Lebih Fokus dan Prima! Lakukan 5 Gerakan Pemanasan Sederhana Ini Sebelum Mengendarai Mobil

PlanetOlahraga.com – Berkendara termasuk ke dalam aktivitas fisik yang mengeluarkan tenaga dan oleh karenanya akan membuat tubuh merasa lelah bahkan stress. Apalagi ketika berkendara jarak jauh, tentu tenaga yang akan dikeluarkan menjadi semakin banyak dan risiko stress semakin tinggi. Untuk mengantisipasinya, perlu dilakukan persiapan fisik sebelum berkendara, seperti melakukan beberapa gerakan pemanasan sederhana sebelum mengendarai mobil berikut ini.

Gerakan Pemanasan Sederhana Sebelum Mengendarai Mobil

Melakukan pemanasan sebelum berkendara bertujuan untuk melancarkan peredaran darah di dalam tubuh. Pemanasan tubuh bisa dianalogikan pemanasan pada mesin kendaraan sebelum dioperasikan. Pemanasan akan mengurangi kemungkinan stress dan membuat tubuh tidak mudah merasa capek. Dengan begitu, kondisi tubuh akan tetap prima selama di perjalanan sehingga mengurangi potensi kecelakaan dari dalam diri sendiri.

Lalu gerakan pemanasan apa saja yang sekiranya perlu dilakukan sebelum berkendara? Berikut akan kita bahas satu per satu.

Gerakan Pemanasan Sederhana Sebelum Mengendarai Mobil - PlanetOlahraga.com

Gerak Jongkok Berdiri

Posisikan berjongkok dengan kedua kaki melebar lalu berdiri dengan posisi kaki masih tetap melebar. Lakukan ini berulang kali.

Memutar Pergelangan Kaki

Putar pergelangan kaki secara bergantian ke kanan dan ke kiri. Misalnya, 8 hitungan putar ke kanan dilanjutkan dengan 8 hitungan putar ke kiri. Lakukan gerakan ini pada kedua kaki secara bergantian.

Mendorong Tangan Ke Arah Atas

Dorong satu tangan ke arah atas melalui samping kepala lalu tarik kembali siku menyentuh pinggang sementara tangan yang lain memegangi pinggang di sisi yang lain. Lakukan ini 2×8 hitungan untuk masing-masing tangan secara bergantian.

Melemaskan Otot Leher

Berdiri tegap dengan kaki sedikit dilebarkan lalu buat gerakan memutar pada kepala ke kanan dan ke kiri masing-masing 8 hitungan. Gerakan ini bisa ditambah dengan gerakan patah leher ke kanan dan ke kiri serta gerakan kepala ke atas dank e bawah.

Melemaskan Pergelangan Tangan

Pergelangan tangan dilemaskan lalu diputar ke arah keluar dan ke dalam menggunakan tangan yang lain. Lakukan ini 2×8 hitungan dan pada kedua tangan.

Gerakan Pemanasan Sederhana Sebelum Mengendarai Mobil - PlanetOlahraga.com

Sederhana bukan? Biarpun sederhana, gerakan pemanasan ini akan sangat bermanfaat bagi pengendara dalam hal menjaga fokus, menghindari stress dan menjaga kondisi tetap prima selama perjalanan. Adapun untuk meningkatkan keamanan dan kenyamanan berkendara serta mendapatkan pengalaman menyenangkan dalam perjalanan, Toyota All New Fortuner bisa menjadi kendaraan pilihan. Fitur kenyamanan ekstra dan desain interior-eksterior yang menawan akan membuat pengalaman perjalanan semakin berkesan.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password