5 Gerakan Yoga Dasar yang Harus Dikuasai Oleh Pemula

5 Gerakan Yoga Dasar yang Harus Dikuasai Oleh Pemula

PlanetOlahraga.com – Sebagai pemula, sudah seharusnya tahu dan menguasai semua gerakan Yoga dasar, sebelum nantinya lanjut ke gerakan yang lebih sulit lagi. Memulai menjalankan rutinitas Yoga memang tidaklah gampang. Terutama saat menerapkan gerakan-gerakannya yang cukup bervariasi, mulai dari yang gampang hingga yang susah untuk dilakukan. Tapi demikian, melakukan rutinitas yoga akan memiliki dampak positif terhadap kesehatan tubuh. Dan bagi kamu yang masih pemula, sangat direkomendasikan untuk memanggil instruktur yoga agar tidak salah dalam menerapkan gerakan.

Tapi jika memang kamu ingin melakukannya sendiri di rumah, baiknya menguasai gerakan yoga dasar ini terlebih dahulu.

5 Gerakan Yoga Dasar yang Harus Dikuasai Oleh Pemula

1. Tree Pose

Tree Pose - 5 Gerakan Yoga Dasar yang Harus Dikuasai Oleh Pemula - PlanetOlahraga.com

Gerakan dasar yoga yang pertama harus kamu kuasai adalah Tree Pose. Gerakan satu ini untuk melatih keseimbangan tubuh kamu. Cara melakukannya juga cukup mudah, yakni memulainya dengan berdiri tegak dan tangan berada di samping. Angkat secara perlahan kaki kanan dan telapak kaki kanan ditempelkan ke pangkal paha kaki kiri. Pastikan pinggul tetap dalam poisis mengehadap ke depan.

Selanjutnya angkat kedua tangan ke atas layaknya sedang berdoa secara bersamaan, sambil mengambil nafas dalam-dalam. Perlahan tangan di angkat ke atas dengan telapak tangan saling berhadapan namun tidak bersentuhan. Tahan posisi ini selama 30 detik dan turunkan tangan secara perlahan sambil menghembuskan nafas. Lakukan pada sisi yang lainnya.

2. Cobra Pose

Cobra Pose - 5 Gerakan Yoga Dasar yang Harus Dikuasai Oleh Pemula - PlanetOlahraga.com

Selanjutnya adalah Cobra Pose yang juga menjadi gerakan yoga dasar harus kamu kuasai. Caranya sangat mudah, posisikan tubuh dengan berbaring telungkup di atas matras dengan telapak tangan menempel di matras dan posisinya lurus dibawah bahu. Pastikan juga ujung jari kaki menempel di lantai dan kaki dalam posisi diregangkan. Kunci perut dan dasar panggul, kemudian mulailah mengangkat bahu ke atas dengan tumpuan berada diibu jari dan telunjuk. Posisi tangan saat mengangkat bahu harus sejajar dengan lantai, dan tahan posisi tersebut beberapa saat lalu kembali ke posisi semula.

Baca juga : 5 Gerakan Yoga untuk Mengecilkan Perut Paling Ampuh

3. Bridge Pose

Bridge Pose - 5 Gerakan Yoga Dasar yang Harus Dikuasai Oleh Pemula - PlanetOlahraga.com

Gerakan dasar yoga untuk pemula yang selanjutnya adalah Bridge Pose. Untuk melakukannya, mulailah dengan berbaring di lantai dan regangkan dada serta paha. Mulailah dengan menekuk lutut hingga ia sejajar dengan tumit kaki. Untuk posisi tangan harus diletakkan di samping badan dengan telapak tangan dihadapkan ke bawah, menyentuh matras. Sementara untuk bagian pinggul diangkat ke atas sehingga bagian dada mendekat dengan posisi dagu. Tahan posisi ini selama 1 menit kemudian kembali ke posisi semula.

4. Downward Facing Dog

Downward Facing Dog - 5 Gerakan Yoga Dasar yang Harus Dikuasai Oleh Pemula - PlanetOlahraga.com

Untuk gerakan dasar yoga satu ini juga mudah diterapkan oleh pemula. Caranya adalah dengan memposisikan tubuh seperti akan merangkak dengan telapak tangan serta telapak kaku menyentuh sempurna ke lantai atau matras dan menjadi tumpuan utamanya. Posisi telapak tangan sedikit berada di depan bahu. Selanjutnya kamu angkat bagian tulang bokong ke arah atas dan tekanan berada di ujung tumit kaki dengan kaki tetap dalam posisi lurus.

Berikutnya berikan tekanan pada telapak tangan dan mencoba tetap menjadikannya lurus saat bahu ditarik ke bawah. Tahan posisi seperti ini selama 1-3 menit dan beristirahatlah.

Baca juga : 5 Gerakan Yoga untuk Mengecilkan Paha Paling Cepat

5. Warrior Pose

Warrior Pose - 5 Gerakan Yoga Dasar yang Harus Dikuasai Oleh Pemula - PlanetOlahraga.com

Dan yang terakhir adalah Warrior Pose yang juga tak sulit untuk dilakukan, sekalipun kamu masih pemula. Mulailah dengan berdiri dan kaki kanan dipisahkan dengan kaki kiri sejauh 4 langkah. Tekuk bagian lutut kaki kanan dan tahan pada posisi 90 derajat. Tangan yang semula ada di panggul, cobalah untuk merentangkannya ke bagian samping badan dengan telapak tangan dihadapkan ke bawah.  Selanjutnya hadapkan kepala ke arah kanan dan tahan posisi ini selama kurang lebih 1 menit, lalu kembali ke posisi semula.

Itulah tadi beberapa gerakan yoga dasar yang harus dikuasai oleh pemula. Lakukan beberapa gerakan di atas dan dapatkan manfaat positifnya untuk tubuh.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password