Gareth Southgate : Formasi Chelsea Efektif Untuk Timnas Inggris

Gareth Southgate - Formasi Chelsea Efektif Untuk Timnas Inggris

Planetolahraga.com – Gareth Southgate puas dengan penampilan Inggris yang bermain efektif menggunakan formasi Chelsea meski kalah dari Jerman.

Southgate hanya menyesalkan penyelesaian akhir timnya yang kurang sempurna. Di babak pertama, Inggris sempat mendominasi permainan dan menciptakan peluang bagus.

Namun, penyelesaian akhir yang kurang optimal membuat Inggris gagal mencetak gol.

Di sepanjang laga melawan Jerman, hanya ada 2 dari 11 tembakan Inggris yang mengarah ke gawang Jerman.

Penerapan Formasi Chelsea Tiga Bek Dalam Skema 3-4-3

Pada laga kontra ‘Der Panser’ Jerman, timnas Inggris menurunkan formasi tiga bek. Cahill, Smalling, dan Keane, menjadi penggawa lini pertahanan tim ‘Three Lions’.

Mantan penggawa lini belakang Inggris, Martin Keown, mengatakan bahwa tim besutan Gareth Southgate itu mirip dengan Chelsea, tanpa diperkuat Costa dan Hazard.

“Timnas Inggris bermain dengan tiga pemain belakang mengenakan seragam biru, sekilas seperti melihat Chelsea tanpa Hazard dan Costa,” ujar Martin Keown.

Para pemain yang diturunkan Southgate sudah mengerti peran dan tanggung jawabnya masing-masing sehingga tim ini tampil solid.

Baca Juga : Formasi Bertahan Terbaik Ala Antonio Conte

Para pemain Inggris mendapatkan latihan intensif dengan baik oleh Steve Holland yang merupakan asisten Gareth Southgate, dan juga merupakan pelatih teknik di Stamford Bridge.

“Tidak ada salahnya meniru hal yang berfungsi dengan baik di level klub dan Cahill, Walker dan Dele Alli, semuanya sudah terbiasa bermain pada peran dan tanggung jawab yang diberikan oleh Southgate pada mereka saat melawan Jerman,” tambah Keown.

Gareth Southgate memuji penampilan Inggris yang kian solid. Dia juga memberikan indikasi akan terus menggunakan formasi Chelsea (3-4-3) di laga-laga mendatang.

Koordinasi pemain belakang timnas Inggris saat gunakan formasi chelsea 3-4-3
Koordinasi pemain belakang timnas Inggris saat gunakan formasi chelsea 3-4-3 saat melawan Jerman

“Saya sangat senang dengan apa yang sudah kami pelajari, sikap dari penampilan. Kekurangan kami hanyalah penyelesaian akhir. Kami harusnya mampu meraih kemenangan” ujar Southgate.

Southgate sangat senang dengan penampilan tim Inggris yang solid dan banyak penampilan istimewa dari tiap individu.

“Hal paling menyenangkan bagi kami adalah taktik baru ini mampu dijalankan dengan baik dan cocok dengan mereka.”

Formasi ini cocok bagi Southgate untuk diterapkan dengan lawan yang mereka hadapi selanjutnya.

“Sangat penting dalam pertandingan seperti ini, untuk mempelajari  dan mencoba sesuatu (formasi) yang baru dan saya ingin para pemain dapat menerapkannya dengan baik di laga-laga selanjutnya ,” tambah Southgate.

Baca Juga : Trofi Liga Inggris Sebentar Lagi di Tangan Chelsea

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password