Hal yang Perlu Dilakukan Sebelum Memutuskan Memulai Latihan Calisthenics

Hal yang Perlu Dilakukan Sebelum Memutuskan Memulai Latihan Calisthenics

Planetolahraga.com – Jika Anda ingin membentuk tubuh agar selalu kuat dan bugar, salah satu olahraga yang Anda perlu lakukan adalah Calisthenics. Jenis olahraga yang satu ini merupakan suatu seni olah tubuh yang hanya memanfaatkan berat badan untuk melatih kebugaran dan kekuatan otot.

Tujuan olahraga calisthenics juga dilakukan dalam mendapatkan kekuatan secara fungsional. Olahraga ini bisa dilakukan siapa saja dan kapan saja. Hal ini karena Calisthenics merupakan salah satu bentuk olahraga yang dilakukan tanpa perlu alat apapun. Namun, Anda juga perlu berhati – hati melakukannya. Anda harus perhatikan beberapa aspek sebelum memutuskan memulai latihan Calisthenics ini. Berikut informasi lengkapnya untuk Anda!

Hal yang Perlu Dilakukan Sebelum Memutuskan Latihan Calisthenics

Pahami dasar latihan calisthenics

Hal yang Perlu Dilakukan Sebelum Memutuskan Memulai Latihan Calisthenics

Anda tak perlu lagi susah – susah memikirkan tentang budget untuk beli alat – alat olahraga atau latihan calisthenics yang baru. Anda bisa manfaatkan kusen pintu kamar, atau memasang palang besi khusus di pojok hunian untuk memulai latihan calisthenics yang satu ini. Satu hal yang Anda perlu tekankan adalah safety. Jadi sangat dianjurkan untuk Anda memilih material untuk membuat tempat latihan calisthenics dengan material yang benar – benar  kuat untuk bisa menahan beban tubuh Anda sendiri.

Ucapkan selamat tinggal pada latihan split dan isolasi

Latihan calisthenics merupakan suatu tipe latihan compound dimana latihan ini meninggalkan dasar – dasar latihan split tradisional. Daripada melakukan latihan split atau isolasi untuk otot tertentu, kami anjurkan Anda tentukan latihan berdasarkan bagian tubuh atau kelompok gerakan lain secara jauh lebih spesifik.

Baca juga: 4 Gerakan Gym yang Simple dan Bisa Dilakukan di Rumah Tanpa Peralatan Khusus

Pilih program latihan calisthenics yang sesuai kemampuan Anda

Hal yang Perlu Dilakukan Sebelum Memutuskan Memulai Latihan Calisthenics

Gerakan juga volume latihan calisthenics memiliki tingkat kesulitan masing – masing. Dari tingkat dasar sampai dengan tingkat advance semuanya ada. Ada yang merupakan seorang pemula juga bisa memulai latihan – latihan dasar dan berkembang ke latihan yang lain dengan tingkatan yang jauh lebih mahir.

Mulailah untuk Anda dari latihan – latihan dasar yang sederhana. Kuasai gerakan tersebut. Baru kemudian ketika Anda suah benar – benar bisa menguasainya, baru Anda bisa beralih ke gerakan – gerakan yang jauh lebih kompleks dan lebih sulit dibandingkan gerakan latihan calisthenics dasar.

Baca juga: 5 Gerakan Pendinginan yang Harus Dilakukan Setelah Olahraga Lari

Kuasai Gerakan Dasar

Hal yang Perlu Dilakukan Sebelum Memutuskan Memulai Latihan Calisthenics

Berbagai gerakan dasar dalam melakukan latihan calisthenics semuanya perlu Anda pelajari. Khususnya gerakan awal latihan calisthenics sebagai panduan atau pedoman dasar dalam menjalankan olahraga yang satu ini. Anda harus tahu seperti apa tekniknya sedari awal agar tidak mengalami kesalahan dalam gerakan apapun yang Anda jalankan dalam latihan calisthenics.

Itulah apa saja hal yang perlu dilakukan sebelum Anda memutuskan memulai latihan calisthenics. Anda yang akan olahraga calisthenics namun tidak memiliki berbagai peralatan dan perlengkapan olahraga yang lengkap, Anda bisa beli berbagai peralatan dan perlengkapan olahraga di AKULAKU.

Bagaimana? Tertarik untuk berbelanja semua produk kebutuhan Anda di AKULAKU? Mulai dari produk kesehatan, kecantikan, traveling sampai dengan peralatan rumah semuanya dapat Anda temukan di AKULAKU.

Tak hanya itu, untuk menjangkau kebutuhan semua lapisan masyarakat Indonesia, AKULAKU juga hadir menjadi satu – satunya aplikasi kredit uang online terbaik di Indonesia yang akan memberikan kemudahan berbelanja melalui cicilan dengan bunga hanya 0% saja. So, tunggu apalagi?

Nikmati kemudahan belanja hemat di AKULAKU sekarang juga! Oh ya, kabar baiknya lagi, AKULAKU sekarang bekerjasama dengan Aidia Network untuk memberikan diskon belanja up to 700.000. Gunakan kode voucher AIDIA1 dan nikmati diskon besarnya bersama AKULAKU. See u soon!

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password