunggang kuda akan lebih dilatih lagi.

 

3. Konsep spiritual dalam menunggang kuda

Ada filosofi lain dalam hal menunggangi kuda, selain keterkaitan batin antara kuda dan pemiliknya kita di tuntut untuk mengerti apa yang kuda tersebut rasakan. Dan untuk mencapai hal tersebut seorang penunggang yang masih belum menemukan perpaduan antara kuda yang dia tunggangi akan sangat berbahaya ketika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. Seperti kuda yang berontak saat dikendarai maupun saat kita kendalikan.

Horseback riding menjadi jenis olahraga untuk melatih mental serta fisik dan rohani karena untuk mengerti kuda yang akan kita tunggangi kita harus mengerti apa yang mereka rasakan. Hal ini memiliki nilai spiritual karena kita dituntut mengalahkan diri sendiri untuk saling memadukan pemahaman antara kuda dan penunggangnya agar terjalin hubungan yang baik.

Baca juga: Manfaat Olahraga Panahan Untuk Tubuh Manusia!

Banyak hal yang dapat kita dapatkan dari olahraga ini tentunya, selain beberapa hal yang telah di sebutkan diatas. Horseback riding adalah olahraga untuk melatih mental dan fisik penunggangnya karena selain terciptanya hubungan yang baik antara kuda dengan manusia kita juga belajar mengenal makhluk hidup lain selain manusia. Dengan tujuan menjalin komunikasi dan hubungan dengannya, selain dapat berlari dengan cepat kuda juga dapat menjadi teman bagi penunggangnya, karena menaklukkan seekor kuda sama halnya dengan upaya kita menaklukkan diri sendiri dari setiap sifat buruk yang kita miliki.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password