Macam-Macam Gerakan Senam Lantai Beserta Cara Melakukannya

Macam-Macam Gerakan Senam Lantai Beserta Cara Melakukannya

PlanetOlahraga.com – Tubuh membutuhkan olahraga sebagai aktivitas gerak yang membakar lemak. Tidak hanya bagus untuk penurunan berat badan tetapi juga bagus untuk daya tahan tubuh kita. Olahraga ringan seperti jogging setiap pagi sudah bisa membantu anda dalam memelihara kesehatan tubuh. Berbeda bagi mereka yang tak sempat melakukan olahraga dengan berbagai alasan padahal aktivitas ini sangatlah dibutuhkan. Jika tak memiliki waktu, cobalah melakukan olahraga mudah di rumah seperti gerakan senam lantai yang efektif membuat tubuh menjadi lebih bugar.

Senam lantai memiliki gerakan yang bermacam-macam. Salah satu kegiatan yang bisa kita lakukan di lantai dengan daerah berukuran sekitar 12 meter atau 40 kaki persegi. Ditutupi dengan jenis kain atau tikar seperti matras dan dilengkapi dengan beberapa bantalan. Jika anda sudah siap dengan peralatan ini, yuk mulai gerakan-gerakan senam lantai!

Gerakan Senam Lantai yang Menyehatkan

1. Guling Depan

Macam-Macam Gerakan Senam Lantai Beserta Cara Melakukannya

Senam lantai memiliki gerakan guling depan atau forward roll yang disebut atau dilakukan ke depan. Langkahnya, berdirilah dengan tegak, kedua tangan anda lurus di samping badan, angkat kedua tangan ke depan dan bungkukkan badan, letakkan di kedua telapak tangan serta di atas matras. Siku menyamping, masukkan kepala berada di antara dua tangan dan sentuhkan bahu ke matras. Anda bisa berguling ke depan, lipat kedua lutut, tarik dagu dan juga lutut anda ke dada menggunakan posisi tangan merangkul lutut.

Baca juga: Manfaat Senam Aerobik Bagi Kesehatan, Yuk Mulailah Sedari Sekarang!

2. Guling Belakang

Macam-Macam Gerakan Senam Lantai Beserta Cara Melakukannya

Gerakan senam lantai berikut ini memanglah kebalikan dari sebelumnya. Sedikit sulit tetapi anda bisa melakukannya dengan perlahan. Ambil posisi jongkok, tekuk kedua siku tangan ke atas di dekat telinga, dagu dan juga lutut. Tarik ke dada serta gulingkan badan ke belakang sampai bahu anda menyentuh matras, lutut dan dagu posisinya tetaplah mendekat di dada, dekat telinga dan telapak tangan. Jatuhkan ujung kaki hingga belakang kepala, dorong lengan ke atas dan jongkok dengan lengan lurus ke arah depan.

3. Gerakan Lenting

Gerakan yang satu ini merupakan gerakan senam lantai yang cukup berbeda. Gerakan yang dilakukan menjadi 3 bagian penting. Mulai dari sikap awal, pelaksanaan hingga sikap akhir. Masing-masing membutuhkan ketelitian dan sikap yang benar agar menghindarkan anda dari cidera. Pastikan bahwa sikap akhir anda ketika layangan sudah selesai, kaki segera mendatar dan badan tetap melenting dengan kedua lengan tetap terangkat lurus kemudian berdirilah dengan tegak.

4. Sikap Kayang

Macam-Macam Gerakan Senam Lantai Beserta Cara Melakukannya

Gerakan senam lantai seperti kayang mungkin sudah terdengar tak asing algi. Metode sederhana yang bisa anda lakukan tetapi harus betul. Caranya adalah dengan sikap berdiri membelakangi matras dengan kedua kaki agak dibuka sedikit. Sementara kedua tangan diayunkan ke belakang, ke atas secara perlahan. Cara ini dilakukan hingga telapak tangan menempel di matras dan berdiri tegak secara perlahan.

Baca juga: Posisi Senam Yoga yang Ampuh Turunkan Kolesterol

5. Sikap Lilin

Macam-Macam Gerakan Senam Lantai Beserta Cara Melakukannya

Dari sekian banyak gerakan senam lantai, gerakan sikap lilin cukup disukai. Sebab anda tinggal tidur terlentang, angkat kedua kaki lurus ke atas atau rapat bersama-sama. Sementara pinggang harus ditopang menggunakan kedua tangan dan pundak tetaplah menempel di lantai. Cara ini terkesan sederhana tetapi harus dilakukan dengan cara yang benar agar tak membuat anggota badan menjadi sakit.

Ikuti beberapa gerakan senam lantai ini agar bisa membuat anda merasa lebih sehat. Termasuk olahraga yang akan melenturkan tubuh kita dari rasa kaku atau pegal-pegal. Jika anda sudah terbiasa, tentu melakukan aktivitas berat tidaklah melelahkan sebab tubuh kita sudah mulai terlatih dengan adanya gerakan dari senam lantai ini.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password