Gerakan Dasar Senam Aerobik Untuk Membantu Menurunkan Berat Badan

gerakan dasar senam aerobik untuk menurunkan berat badan

Planetolahraga.com – Bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan secara cepat ada banyak cara yang Anda dapat terapkan. Salah satu caranya yang penting Anda terapkan agar dapat segera menurunkan berat badan secara cepat adalah dengan melakukan senam aerobik. Dengan penerapan senam aerobik tentunya berat badan Anda bisa turun sesuai yang Anda inginkan.

Gerakan dasar senam aerobik sendiri ada banyak sekali macamnya. Berikut bagaimana gerakan dasar senam aerobik yang tepat untuk dilakukan dalam membantu menurunkan berat badan Anda. Informasi selengkapnya dapat Anda simak dan cek berikut ini!

Gerakan Dasar Senam Aerobik Untuk Menurunkan Berat Badan

 

1. Melakukan pemanasan

Gerakan Dasar Senam Aerobik Untuk Membantu Menurunkan Berat Badan

Pemanasan wajib dilakukan dalam menghindari resiko cedera ketika melakukan gerakan senam aerobik ini. Pemanasan juga dilakukan bertujuan untuk membantu meningkatkan suhu tubuh, kemudian menaikkan denyut jantung serta membantu dalam mempersiapkan otot-otot dan juga area persendian.

Baca juga: Olahraga Pagi Hari untuk Mencapai Badan Ideal

eberapa gerakan pemanasan yang Anda bisa lakukan seperti jalan di tempat, melangkah dari sisi ke sisi dengan menggerakkan lengan pada tingkat pinggang atau yang jauh lebih tinggi. Anda juga perlu lakukan kurang lebih selama 5 sampai dengan 10 menit sampai tubuh Anda siap melakukan latihan inti dengan intensitas yang jauh lebih tinggi.

 

2. Lakukan latihan inti

Gerakan Dasar Senam Aerobik Untuk Membantu Menurunkan Berat Badan

Setelah tubuh Anda siap maka Anda dapat melakukan latihan inti dengan intensitas yang jauh lebih tinggi. Anda juga dapat melakukannya kurang lebih selama 25 sampai dengan 55 menit. Jika Anda tertarik melakukan latihan inti ini beberapa jenisnya yang Anda harus coba sebagai berikut :

  • Melakukan marching: Gerakan ini merupakan gerakan jalan di tempat yang dilakukan dengan cara mengangkat kaki kira – kira setinggi betis, kemudian lutut ditekuk sampai dengan 90 derajad.
  • Olahraga jogging: Olahraga menggerakkan atau menekuk kaki ke arah belakang ini dilakukan dengan lutut mengarah ke lantai atau tegak lurus ke bawah dengan menggunakan persendian engkel dan juga lutut.
  • Olahraga kicking: Gerakan kicking dilakukan dengan cara mengayunkan tungkai ke depan atau ke samping dalam kondisi lurus setinggi pinggang atau juga bisa lebih.
  • Olahraga single step: Gerakan dasar senam aerobik yang satu ini dilakukan dengan gerakan kaki melangkah satu langkah ke bagian kanan atau kiri dengan gerakan terakhir dengan cara menyentuh bola, kemudian tumpu Anda agak ditekuk dan kedua lututnya merapat  seraya menghadap ke arah depan.
  • Olahraga bouble step: Gerakan olahraga ini dilakukan dengan melangkah dua langkah ke kanan atau ke kiri dengan gerakan terakhir dikonsep merapatkan kaki dengan menyentuhkan bola kaki yang mana posisi lututnya menghadap ke depan dengan lutut kaki ditumpuh dan agak ditekuk.

Baca juga: Memperbaiki Postur Tubuh Dengan Senam Pilates, Efektifkah?

 

3. Gerakan pendinginan

Setelah gerakan dasar senam aerobik diatas yang juga dilakukan adalah pendinginan. Langkah pendinginan ini dilakukan untuk dapat mengembalikan frekuensi denyut jantung agar dapat mendekati normal secara bertahap. Gerakan pendinginan dari aerobik sebenarnya kurang lebih hampir sama dengan gerakan yang dilakukan di waktu pemanasan. Juga Anda perlu melakukan peregangan agar otot kembali pada kondisi normal yang Anda lakukan dalam tempo kurang lebih 5 – 10 menit.

Itulah berbagai gerakan dasar senam aerobik yang dapat membantu menurunkan berat badan Anda secara maksimal. Anda yang sedang mencari aneka item olahraga mulai dari sepatu sampai dengan baju dan peralatan olahraga lainnya semuanya sekarang dapat Anda beli  secara online di AKULAKU. AKULAKU bekerjasama dengan Aidia Network untuk memberikan diskon sampai dengan 700.000 rupiah dengan kode promo AIDIA1. Yuk belanja online pakai diskon! Jangan sampai kelewatan ya.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password