Fakta Unik dan Asyik Perhelatan Olahraga Akbar Asian Games 2018

Fakta Unik dan Asyik Perhelatan Olahraga Akbar Asian Games 2018 - PlanetOlahraga.com

PlanetOlahraga.com – Asian Games 2018 sudah resmi berakhir dan tergelar secara sempurna di Indonesia. Ya, pada tahun 2018 ini Indonesia menjadi tuan rumah perhelatan olahraga akbar di Asia tersebut. Pada perhelatan yang digelar, Asian Games selayaknya menjadikan pencerahan bagi Indonesia karena di tahun ini Indonesia mempersiapkan segala sesuatunya dengan sesempurna mungkin sebagai tuan rumah yang baik.

Tidak hanya membangun dan membenahi fasilitas olahraga, transportasi sampai dengan penginapan, namun persiapan atlet terbaik juga dilakukan seoptimal mungkin. Terbukti Indonesia meraih banyak medali emas dari berbagai cabang olahraga. Namun dibalik perhelatan olahraga akbar tersebut, Asian Games 2018 nampaknya menyisakan fakta unik dan asyik yang perlu disimak walau pagelarannya sudah usai. Berikut fakta unik dan asyik dari Asian Games 2018 yang Anda harus tahu sob!

Fakta Unik dan Asyik Asian Games 2018

Direncanakan di Surabaya, tetapi pindah ke Jakarta dan Palembang

Fakta Unik dan Asyik Perhelatan Olahraga Akbar Asian Games 2018 - PlanetOlahraga.com

Pada awalnya Indonesia mengajukan kota Surabaya yang akan menjadi tempat terselenggaranya Asian Games 2018. Akan tetapi pada akhirnya Surabaya memutuskan untuk mengundurkan diri karena Surabaya di tahun 2021 sudah terpilih untuk menjadi tuan rumah Asian Youth Games 2021. Sehingga untuk tahun 2018 ini Surabaya masih berusaha menyiapkan diri untuk penyelenggaraan di tahun 2021 mendatang.

Pada akhirnya karena Surabaya mengundurkan diri menjadi tuan rumah Asian Games 2018, Jakarta menjadi kota pengganti karena disana fasilitas olahraga sudah lengkap dan jaringan transportasinya juga sangat memadai. Ditambah fasilitas penunjang lain seperti penginapan dan hotel yang sudah sangat sempurna.

Baca juga : Cabang Olahraga Unik di Asian Games 2018

Asian Games 2018 pertama kalinya diadakan di dua kota sekaligus

Pertama kalinya dalam sejarah, Asian Games diadakan pada dua kota yang berbeda sekaligus. Tentu ini menjadi catatan yang unik dari Asian Games 2018 yang sudah terselenggara dengan sangat lancar. Jakarta akhirnya kembali menjadi tuan rumah setelah terakhir kali di tahun 1962 Jakarta menjadi tuan rumah Asian Games. Sementara di Asian Games ini, Palembang menjadi kota kedua yang mendukung Jakarta dalam terselenggaranya Asian Games 2018.

3 Maskot Asian Games 2018

3 Maskot Asian Games 2018 - Fakta Unik dan Asyik Perhelatan Olahraga Akbar Asian Games 2018 - PlanetOlahraga.com

Dengan nilai keberagaman dan kesatuan di bawah filosofi Bhinneka Tunggal Ika, Asian Games 2018 memperkenalkan 3 maskot dengan energi berbeda, merepresentasikan energi yang terdapat pada Asian Games. Pertama ada Bhin Bhin, merupakan seekor burung Cendrawasih (Paradisaea Apoda) yang merepresentasikan strategi. Bhin Bhin mengenakan rompi dengan motif Asmat dari Papua. Kedua ada Atung, yaitu seekor rusa Bawean (Hyelaphus Kuhlii) yang merepresentasikan kecepatan. Atung mengenakan sarung dengan motif tumpal dari Jakarta. Dan yang ketiga ada Kaka, seekor badak bercula satu (Rhinoceros Sondaicus) yang merepresentasikan kekuatan. Kaka mengenakan pakaian tradisional dengan motif bunga khas Palembang.

Baca juga : Fakta Menarik Atlet Indonesia untuk Asian Games 2018

Pawai obor dilakukan di beberapa kota

Kirab obor ini dimulai dari Stadion Nasional Dhyan Chand, New Delhi, India pada Minggu (15/7/2018). Api obor dipadukan dengan api abadi asal Mrapen, Jawa Tengah. Kirab obor ini berjalan melalui 50 kota di 18 provinsi Indonesia sebelum akhirnya finis di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta seiring upacara resmi pembukaan Asian Games Ke-18, 18 Agustus 2018.

Diikuti oleh 11.000 lebih atlet dan 40 cabang olahraga

Fakta Unik dan Asyik Perhelatan Olahraga Akbar Asian Games 2018 - PlanetOlahraga.com

Event olahraga kali ini tidak tanggung-tanggung, Pesta olahraga Asia ini diikuti oleh 45 negara dengan jumlah 11.478 atlet yang berkompetisi di 40 cabang olahraga.

Dalam rangka memperingati hari televisi nasional, Anda yang sedang mencari produk televisi sekarang Anda bisa beli berbagai produk televisi dari berbagai merk mulai dari Sharp, LG, Sony dan yang lainnya di AKULAKU. Dapatkan layanan kredit tanpa kartu kredit dengan membeli produk televisi terbaik di AKULAKU.

Untuk pembelian di AKULAKU, Anda juga bisa dapatkan diskon up to 700 ribu rupiah. So, happy shopping dear! Dapatkan kenyamanan berbelanja sepuas mungkin hanya dengan AKULAKU belanja!

Dapatkan promo menarik dari AkuLaku Indonesia.

Caranya mudah, isi form dibawah ini dengan lengkap!

*
*
*

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password