Sebelum Trofi Piala Dunia yang Sekarang, Beginilah Bentuk Trofi Piala Dunia yang Dulu

Trofi Piala Dunia

Planetolahraga.com – Piala Dunia Rusia 2018 menghadirkan banyak kejutan sekaligus drama yang menguras hati banyak pecinta bola. Mulai dari tersingkirnya semua negara benua Amerika hingga drama Korea yang mematahkan hati banyak penggemar Jerman. Semuanya terjadi demi memperebutkan trofi emas 18 karat yang berbentuk dua orang manusia yang memegang bola dunia.

Tahukah kamu bahwa trofi piala dunia yang dulu berbeda dengan trofi piala dunia yang sekarang? Kira-kira seperti apa ya bentuknya? Yuk scroll ke bawah.

Fakta Seputar Trofi Piala Dunia Zaman Dulu

 

1. Dikenal dengan Nama Jules Rimet

replica-of-the-jules-rimet-trophy-circa-1970.jpg

Sumber: Football Collectors Item

Piala Dunia yang pertama digelar pada tahun 1930 di Uruguay. Saat itu, sang tuan rumah sendiri, Uruguay berhasil memboyong trofi Piala Dunia yang dinamai Victory. Piala Victory ini dibuat sterling silver berlapis emas, bentuknya adalah seorang dewi kemenangan Yunani, dewi Nike. Kemudian, untuk menghormati Jules Rimet, presiden FIFA pada saat itu sekaligus penggagas Piala Dunia, trofi itu diganti namanya menjadi Jules Rimet.

Piala Jules Rimet ini masih diperebutkan di Piala Dunia hingga tahun 1970, dengan Brazil sebagai pemegang trofi terakhir.

 

2. Pernah Dicuri

qp41nfg2andx1nhws4uq.jpg

Sumber: FIFA

Kira-kira empat bulan sebelum Piala Dunia tahun 1966 di Inggris, tepatnya pada tanggal 20 Maret 1966, piala Jules Rimet dicuri pada saat pameran. Tak lama kemudian, Joe Mears, ketua Football Association mendapatkan paket berisi alas trofi dan permintaan uang tebusan 15 ribu poundsterling.

Baca juga: Kutukan dalam Piala Dunia yang Anehnya Betul-Betul Terjadi

Setelah melapor pada polisi yang kemudian menyusun jebakan untuk menangkap si pencuri, seorang pria bernama  Jackson berhasil ditangkap, tetapi ia tidak tahu di mana keberadaan Jules Rimet tersebut. Untungnya satu minggu kemudian, seekor anjing berhasil menemukannya terbungkus kertas koran.

 

3. Inggris Merayakan Kemenangan dengan Trofi Palsu

landscape-1456937661-showbiz-bobby-moore-1966-world-cup.jpg

Image: Digital Spy

Akhirnya Football Association membuat replika Jules Rimet untuk dipamerkan di acara-acara tertentu secara diam-diam hingga tahun 1970. Kabarnya, ketika Jules Rimet hilang pada tahun 1966, Football Association yang khawatir pialanya tidak ketemu menggunakan piala replika ini untuk merayakan kemenangan Inggris pada saat itu.

Tetapi, Piala yang asli kemudian kembali dipamerkan kepada publik pada tahun 1970 ketika Piala Dunia digelar di Brazil.

Tahun itu juga, Brazil kembali memenangkan Piala Dunia untuk yang ketiga kalinya. Menurut ketentuan yang dibuat pada tahun 1930, negara yang berhasil memenangkan Piala Dunia hingga tiga kali, berhak untuk memiliki trofinya secara permanen.

 

4. Lagi-Lagi Dicuri

ryb9j3W0Xx_930x525.jpg(Image by Clarin)

Sayangnya, kebahagiaan Brazil karena berhasil memiliki Jules Rimet secara permanen harus kandas karena tiga belas tahun kemudian, trofi itu kembali hilang.

Baca juga: Fakta Menarik Selama Fase Grup di Ajang Bergengsi Piala Dunia 2018

Empat orang ditetapkan sebagai tersangka pencurian trofi tersebut. Tetapi kali ini, piala Jules Rimet tidak pernah ditemukan lagi. Kabarnya piala itu telah dilebur dan dijual. Bagaimana cerita yang sebenarnya, hingga kini masih menjadi misteri.

Sebelum trofi Piala Dunia sekarang, trofi Jules Rimet pernah menjadi trofi yang paling didambakan di seluruh dunia. Menurut kamu, apa ya yang sebenarnya terjadi pada trofi pertama Piala Dunia ini?

Jangan lewatkan keseruan menonton Piala Dunia 2018 dengan gadget atau televisi dengan kualitas gambar yang tajam. Tidak puas dengan televisi yang kamu punya sekarang? Dilem biru saja dengan membeli yang baru secara kredit di AKULAKU. DP ringan, cicilan ramah di kantong.

Tunggu apa lagi? Yuk kunjungi AKULAKU sekarang juga.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password