5 Gerakan Pendinginan yang Harus Dilakukan Setelah Olahraga Lari

PlanetOlahraga.com – Selain pemanasan yang cukup sebelum olahraga dilakukan, tubuh tentu juga perlu didinginkan setelahnya. Hal ini karena ketika Anda sedang olahraga misalkan berlari tentu gerakan dan ritme olahraga yang dilakukan membuat otot tubuh menghangat.

Supaya otot yang habis diajak olahraga dan menghangat tersebut tidak mengalami robek dan mengalami luka maka dalam kondisi yang hangat tersebut diperlukan pendinginan. Jadi setelah berlari jangan langsung Anda melakukan aktivitas lain atau malah rebahan dan tidur karena akan berbahaya pada kesehatan otot Anda. Lakukan gerakan pendinginan setelah olahraga lari agar olahraga lebih membuat Anda sehat dan terhindar dari berbagai masalah. Lantas gerakan pendinginan seperti apa yang perlu dilakukan setelah olahraga lari?

5 Gerakan Pendinginan Setelah Olahraga Lari

1. Hamstring stretch

Gerakan Pendinginan yang Harus Dilakukan Setelah Olahraga Lari - PlanetOlahraga.com

Gerakan pendinginan yang satu ini merupakan salah satu jenis gerakan pendinginan yang perlu Anda lakukan setelah olahraga lari. Gerakan ini bisa Anda lakukan sambil duduk atau berdiri. Untuk melakukannya sambil berdiri baiknya Anda posisikan agar badan condong ke arah depan kemudian genggam jari kaki Anda yang terulur dengan merasakan otot hamstring Anda meregang. Kemudian tahan tubuh pada posisi ini kurang lebih selama 10 detik dan kembalilah ke posisi awal. Selanjutnya tukar posisi kaki Anda dan ulangi langkah ini kembali.

2. Quad stretch

Quad stretch - Gerakan Pendinginan yang Harus Dilakukan Setelah Olahraga Lari - Ohayo.co.id

Berdirilah dengan satu kaki dan angka lagi satu kaki Anda yang lain dengan Anda tekuk ke atas tubuh. Kemudian genggam telapak kaki Anda yang naik dan tahan gerakan ini sampai delapan hitungan kemudian tukar kembali posisi. Ulangi lagi sebanyak tiga sampai dengan lima kali gerakan.

Baca juga : Gerakan Pemanasan Sebelum Olahraga untuk Menghindari Cedera

3. T Band Stretch

Gerakan Pendinginan yang Harus Dilakukan Setelah Olahraga Lari - PlanetOlahraga.com

Gerakan T Band Stretch merupakan sebuah gerakan pendinginan yang dilakukan untuk kedua kaki. Anda bisa lekukkan tubuh dari area pinggang sampai mencapai di bagian tumit saah satu kaki yang letaknya di area belakang. Kemudian tahan posisi ini kurang lebih selama 10 sampai dengan 15 detik dan tukar posisinya. Ulangi gerakan ini kurang lebih sebanyak 3 sampai dengan 5 gerakan di masing – masing kaki Anda.

4. Butterfly stretch

Butterfly stretch - Gerakan Pendinginan yang Harus Dilakukan Setelah Olahraga Lari - Ohayo.co.id

Dalam melakukan gerakan yang satu ini Anda bisa ambil posisi duduk dengan cara Anda tekuk kedua kaki sampai dengan telapak kaki Anda saling berhadapan. Kemudian tahan kaki Anda dan tekan ke area lantai. Selanjutnya pastikan agar posisi tubuh Anda tetap dalam kondisi tegak ketika melakukannya. Anda juga bisa lakukan dengan cara bersandar pada area dinding yang solid.

Baca juga : 4 Jenis Pendinginan yang Perlu Dilakukan Usai Berolahraga

5. Calf stretch

Gerakan Pendinginan yang Harus Dilakukan Setelah Olahraga Lari - PlanetOlahraga.com

Dalam melakukan gerakan pendinginan ini yang Anda perlukan adalah memposisikan tubuh Anda berdiri dengan satu kaki di bagian depan kemudian satu lagi berada di bagian belakang. Selanjutnya gunakan dinding yang solid di depan Anda sebagai tumpuan tangan. Tekuk kemudian kaki depan Anda dan tahan agar kaki belakang tetap dalam kondisi lurus sampai Anda benar – benar merasakan adanya suatu tarikan di bagian paha dan betisnya. Selain itu tahan 10 sampai dengan 15 detik seraya Anda lakukan gerakan sebanyak 3 sampai dengan 4 kali pada masing – masing kaki Anda.

Itulah beberapa gerakan pendinginan yang harus dilakukan setelah olahraga. Olahraga apapun khususnya lari sangat dianjurkan melakukannya. Bagi Anda yang tertarik membeli berbagai barang dan produk kebutuhan olahraga secara online dengan fasilitas kredit, AKULAKU merupakan aplikasi kredit online terbaik dengan memberikan layanan dan fasilitas kredit yang tak ada duanya.

Belanja di AKULAKU tanpa kartu kredit tentunya bisa Anda dapatkan. Hanya di AKULAKU, bunga cicilan 0% dan Anda bisa kredit secara mudah, simple dan aman. Anda bisa beli berbagai macam barang kebutuhan dengan fasilitas kredit yang sudah diberikan.

Sebagai aplikasi kredit terbaik, AKULAKU juga sudah bekerjasama dengan berbagai pihak untuk pengadaan barang. AKULAKU juga bekerjasama dengan Aidia Network untuk memberikan voucher belanja dengan diskon up to 700.000. Manfaatkan kode voucher AIDIA1 dan dapatkan diskon belanja sebesar mungkin! Yuk tunggu apalagi?

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password