Gerakan Pemanasan Sebelum Renang Ini Penting Dilakukan

gerakan pemanasan sebelum renang

Planetolahraga.com – Renang merupakan salah satu kegiatan olahraga yang sangat baik untuk membentuk otot tubuh. Bahkan renang merupakan salah satu jenis olahraga yang sangat ampuh dalam membakar kalori didalam tubuh karena renang merupakan olahraga yang dapat dilakukan dengan menggerakkan seluruh anggota tubuh mulai dari tangan dan di area kaki sehingga semua bagian tubuh akan terbentuk sempurna dengan olahraga yang satu ini.

Bagi Anda yang melakukan olahraga renang, sebelum renang baiknya Anda terapkan berbagai gerakan pemanasan. Ada beberapa gerakan pemanasan sebelum renang yang sangat penting untuk Anda lakukan dan disini kami akan berikan informasinya untuk Anda!

Gerakan Pemanasan Sebelum Renang

 

1. Gerakan forward lunge

Gerakan Pemanasan Sebelum Renang Ini Penting Dilakukan

Sebagaimana yang biasa dilakukan di area gym gerakan ini diperlukan sebelum renang karena forward lunge dapat memberikan peregangan di bagian otot paha, kaki dan betis. Dengan demikian sehingga nantinya fungsi otot ini akan sedikit melemas dan memanas sebelum Anda mengayuh didalam air.

Untuk memulai gerakan forward lunge Anda bisa berdiri secara tegak dan kedua tangan Anda letakkan tepat di bagian pinggang sisi kanan dan juga di sisi kiri. Kemudian majukanlah satu kaki ke arah depan sementara kaki satunya menekuk ke arah bawah dan lakukan sebanyak 10 kali repetisi pada satu kaki dan beralihlah pada sisi kaki yang berikutnya.

 

2. Gerakan standing T

Gerakan standing T ini bertujuan untuk melenturkan sistem rotator yang berpusat di area persendian bahu sehingga Anda akan secara leluasa ketika sedang mendayung dengan tangan. Anda dapat berdiri dengan posisi kedua kaki agak sedikit membuka dan lurus kemudian diikuti dengan membungkukkan badan.

Berikutnya luruskan kedua tangan ke bawah akan tetapi telapak tangan upayakan mengepal menghadap ke depan. Ini merupakan posisi awal Anda untuk memulai suatu gerakan. Kemudian ayunkan kedua tangan Anda ke arah atas dan sejajar dengan tinggi bahu setelah itu tahan 1 – 2 detik dan kembalilah ke posisi awal. Anda bisa lakukan sebanyak 10 kali repetisi.

 

3. Gerakan 90 / 90 stretch

Gerakan Pemanasan Sebelum Renang Ini Penting Dilakukan

Stretching ini merupakan sebuah jenis gerakan pemanasan sebelum renang yang dilakukan dengan cara meningkatkan stabilitas dari rotasi Anda. Sebagai posisi awalnya Anda harus berbaring diatas matras yang Anda telah sediakan dengan kedua kaki menekuk sebanyak 90 derajad dan mengarah ke samping dan sejajar dengan matrasnya.

Kemudian setelah kaki menekuk, Anda bisa luruskan badan dan kedua tangan Anda searah dengan kaki yang Anda sudah tekuk tadi. Setelah itu Anda bisa bentangkan kedua tangan dengan diikuti posisi kepala mengarah ke belakang setelah itu tahan 1 sampai 2 detik dan rasakan kontraksi pada area bahu dan pinggang Anda. Lakukan pengulangan sebanyak 6 sampai dengan 8 kali repetisi pada masing-masing sisi baik di sisi kanan atau di sisi sebelah kiri.

 

4. Gerakan lateral extension

Gerakan Pemanasan Sebelum Renang Ini Penting Dilakukan

Gerakan lateral extension ini tetap dilakukan berdiri sesuai dengan posisi stretching seperti yang lain – lainnya. Jadi jika sebelumnya Anda berusaha menggerakkan tubuh ke arah belakang maka kali ini Anda cukup gerakkan ke samping. Anda juga bisa lakukan pada masing-masing sisinya dengan 10 kali repetisi dengan akurat dan jangan sampai asal – asalan.

Bagi Anda yang mempersiapkan berbagai alat dan perlengkapan olahraga atau Anda yang ingin membeli alat dan perlengkapan olahraga, Anda bisa temukan di AKULAKU. AKULAKU bekerjasama dengan Aidia Network untuk memberikan diskon up to 700.000 dengan kode promo AIDIA1. Yuk nikmati serunya belanja hanya di AKULAKU. Belanja online berdiskon? Why not!

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password