Gerakan Pivot Dalam Basket Berfungsi Untuk Mengecoh Lawan

Gerakan pivot dalam basket berfungsi untuk mempertahankan bola yang ampuh

Planetolahraga.com – Jika teknik pivot dalam baseball adalah memutar bola agar lawan kesulitan untuk memukulnya, sedangkan gerakan pivot dalam basket berfungsi untuk mempertahankan bola dengan gerakan memutar untuk mengelabui lawan.

Secara bahasa, pivot sendiri berarti poros. Seperti halnya teknik pivot ini yang diharuskan menentukan poros terlebih dahulu sebelum benar-benar melakukannya. Dalam olahraga basket, poros ditentukan oleh salah satu kaki pemain. Kemudian badan pemain basket tersebut berputar hingga 360 derajat tanpa mengubah salah posisi kakinya sebagai poros putaran.

Apabila poros kaki sebagai putaran berpindah maka bisa terjadi pelanggaran. Tentu saja ini malah mempersulit tim untuk mendapatkan poin dan posisi bola.

5 Tahap Melakukan Gerakan Pivot Dalam Basket Berfungsi untuk Mengecoh Lawan

5 Cara Gerakan pivot dalam basket berfungsi untuk mempertahankan bola yang ampuh

Gerakan pivot dalam olahraga basket biasanya dilakukan sebelum passing atau shooting. Dengan demikian gerakan pivot dalam basket berfungsi untuk mempertahankan sekaligus mengecoh lawan agar bola yang ada pada genggaman pemain saat itu tidak diketahui arah lemparannya.

Secara garis besar, gerakan pivot dalam olahraga basket ini cukup mudah dilakukan dengan mengikut langkah-langkah sebagai berikut.

1. Melihat Situasi Lawan

Sering kali gerakan pivot dalam olahraga basket dilakukan ketika sudah terkepung oleh beberapa lawan yang hendak menghalau gerakan ke area penjagaannya. Jarak antar-pemain juga harus diperhatikan apakah memungkinkan untuk melakukan putaran atau tidak agar terhindar dari cedera.

2. Memilih Poros yang Tepat

Tetapkan salah satu kaki sebagai titik poros/putaran yang nyaman, pastikan kaki yang dijadikan titik poros tidak bergeser dari titik tersebut supaya tidak terjadi pelanggaran.

3. Gerakan Berputar

Memulai memutar badan dengan teratur, jika kaki kiri sebagai titik poros biasanya badan akan berputar ke arah kiri karena posisi tersebut dirasa nyaman dan seimbang.

4. Lemparkan Bola

Segera lemparkan bola ke arah yang seharusnya, baik melakukan passing ataupun shooting saat lawan terlihat lengah.

5. Gerakan Susulan

Dianjurkan memiliki plan B sebagai gerakan antisipasi apabila bola basket yang dilemparkan tidak tepat sasaran. Misalnya, ketika shooting meleset maka pemain biasanya akan segera bergerak ke arah yang sekiranya berpotensi untuk mendapatkan umpan dari teman satu timnya.

Baca juga: 5 Teknik Shooting Bola Basket dan Latihan Penyempurna Gerakannya

Tips Melatih Gerakan Pivot Bola Basket

5 Cara Gerakan pivot dalam basket berfungsi untuk mengecoh latihan dengan lingkaran kapur

Tidak ada teknik yang benar-benar bagus jika hanya sebagai wacana tanpa mempraktikkannya. Sebagaimana gerakan pivot dalam olahraga basket, meskipun terlihat sepele namun cukup memerlukan latihan keras khususnya menjaga kaki sebagai titik poros agar tidak bergeser.

Salah satu cara latihannya ada dengan menggambar lingkaran disertai satu titik poros di tengah menggunakan kapur (agar mudah dihapus). Langkah selanjutnya, pasti sudah Anda duga. Ya! Selanjutnya adalah meletakan salah satu kaki pada titik poros lingkaran yang sudah digambar tadi, lakukan gerakan memutar badan 360 derajat berulang kali di berbagai titik lapangan dengan beberapa gambar lingkaran pula.

Baca juga: Teknik Dasar Permainan Bola Basket untuk Pemula

Setelah membaca pemaparan di atas, sekarang Anda telah memahami gerakan pivot dalam basket berfungsi untuk apa saja dan bagaimana cara melakukannya dengan benar. Khususnya bagi pemula, dianjurkan melakukan latihan rutin sekurang-kurangnya 21 hari agar tubuh terbiasa dengan gerakan tersebut.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password