Hal Penting yang Harus Diketahui Jika Baru Pertama Kali Ikut Race

pertama kali ikut race

Planetolahraga.com – Bagi Anda yang sudah melakukan latihan lari secara rutin, cara yang tepat dilakukan untuk mengukur sebuah kemampuan adalah dengan melakukan race. Dengan race Anda dapat melatih dan mengukur sebagaimana kemampuan yang Anda miliki. Karena itu race untuk mengukur kemampuan sangat penting dijalankan.

Hanya saja khususnya bagi para pemula tentu dalam melakukan race tidak boleh langsung melakukannya begitu saja karena race ada aturan-aturan dan pakemnya. Bagi Anda yang baru pertama kali ikut race untuk mengukur kemampuan setelah latihan lari Anda jalani, berikut beberapa hal penting yang Anda harus tahu!

Hal Penting yang Harus Diketahui Jika Baru Pertama Kali Ikut Race

 

1. Sapa petugas dan relawan race

Hal Penting yang Harus Diketahui Jika Baru Pertama Kali Ikut Race

Petugas dan juga relawan merupakan orang-orang yang turut serta berkontribusi dalam menyukseskan suatu race. Jadi jika memang memungkinkan baiknya Anda berusaha untuk menyisihkan waktu. Sisihkan waktu untuk mengucapkan terima kasih sambil berlari kepada mereka. Jika memang tak sempat Anda bisa sekedar melakukan penyemangat seperti tos, bersalaman atau yang lainnya.

Baca juga: Yuk Simak, Rekomendasi Sepatu Lari di Bawah 1 Juta Rupiah Ini!

 

2. Bantu pelari yang sedang mengalami kesulitan

Jika ada pelari yang terjatuh di depan Anda, jangan malah Anda melompati bak lari gawang dan juga terus melaju. Anda dapat berhenti dan bantu ia kemudian. Anda harus tahu bahwa sifat lomba lari merupakan suatu ajang kompetisi akan tetapi hal ini juga bukan berarti bahwa Anda tidak berempati jika memang ada pelari yang mengalami berbagai masalah.

 

3. Antri start sesuai dengan pace

Hal Penting yang Harus Diketahui Jika Baru Pertama Kali Ikut Race

Etiket ketika sedang mengantri di garis start adalah bahwa semakin cepat seorang pelari maka semakin ke depan posisi berdirinya ketika berada di start. Sampai saat ini banyak para pelari yang sudah memiliki pacer yang mana para pacer ini terbagi menjadi beberapa grup atas dasar pace atau perkiraan dari waktu finishnya.

Ada baiknya untuk Anda menempatkan diri di grup pace sesuai dengan latihan Anda sebelumnya. Anda juga harus mengantri lebih ke belakang dari grup pace tersebut kemudian Anda harus bersiap di grup pace yang sesuai dengan pace Anda yang telah menunjukkan suatu etiket yang baik dengan tidak menghalangi pelarin yang lain yang mana memiliki laju jauh lebih cepat.

 

4. Berikan ruang untuk pelari yang mau menyalip

Ketika sedang berlari Anda juga harus berusaha untuk menyisakan ruang bagi pelari lain yang lebih cepat untuk menyalip Anda. Jangan berusaha menghalanginya dan bermainlah secara fairplay. Ya, memang sebuah lomba lari sifatnya kompetitif akan tetapi tetap saja jangan sengaja menghalangi orang lain dengan kemampuan diatas Anda. Jika memang ia ingin dan mampu menyalip Anda tak boleh menghalangi jalannya.

Baca juga: Tips Tepat Memilih Sepatu Lari Untuk Pemula

 

5. Bersikaplah sopan ketika sedang menyalip

Hal Penting yang Harus Diketahui Jika Baru Pertama Kali Ikut Race

Lari cepat sih boleh tapi jangan sampai karena kecepatan tersebut malah membuat Anda jadi orang yang angkuh. Jika Anda pelari cepat dan mau menyalip peserta yang lain maka jangan Anda katakan minggir. Akan tetapi sebaiknya Anda bersikap ramah dengan mengatakan permisi. Kita semua tentu bagian dari komunitas lari yang besar sehingga juga harus memiliki jiwa yang besar.

Itulah beberapa hal penting yang harus Anda tahu buat yang baru pertama kali ikut race. Anda yang sedang mencari aneka item olahraga mulai dari sepatu sampai dengan baju dan peralatan olahraga lainnya semuanya sekarang dapat Anda beli  secara online di AKULAKU. AKULAKU bekerjasama dengan Aidia Network untuk memberikan diskon sampai dengan 700.000 rupiah dengan kode promo AIDIA1. Belanja online? Why not?

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password