Fakta Menarik Kroasia di Piala Dunia 2018

fakta menarik Kroasia di Piala Dunia 2018

Planetolahraga.com – Tim nasional Kroasia di Piala Dunia 2018 menarik perhatian banyak penggemar sepakbola. Tentu saja karena timnas negara ini seringkali memberi kejutan dalam perhelatan akbar empat tahun sekali itu. Sebagai negara yang baru resmi berdiri tahun 1991, tim sepakbolanya pun belum lama ikut serta di ajang Piala Dunia. Sampai dengan Piala Dunia 2018 ini, timnas Kroasia baru enam kali bergabung dalam pertandingan.

Nah, untuk kamu yang baru menyadari timnas Kroasia ini bukan timnas biasa, coba simak fakta-fakta menarik tentang Kroasia di bawah ini. Siapa tahu setelah membaca, di Piala Dunia berikutnya kamu tidak lagi menjagokan tim unggulan seperti Jerman, Brazil, atau Argentina, dan malah berpindah ke timnas dengan jersey kotak-kotak putih merah ini.

Apa saja fakta menarik Kroasia di Piala Dunia 2018?

 

Dianggap Tim Kuda Hitam

kroasia-kuda-hitam.jpe

Sumber gambar: sportske.jutarnji .hr

Timnas Kroasia berada di grup D dalam babak grup Piala Dunia 2018. Tidak tanggung-tanggung, salah satu lawan grup-nya adalah timnas Argentina, yang banyak dijagokan menjadi juara. Maka tentu saja, Kroasia dianggap sebagai tim kuda hitam sejak awal alias bukan tim yang dijagokan menjadi juara. Walaupun begitu, dalam babak grup ini ternyata kejutan luar biasa berhasil mereka persembahkan. Salah satunya dengan berhasil mengalahkan tim unggulan Argentina, 3-0. Di pertandingan babak prempat final, Kroasia bahkan berhasil mengalahkan tim tuan rumah. Kalau begitu, Kroasia tidak pantas lagi dianggap kuda hitam, bukan?

Baca juga: Kutukan dalam Piala Dunia yang Anehnya Betul-Betul Terjadi

Meraih Juara 2

kroasia-juara-2.jpg

sumber gambar: static.dnaindia .com

Kejutan terbesar dari Kroasia dalam Piala Dunia 2018 ini adalah ketika mereka pada akhirnya berhasil mencapai partai puncak. Laga final mempertemukan Kroasia dengan Prancis. Dalam pertandingan itu, Kroasia kalah 4-2 dari Prancis. Hal ini tetap saja merupakan suatu pencapaian besar dan mengalahkan rekornya sendiri. Tercatat di Piala Dunia tahun 1998, timnas Kroasia menorehkan prestasi besarnya sebagai juara ke-3. Kemudian dalam Piala Dunia selanjutnya, tidak pernah lagi mendapat gelar sampai akhirnya di Piala Dunia tahun ini. Mungkin saja Kroasia banyak belajar selama jangka waktu 20 tahun itu, ya?

Luca Modrić menjadi Pemain Terbaik

kroasia-modric.jpg

sumber gambar: static.dnaindi .com

Pemenang Piala Dunia 2018 bisa kita ketahui dari hasil pertandingan secara langsung. Selain kategori timnas pemenang, ada juga kategori lain, salah satunya kategori pemain terbaik. Dan, betapa beruntungnya timnas Kroasia mempunyai kapten seorang Luca Modrić, karena ia dinobatkan sebagai pemain terbaik Piala Dunia 2018. Untuk itu, ia berhak mendapatkan perhargaan berupa ‘Bola Emas’ alias Golden Ball. Dikutip dari situs berita DW, Modrić layak menyandang gelar ini karena ia memenuhi kriteria-kriteria tertentu. Ia dapat membuat perbedaan dalam tim, dapat membaca permainan, mengubah permainan, dan menjadi pemimpin dalam tim. Jika kamu adalah fans Real Madrid, pasti kamu tahu bahwa Modrić  juga merupakan pemain gelandang dengan performa luar biasa dari tim sepakbola di liga Spanyol itu.

Baca juga: Tampil Melempem, Inggris Takluk di Tangan Belgia dengan Skor 2-0

Selalu Didukung Sang Presiden

kroasia-presiden.jpg

sumber gambar: storage.bljesak .info

Bukan cuma tim ataupun prestasi dari timnas Kroasia, sosok presiden negara itu juga menjadi sorotan di ajang Piala Dunia 2018. Kolinda Grabar-Kitarović adalah presiden perempuan pertama Kroasia. Ia disebutkan selalu hadir menyaksikan setiap laga pertandingan Kroasia langsung di Rusia. Tak heran pula jika ia menjadi sorotan, karena ia mendukung timnas negaranya dengan menunjukkan sikap yang hangat dan juga “merakyat”. Tentu kamu masih ingat, bukan, yang paling ikonik dari Sang Presiden? Ketika pertandingan usai, ia memberi semangat kepada para pemain di podium. Saat itu hujan turun, namun ia rela basah kuyup diguyur hujan sambil tetap memeluk para pemain satu persatu.

Itulah dia fakta-fakta menarik tentang Kroasia di Piala Dunia 2018. Ternyata benar, ya, bahwa perjuangan sungguh-sungguh bisa membawa pada hasil yang memuaskan. Walaupun di tahun ini Kroasia “hanya” bisa menembus posisi runner up, tetapi rasanya itu semua sudah cukup membayar jerih payah mereka. Apakah kamu setuju?

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password