Gerakan Yoga Untuk Mengatasi Nyeri Leher, Yuk Lakukan Sekarang!

gerakan yoga untuk mengatasi nyeri leher

Planetolahraga.com – Nyeri leher adalah sesuatu hal yang akan sangat mengganggu aktivitas kita. Pasalnya, leher merupakan pusat dari gerakan dan segala aktivitas kita semua. Dan ketika leher mengalami sakit atau nyeri, ini dapat mempengaruhi bagian-bagian lain pada tubuh seperti pundak, lengan, punggung, dan bahkan kepala. Masalah yang terjadi pada leher dapat menimbulkan kram lengan, sakit pada bagian pundak, tidak dapat menoleh ke kanan atau kiri, dan juga sakit kepala. Ini akan menyebabkan aktivitas anda benar-benar terganggu bukan?

Maka dari itu, Anda harus segera mengatasi nyeri leher agar tidak berlanjur dan menjalar kemana-mana. Ada beberapa alternatif untuk menyembuhkan sakit di leher, salah satunya adalah dengan cara mengikuti yoga. Karena yoga dapat menjadi pereda nyeri serta perbaikan fungsional jika melakukannya secara teratur. Untuk lebih yakin lagi, mari kita simak ulasan tentang gerakan yoga untuk mengatasi nyeri leher berikut.

Gerakan Yoga Untuk Mengatasi Nyeri Leher

 

1. Gerakan Warrior II

Gerakan yoga untuk mengatasi nyeri leher yang pertama ialah yang bernama gerakan Warrior II. Gerakan ini dapat memungkinkan anda memperkuat dada serta bahu anda dengan tujuan memberi kekuatan untuk menopang leher. Cara untuk melakukan Gerakan Warrior II adalah sebagai berikut:

  1. Pertama-tama, Anda harus berdiri dengan menarik kaki kiri ke bagian belakang dan jari-jari kaki anda dihadapkan ke kiri tetapi dengan sudut sedikit miring.
  2. Kemudian, tariklah kaki kanan anda ke depan.
  3. Lalu, anda harus mensejajarkan bagian dalam dari kaki kiri dengan kaki kanan anda.
  4. Selanjutnya anda harus mengangkat lengan hingga sejajar dengan lantai serta telapak tangan anda menghadap ke arah bawah.
  5. Selanjutnya, anda harus menekuk lutut bagian kanan anda sembari berhati-hati agar lutut melakukan stretching mengarah ke depan, bukan ke arah pergelangan kaki anda.
  6. Lalu, anda harus menekan ke kedua kaki ketika melakukan stretching melalui tulang belakang
  7. Dan terakhir anda harus tetap dalam gerakan tersebut selama kurang lebih 30 detik. Lakukan hal yang sama pada sisi yang berlawanan.

Baca juga: Tidak Hanya Bisa Dilakukan Wanita, Ini Manfaat Yoga Bagi Pria

 

2. Gerakan Extended Triangle

Gerakan yoga untuk mengatasi nyeri leher yang kedua adalah gerakan extended triagle. Gerakan tersebut dapat membantu meringankan bahkan menghilangkan rasa sakit yang disebabkan oleh ketegangan di leher, punggung bagian atas, serta bahu. Cara untuk melakukan extended triangle adalah sebagai berikut:

  1. Pertama-tama anda harus berdiri dengan kaki yang terbuka lebih lebar daripada pinggul anda.
  2. Lalu, anda harus memutar – mutar jari – jari kaki kanan ke arah depan sedangkan jari-jari kaki kiri ke sudut lainnya.
  3. Anda harus mengangkat lengan dengan mensejajarkannya dengan lantai dan telapak tangan anda dihadapkan ke arah bawah.
  4. Arahkan diri anda ke arah depan dengan menggunakan lengan kanan saat anda bertumpu pada pinggul kanan anda.
  5. Dan anda perlu menurunkan lengan kanan lalu angkatlah lengan kiri ke arah langit-langit.
  6. Kemudian putar pandangan anda ke segala arah dengan gerakan yang lembut, seperti gerakan melihat ke atas dan ke bawah.
  7. Anda harus melakukan semua gerakan dengan jangka waktu kurang lebih 30 detik, kemudian berganti ke sisi lainnya.

Baca juga: Ini Bedanya Senam Yoga dan Pilates yang Anda Harus Tahu

Nah, Anda dapat menerapkan salah satu dari kedua gerakan yoga di atas untuk mengatasi nyeri leher yang anda alami. Ada baiknya mengundang seorang instruktur yoga ke rumah agar mendapatkan gerakan yang benar dan tepat. Karen jika gerakan-gerakan anda tidak tepat dilakukan, ini akan memicu nyeri leher yang berkepanjangan. Semoga berhasil ya!

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password